Bioskop Bisik: Membantu Penyandang Tunanetra Nonton Film dengan Berbisik

Nonton di bioskop pastinya selalu ada larangan tidak boleh gaduh. Berbisik aja bisa menganggu penonton yang lain, apalagi mengobrol sama teman yang duduk di sampingmu. Beda dengan Bioskop Bisik, seluruh penontonnya akan berbisik-bisik sepanjang pemutaran film. Hal ini dilakukan juga bukan tanpa sebab, karena Bioskop Bisik bukan bioskop biasa seperti XXI atau CGV. Berbisik malah didukung dalam bioskop ini, karena Bioskop Bisik memang diperuntukkan untuk tunanetra.

Bagaimana Tunanetra Bisa ‘Nonton’ Bioskop?

Penyandang tunanetra gimana caranya kok bisa menikmati film di bioskop? Inilah yang membuat Bisokop Bisik bioskop yang unik. Tiap tunanetra yang telah terdaftar sebagai penonton ditemani oleh satu volunteer. Sahabat baru mereka yang bisa menikmati film dari tiap gerak-gerik adegan hingga suara pun kemudian mendeskripsikan detilnya kepada penyandang tunanetra. Tak jarang mereka pun mengobrol dengan topik selain film yang ditonton.

Pembisik Sedang Mendeskripsikan Adegan Film

Pembisik Sedang Mendeskripsikan Adegan Film. Sumber: thejakartapost.com

Sebelum menonton film, tepatnya setengah jam sebelumnya, mereka pun berkomunikasi dan berkenalan terlebih dahulu agar nantinya tidak canggung. Dalam sesi kenalan ini, penyandang tunanetra bisa meminta bagaimana pembisiknya (volunteer) nanti akan mendeskripsikan tiap adegan-adegan film. Apa dengan singkat, sedikit panjang lebar dalam detil tertentu, atau bagaimana. Dengan begitu, penyandang tunanetra pun bisa mendapatkan pengalaman nonton bioskop yang sama dengan orang pada umumnya.

Sayangnya Bioskop Bisik bukanlah bioskop umum, namun merupakan kegiatan sosial. Sehingga penyandang tunanetra tak bisa menikmati film tiap harinya. Hal seperti manajemen perekrutan volunteer dan persiapan venue tentunya membutuhkan waktu. Diadakan tiap bulan, Bioskop Bisik tak pernah sepi volunteer. Mereka yang rela menemani penyandang tunanetra untuk mendapatkan pengalaman menonton bioskop akan diacak namanya. Sehingga tak semua volunteer yang mendaftar bisa terpilih.

Bukan Kegiatan Sosial Baru

Bioskop Bisik ternyata sudah lama dilakukan. Kegiatan nonton bareng tunanetra yang didampingi volunteer sudah beberapa kali terlaksana karena gagasan Yayasan Mitra Netra. Kemudian sebuah digital agency Indonesia, Twink.Web bekerja sama dalam kegiatan nobar tersebut, alhasil nama Bioskop Bisik pun lahir.

Kegiatan Nobar di Bioskop Bisik

Kegiatan Nobar di Bioskop Bisik. Sumber: tirto.id

Bioskop Bisik dulunya dilaksanakan di minggu kedua tiap bulan di Paviliun 28, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Namun, pada pertengahan tahun 2017 lalu, kegiatan nobar ini dilaksanakan di Studio XXI Blok M Square. Karena tidak memiliki venue khusus, sepertinya kegiatan Bioskop Bisik untuk kapan dan dimana tak bisa dijamin sama tiap bulannya. Namun, kamu yang ingin menjadi pembisik bagi kawan tunanetra bisa mendaftar mulai sekarang loh! Pendaftaran bisa dilakukan melalui fanpage Facebook Our Better World. Namun ingat, bahwa tidak semua volunteer yang mendaftar bisa terpilih karena keterbatasan ruang. Pihak Bioskop Bisik akan menghubungi kamu untuk untuk informasi selanjutnya.

 

Leave a Reply