Kenali Tubuhmu: 6 Fakta Menarik Tubuh Manusia

Banyak hal yang tidak kita syukuri, karena kita dapat menikmatinya tiap hari sehingga tak sadar berapa beruntungnya kita untuk memilikinya. Salah satunya adalah kesempurnaan tubuh. Mungkin beberapa diantara kalian menganggap bahwa tubuh hanya sekedar satu kesatuan sistem dan mekanisme yang dapat melakukan banyak hal: berlari, mengambil pensil, jongkok, dsb. Namun, nyatanya banyak sekali fakta menarik tubuh manusia. Berikut beberapa diantaranya.

Ukuran Tubuh yang Sama

Pernahkah kamu mendengar The Vetruvian Man, sketsa milik Leonardo da Vinci? Sketsa ini merupakan sketsa tertua dan terbaik untuk eksplorasi anthropometri, disiplin ilmu untuk pengukuran tubuh manusia.

The Vitruvian Man, Sketsa anthropometri da Vinci

The Vitruvian Man, Sketsa Anthropometri Leonardo da Vinci

Melalui sketsa temuan da Vinci ini, kita dapat mengetahui:

  1. Tinggi badan sama dengan panjangnya lengan jika direntangkan ke samping.
  2. Tinggi badan kurang lebih sama dengan 10 kali panjang tangan diukur dari pergelangan sampai jari tengah; dan juga 7 kali panjang kaki
  3. Panjang kaki sama dengan panjang lengan tangan

Informasi yang didapat dari anthrometrik ini bukan hanya sekedar fun fact, fakta menarik tubuh manusia semata, namun juga berfungsi untuk menentukan pemilik dari sebuah tulang. Forensik pun juga dapat menggunakan jejak kaki atau cap tangan untuk memberikan estimasi tinggi badan seorang kriminal.

Tinggi Badan Maksimal di Pagi Hari

Tahukah kamu, tinggi badanmu mencapai puncaknya di pagi hari? NASA melaporkan bahwa astronot lebih tinggi 2 inchi atau sekitar 5 cm saat di luar angkasa dibandingkan saat di bumi. Tidak adanya gravitasi mencegah kompresi tulang belakang, sehingga saat di luar angkasa, astronot tidak hanya lebih ringan, namun juga lebih tinggi!

Meskipun efek tersebut tidak begitu berarti di bumi dengan tarikan gravitasi, kita sendiri tumbuh 2 cm tiap malamnya. Saat kita berbaring, sendi-sendi pun kelihangan tekanan udara karena gravitasi tidak menarik kita.

Tulang Lebih Kuat dari Besi

Sedikit demi sedikit, tulang kita menjadi lebih kuat dari besi. Satu inci kubik tulang cukup kuat untuk menahan beban 8 kilogram. Fakta ini menakjubkan untuk tulang yang terdiri 30% dari air!

Rambut Kuat Sekuat Tali

Ingankah kamu cerita Disney princess Rapunzel dimana dia diselamatkan oleh pangeran yang memanjat towernya menggunakan rambut? Ternyata rambut pun kuat untuk menahan berat beberapa laki-laki sekaligus! Satu helai rambut sehat manusia dapat menahan berat kira-kira 85 gram. Memang sepertinya tidak begitu wow, namun jika helaian tersebut digabungkan, rambut wanita bisa menahan berat 12 ton!

Rambut Kuat Menahan Beban Berat

Rambut Kuat Menahan Beban Berat

Selain mudah terbakar, rambut sulit untuk dihancurkan. Bagi kamu yang sering membersihkan saluran westafel dan kamar mandi, pasti tahu hal ini!

Hidung dengan 1 Milyar Bau Berbeda

Dulunya hidung kita dipercaya mampu untuk mengidentifikasi kurang lebih sebanyak 10.000 jenis bau yang berbeda. Namun sebuah tim Universitas Rockfeller telah membuktikan bahwa kita mampu untuk mengidentifikasi 1 milyar bau!

Mata sendiri sebagai indra penglihat hanya mempunyai 3 reseptor warna namun mampu melihat 10 milyar warna yang berbeda. Hidung sendiri mempunyai 400 reseptor olfaktori. Oleh karena itu, tim Universitas Rockfeller pun berasumsi bahwa hidung kita pastinya mampu mengidentifikasi dengan jumlah lebih dari 10.000 jenis baru, dan ternyata memang benar!

Milyaran Bakteri Mulut

Fakta menarik tubuh manusia selanjutnya adalah mulut, yang mengandung lebih banyak bakteri dibanding dengan jumlah manusia di bumi. Mereka hidup dengan membentuk koloni sehingga yang hidup di langit-langit mulut pun berbeda dengan bakteri di bawah lidah. Bakteri yang ada di ujung lidah pun berbeda dengan yang ada di dinding pipi. Tiap bakteri dalam mulutmu mempunyai tempat favoritnya masing-masing. Namun, tak perlu khawatir! Air liur mengandung anti bakteri kuat yang dapat membantu membunuh bakteri-bakteri tersebut.

Leave a Reply