Hangga Ganiadi Bunbu Creator

Hangga Ganiadi, Komikus yang Sukses Menghibur Ratusan Ribu Pembaca Setia

Hangga Ganiadi, adalah seorang komikus di balik karakter “Bunnie Buencekno” atau yang lebih akrab dikenal dengan nama Bunbu, pada komik berjudul Bunbu The Bunny. Nama tersebut dipilih sang kreator karena memiliki karakter khas Suroboyo-an. Hangga yang sudah hobi menggambar sejak SMA pun tertarik menggunakan kelinci sebagai karakter utama dalam komiknya karena ia menganggap bahwa kelinci adalah binatang yang lucu dan wajahnya sedikit menyebalkan.

Penasaran seperti apa kisah selengkapnya?

Berawal dari Sebuah Kontes Kakaotalk

Komikus Bunbu The Bunny

Pria kelahiran 3 Februari 1986 ini pada mulanya menciptakan nama Bunbun untuk karakter komiknya pada sebuah kontes Kakaotalk, namun nama tersebut sudah banyak dipakai oleh kreator komik lainnya. Ide mengubah nama pun muncul karena karakter Bunbu yang ia ciptakan sangat lekat dengan ciri-ciri arek Suroboyo. Bunnie Buencekno adalah sebuah komik bergenre humor yang terkadang menyampaikan makna mendalam untuk direnungkan bagi para pembaca setianya.

 

Memanfaatkan Peluang yang Jarang Dilihat

komikus Bunbu The Bunny

Jumlah komikus di Indonesia terbilang masih sedikit jika dibandingkan dengan negara lain, karena profesi ini dianggap minim penghasilan. Akan tetapi, Hangga justru melihat bahwa seorang komikus dapat menyampaikan aspirasi dan memiliki kesempatan untuk lebih didengarkan oleh banyak orang melalui karya-karyanya. Hal ini tentu mendatangkan kepuasan tersendiri baginya untuk menghibur pembaca melalui komik Bunbu The Bunny.

Meski Masih Online, Bunbu Punya Banyak Pembaca Setia

Komikus Bunbu The Bunny

Sang komikus, Hangga, berharap jika Bunbu The Bunny akan memiliki episode panjang layaknya komik Doraemon yang juga banyak digemari oleh para penggemar komik. Meski masih diterbitkan secara online melalui Webtoon, jumlah pembaca setia komik ini sudah mencapai lebih dari 487 ribu orang. Hal tersebut dikarenakan humor yang disampaikan Hangga memiliki gaya khas yang tentu berbeda dari kebanyakan komik-komik humor saat ini.

Hobi Sebagai Motivasi Berprestasi Untuk Menjadi Komikus Profesional

komikus bunbu the bunny

Hobi menggambar yang membawa Hangga Ganiadi menjadi seorang komikus inspiratif di Indonesia. Lulusan program studi Desain Komunikasi Visual, Universitas Kristen Petra Surabaya, ini yakin bahwa profesi yang ia geluti ini akan lebih mudah diterima oleh masyarakat karena karakter yang ia ciptakan cukup lokal dan tentu sifatnya menghibur. Terbukti, komik online ini sudah memiliki satu edisi terbitan, serta sebuah kompilasi komik edukasi.

Kamu hobi menggambar juga? Coba aja peluang untuk menjadi komikus di Indonesia, siapa tahu bisa mengikuti jejak sukses Hangga Ganiadi.

Comments

comments

Sonia Anggraini
sonia@picodio.com