5 Jurus Terjitu Untuk Hasil Foto Underwater Terbaik

Untuk kamu yang suka menghabiskan liburan ke pantai, tentunya ingin mengabadikan momen tersebut dengan foto underwater. Sayangnya, meski sudah beberapa kali mencoba foto yang kamu hasilkan masih saja berkualitas jelek atau bahkan blur. Foto underwater bukan sekedar aktivitas fotografi biasa, kamu perlu beberapa jurus terjitu ini untuk mendapatkan foto terbaikmu!

Memilih Jenis Kamera dan Lensa yang Sesuai

Source: www.microglobe.co.uk

Source: www.microglobe.co.uk

Hal terpenting yang sangat menentukan hasil foto underwater adalah kamera dan lensa yang kamu gunakan. Setiap kamera mempunyai ketahanan yang berbeda-beda. Untuk itu, kamu wajib mengetahui ketahanan kamera yang akan dibawa untuk mengambil objek underwater. Sebaiknya memakai action camera yang telah mendukung fungsi waterproof. Bentuknya yang mini akan memudahkan pergerakanmu ketika menyelam.

Gunakan Underwater Case

Source: www.tmart.com

Source: www.tmart.com

Untuk perlindungan ekstra terhadap kamera yang kamu gunakan, ada baiknya jika memakai underwater case untuk menghindari kerusakan akibat kemasukan air. Terlebih jika kamu melakukan foto underwater di air pantai, kandungan garam yang terkandung di dalamnya bisa merusak kamera kamu. Pastikan underwater case yang kamu punya tidak bocor dan bisa melindungi kameramu dari air laut.

Jangan Menyelam Terlalu Dalam

Source: www.catersnews.com

Source: www.catersnews.com

Tips foto underwater berikutnya adalah jangan menyelam terlalu dalam. Foto sangat bergantung kepada cahaya, sehingga kamu harus perhatikan baik-baik jumlah cahaya yang tersedia di dalam air. Semakin dalam kamu menyelam maka semakin sedikit cahaya yang tersedia.

Pastikan Objek Menghadap Matahari

Source: www.fineartamerica.com

Source: www.fineartamerica.com

Backlight adalah sebuah istilah yang biasa digunakan untuk foto yang kamu ambil saat objek berada tepat di depan sumber cahaya. Dalam fotografi biasanya kamu selalu menghindari hal tersebut, akan tetapi saat mengambil foto underwater hasilnya akan lebih bagus kalau objek kamu menghadap matahari. Untuk menghindari terjadinya backlight, sebaiknya terlebuh dulu mengatur fokus kamera yang kamu pakai.

Hindari Arus Besar

Source: www.infokarimunjawa.com

Source: www.wisatakarimunjawa.com

Untuk mendapatkan hasil foto underwater terbaik, sebaiknya kamu memilih spot foto dengan arus yang tenang. Aliran air yang tenang akan menghasilkan foto dengan kualitas tajam dan tidak blur. Oleh sebab itu, bijaksanalah dalam memilih lokasi menyelam sehingga kamu pun dapat mengabadikan momen dengan sempurna.

Selamat mencoba tips-tips jitu tadi untuk mendapatkan hasil foto underwater terbaik. Jangan lupa untuk selalu mengutamakan keselamatan dan menjaga alam bawah laut kita, ya!

Comments

comments

Sonia Anggraini
sonia@picodio.com