Priska Susanto, Ilustrator Muda Berbakat yang Berhasil Melawan Keraguan Masyarakat atas Profesi Ilustrator di Indonesia

Ilustrator merupakan seniman yang berprofesi khusus dibidang seni rupa yakni umumnya sebagai pencipta atau penyedia gambar ilustrasi demi memperjelas maksud suatu tulisan tertentu atau demi membuat terlihat menarik tampilannya. Di Indonesia sendiri banyak orang-orang yang memiliki skill menggambar ilustrasi dengan sangat baik, namun hanya sedikit orang yang tertarik menggeluti profesi tersebut karena dinilai kurang ‘menghasilkan’ dan menjanjikan. Salah satunya adalah gadis cantik asal Surabaya bernama Priska Susanto.

Penasaran seperti apa cerita selengkapnya tentang Priska yang kemudian dikenal sebagai ilustrator muda berbakat Indonesia? Simak baik-baik penuturannya pada wawancara exclusive bersama tim Dailywuz beberapa waktu lalu.

Semula Hanya Sekedar Hobi Menggambar

ilustrator Indonesia

Menurut pengakuan Gadis kelahiran 8 Desember 1988 ini, sejak kecil ia sudah hobi menggambar dan sering mengikuti lomba-lomba. Apresiasi dari kedua hal tersebut kemudian memotivasi Priska untuk terus mengasah kemampuan menggambarnya. Hingga ia memutuskan untuk menjadikan hobi sebagai profesinya.

 

Melahirkan Satu Ciri Khas Unik

Ilustrator Indonesia

Terinspirasi dari seorang watercolor artist, Agnes Cecile, yang berhasil mendunia karena karya-karya indahnya, Priska kemudian berinisiatif untuk menciptakan sebuah terobosan terbaru dalam dunia ilustrasi yang memberikan ciri khas unik dari ilustrasi buatannya. Priska mengakui bahwa sebagian ilustrasi yang ia buat menggunakan watercolor, tetapi ia juga sering kali menggunakan pensil, gouache, atau tinta calligraphy sebagai campuran dalam satu karya.

 

There’s A Way, When There’s A Will

ilustrator di Indonesia

Pepatah tersebut tepat untuk menggambarkan perjalanan karir Priska Susanto sebagai seorang ilustrator. Pasalnya, gadis yang menamatkan pendidikan S1 jurusan Desain Komunikasi Visual di Universitas Kristen Petra Surabaya ini mengaku bahwa semula banyak pihak yang lebih menyarankan ia untuk bekerja di kantoran seperti lulusan S1 pada umumnya. Namun, tekad dan keinginan yang kuat dari seorang Priska untuk terus menekuni dunia ilustrasi pun membuahkan hasil yang memuaskan.

Ia mulai menerima tawaran untuk bekerja sama dengan sebuah brand untuk mengadakan kontes online. Priska juga terlibat dalam proses kreatif pembuatan video tutorial untuk launching produk baru dari brand art supplies, serta mendapat kesempatan untuk bekerjasama dengan pemerintah kota Surabaya.

Nah, untuk kamu yang juga ingin sukses seperti Priska Susanto bisa mengambil pelajaran berharga bahwa lakukan apa yang memang menjadi keahlianmu. Terus berlatih dan jangan cepat merasa puas. Semoga artikel ini bisa menginspirasi kalian semua, ya!

Comments

comments

Cornellia Kwanda
cornellia.picodio@gmail.com