Jangan Dibuang Begitu Saja! Ini Fungsi Gel Silika yang Harus Kamu Tahu.

Kantong gel silika dapat kamu temukan di dalam kemasan ketika kamu membeli sepatu ataupun kamera. Kamu cenderung mengabaikan keberadaan kantong gel silika tersebut dan membuangnya begitu saja. Padahal gel silika mengandung silikon dioksida yang dapat mengeringkan apapun di sekitarnya. Gel silika tidak mengandung racun tetapi berbahaya untuk dikonsumsi. Tak heran jika pada kemasan kantong gel silika selalu tertulis “jauhkan dari jangkauan anak-anak”.

Nah, sebelum memutuskan untuk membuang kantong gel silika begitu saja, sebaiknya terlebih dulu kamu ketahui apa saja fungsi gel silika tersebut.

Mencegah Tumbuhnya Bakteri

bag-931937_1280

Meletakkan kantong gel silika di dalam tas dapat mencegah tumbuhnya bakteri yang dapat menimbulkan jamur pada permukaan tas maupun mengundang kuman penyakit bagi pemilik tas tersebut. Jika warna gel silika sudah berubah, kamu bisa menggantinya dengan kantong gel silika yang baru. Meletakkan kantong silika gel juga dapat membuat tas maupun peralatan lainnya lebih berumur panjang alias awet.

 

Melindungi Ponsel yang Basah Dari Kerusakan

iphone-1067984_1280

Kantong silika gel yang bersifat mengeringkan segala sesuatu yang ada di sekitarnya dapat dimanfaatkan untuk melindungi ponsel yang basah agar terhindar dari kerusakan. Kamu bisa melakukannya dengan cara meletakkan ponsel pada wadah yang sudah terisi penuh dengan silika gel. Cara ini terbilang lebih efektif jika dibandingkan dengan menggunakan beras untuk melindungi ponsel dalam keadaan basah.

 

Menjaga Album Foto Lama

photo-album-631084_1280

Meskipun segala sesuatu sudah serba digital sekarang ini, tidak ada salahnya jika kamu tetap menyimpan foto di dalam sebuah album. Namun, beberapa orang justru merasa foto lebih mudah rusak saat disimpan dalam album. Tenang saja, dengan menyelipkan kantong gel silika di dalam album foto, sehingga mampu menyerap uap air dan foto pun makin awet dan bebas dari jamur.

 

Mencegah Embun Pada Kaca Mobil

doll-196313_1280

Saat berkendara di tengah cuaca hujan tentu akan mengurangi jarak pandangmu, terlebih jika kaca mobil berembun. Untuk mengatasi masalah tersebut, mulai sekarang biasakan untuk meletakkan beberapa kantong gel silika pada bagian dashboard tepatnya di bawah kaca mobil bagian depan.

 

Memperpanjang Usia Pisau Cukur

razor-587625_1280

Menyimpan pisau cukur pada kotak berisikan kantong gel silika dapat memperpanjang usia pisau cukur tersebut. Hal ini dikarenakan kantong gel silika dapat menyerap kelembapan di dalam kotak penyimpanan tersebut. Kamu pun tak harus berulang kali membeli pisau cukur, bukan?

 

Ternyata banyak manfaat yang bisa didapatkan jika kamu bisa menggunakan kantong gel silika dengan baik dan benar. Semoga informasi ini bisa menginspirasi kamu ya!

Comments

comments

Inas Twinda Puspita
inas.higilabs@gmail.com

Take any challenge as a creative opportunity.