Psikologi Warna: Ketahui Kepribadianmu Melalui Warna Favorit

Meskipun banyak penelitian yang membuktikan pro dan kontra, psikologi warna tetap menjadi salah satu bidang yang terus dikaji. Beberapa penelitian membuktikan bahwa warna favorit kamu dapat menceritakan bagaimana kepribadian kamu. Bahkan banyak yang menganggap dengan dasar hasil penelitian yang ada, bahwa warna dapat digunakan untuk memanipulasi otak dalam proses decision-making. Meskipun bukan sepenuhnya sains, warna memang mempunyai bagian dalam mempengaruhi proses decision-making kita, seperti saat memilih suatu produk dengan melihat kemasannya. Warna favorit pun ikut andil besar dalam proses tersebut. 

Seperti apakah kepribadian yang dilihat dari segi warna favorit? Yuk, langsung simak.

Biru

Biru Stabilitas Kepercayaan dan Tanggung Jawab

Biru: Stabilitas, Kepercayaan, dan Tanggung Jawab.

Warna laut dan langit ini adalah warna yang menunjukkan kepercayaan dan tanggung jawab. Kamu yang menyukai warna biru cenderung mencari stabilitas dibanding hal lainnya. Oleh karena itu, kamu pun tidak menyukai banyak perubahan di rutinitas sehari-hari. Kamu sangat menghargai kepercayaan dan hubungan yang stabil sehingga kamu dikenal sebagai teman yang dapat dipercaya. Kamu tulus dengan apa yang kamu lakukan namun orang lain akan sulit untuk mendapat kepercayaanmu.

Merah

Merah Optimis Pemberani Percaya Diri

Merah: Optimis, Pemberani, dan Percaya Diri.

Warna merah cenderung mempunyai artian extrovert, optimis, pemberani, dan percaya diri. Kamu menyukai perhatian dan mampu untuk berteman dengan mudah. Akan tetapi, dalam persoalan memutuskan sesuatu, kamu cenderung lebih impulsif, tidak memikirkan secara panjang sebab dan akibat dari keputusan tersebut. Selain lebih mudah marah, kamu pun enggan untuk menunda pekerjaan. Sehingga apa yang kamu bisa selesaikan hari ini akan kamu kerjakan hari itu juga.

Hijau

Hijau Harmonis dan Loyal

Hijau: Harmonis dan Loyal.

Warna hijau mempunyai indikasi keharmonisan antara pikiran dan hati. Akan tetapi, karena kamu sering mencari-cari keseimbangan dalam hidup, kamu pun cenderung  cemas jika tidak mempunyainya. Kamu yang suka hijau merupakan individu yang praktikal, mempunyai standar moral tinggi, dan menikmati menjadi bagian dari suatu grup dan komunitas. Selain loyal, kamu pun ramah dan tidak begitu passionate (ambisius).

Kuning

Kuning Kreatif Menyenangkan Periang

Kuning: Kreatif, Menyenangkan, dan Periang.

Kamu yang menyukai warna kuning adalah individu yang menyenangkan dan periang. Penuh dengan ide-ide kreatif, namun kamu membutuhkan bantuan untuk merealisasikannya. Kamu lebih menyukai untuk berteman dengan kelompok yang lebih kecil namun terdiri dari orang yang mempunyai pemikiran sama dibandingkan dengan kelompok besar yang tidak begitu erat dalam relasinya. Selain mempunyai kepribadian yang mandiri, kamu pun cenderung untuk menahan emosi kepada dirimu sendiri dan menyembunyikannya dibalik kepribadianmu yang periang.

Pink

Pink Nurturer

Pink: Nurturer.

Kamu merupakan individu nurturer, namun kamu juga ingin untuk diasuh dan diperhatikan pula. Cenderung optimistis dan mudah untuk melihat sisi baik dari orang lain. Tantangan terbesarmu adalah mempercayai diri sendiri dan kemampuanmu.

Hitam

Hitam Serius dan Misterius

Hitam: Serius dan Misterius.

Kamu yang menyukai hitam cenderung untuk mengejar kekuasaan dan kemewahan sehingga kamu lebih sering untuk menganggap apapun terlalu serius. Selain itu, kamu menjaga jarak dan menjaga eksterior dingin karena hal tersebut merupakan usahamu dalam melindungi diri sendiri. Hitam adalah warna kesempurnaan, dimana kamu dapat mundur dari keramaian dan menata dunia dan emosi kamu.

 

Seperti yang telah Daily Wuz sebutkan, psikologi warna bukan sains pasti layaknya matematika. Masih banyak riset dan penelitian yang harus dilakukan untuk menyempurnakan kembali teori-teori dalam bidang satu ini. Psikolog dari Universitas California sendiri membuktikan bahwa warna favorit seseorang ditentukan dari objek yang disukainya. Oleh karena itu, kamu akan menemui banyak orang yang menyukai warna biru, warna langit dan laut. Sedangkan orang yang menyukai warna coklat lebih jarang ditemui, karena warna tersebut adalah warna dari lumpur, lap kotor, dan makanan basi.

Apakah deskripsi kepribadian diatas sesuai dengan warna favoritmu?

 

 

Leave a Reply