Yuk, Lihat Kepribadian dari Preferensi Lidah!

Tiap orang mempunyai preferensi makanan tersendiri. Mungkin kamu punya teman yang suka makanan super manis, yang bahkan menurutmu terlalu manis untuk dinikmati. Atau yang suka makanan pedas? Padahal dia sendiri makan sampai berkeringat dan memesan bergelas-gelas es teh tapi masih saja bilang kalau dia menikmati makanan pedas itu. Atau bahkan kamu kenal dengan orang yang suka makanan pahit? Seperti olahan daun pepaya dan kopi hitam tanpa campuran gula dan susu sama sekali. Bagaimana denganmu sendiri? Kamu suka yang pedas atau asin? Ternyata preferensi lidah kita dapat mencerminkan kepribadian kita lho! Kamu suka makanan asin? Artinya apa ya?

Manis

Orang suka makanan manis cenderung lebih ramah dan menyenangkan. Sebuah jurnal yang dipublikasikan pada tahun 2012 menemukan bahwa mereka yang lebih menyukai makanan manis seperti permen, coklat, madu, dan es krim memiliki kepribadian yang lebih menyenangkan dibandingkan mereka yang tidak. Pecinta makanan manis pun lebih idealis. “Kamu adalah bagian dari pemimpi, visioner dan optimis di segala hal yang kamu lakukan,” kata Juliet Boghossian, seorang pakar makanan dan perilaku dan pendiri Food-ology.com.

Pedas

Jika kamu menyukai makanan terpedas dari yang pedas, kemungkinan kamu pengambil resiko, menyukai tantangan. Menurut Boghossian sendiri kamu menginginkan setiap momen menjadi pengalaman yang berkesan. Peneliti makanan di Universitas Penn State, Nadia Byrnes, pun menemukan bahwa sensation seekers lebih menyukai makanan pedas dibandingkan orang lain. Meskipun begitu, kecintaan pada makanan pedas pun dapat dipengaruhi oleh budaya.

Pecinta Makanan Pedas adalah Thrill Seeker

Pecinta Makanan Pedas adalah Thrill Seeker

Seorang profesor dari Universitas Pennsylvania, Paul Rozin yang telah meneliti preferensi makanan pun menciptakan istilah benign masocism, atau yang dapat diartikan secara literal sebagai masokis jinak. Istilah ini sendiri mendeskripsikan orang yang menikmati sesuatu yang dianggap aman, namun tubuh mereka sendiri bereaksi negatif. Contohnya saja seperti rasa panas dari cabe, rasa pahit kopi, dan film-film yang seram dan menyedihkan.

Asin

Jika kamu suka makanan asin seperti keripik kentang, kamu cenderung ambisius. Dr. Alan Hirsch dari Smell and Taste Center di Chicago menemukan bahwa keripik kentang lovers adalah mereka yang paling agresif. Oleh karena itu, kamu lebih suka dikelilingi oleh orang-orang sukses dan ambisius. Kamu pun mudah frustrasi dengan “ketidakpraktisan” kehidupan.

Pecinta Makanan Asin Cenderung Lebih Agresif

Pecinta Makanan Asin Cenderung Lebih Agresif

Buah dan Sayur

Menurut sebuah penelitian pada tahun 2015 di dalam jurnal Appetite, mereka yang menggemari buah, salad, dan sayur cenderung lebih terbuka terhadap pengalaman baru dan lebih teliti. Orang yang lebih teliti akan lebih berhati-hati untuk memakan makanan yang lebih sehat. Sebaliknya, orang yang cemas dan gelisah cenderung mengkonsumsi makanan dengan kalori tinggi, termasuk makanan manis dan terlibat dalam binge-eating, makan dalam jumlah banyak untuk menghilangkan stress.

Bagaimanakah denganmu? Apakah kamu lebih suka pedas atau asin? Apakah deskripsi kepribadian tersebut menurutmu sesuai dengan preferensi lidah kamu?

Leave a Reply