Pramoedya Ananta Toer Bersama Kutipan Legendanya

Pramoedya Ananta Toer Bersama Kutipan Legendanya

Bagi yang suka dunia sastra tentu tak asing lagi dengan sosok Pramoedya Ananta Toer dengan karya-karyanya yang laur biasa. Ya, beliau merupakan salah satu sastrawan yang sangat berpengaruh dalam perkembangan dunia sastra di Indonesia.

Pramoedya Ananta Toer dilahirkan pada tanggal 6 Februari 1925 yang lalu. Semasa hidupnya beliu telah melahirkan lebih dari 50 karya, sebagian besar karya “pram” telah diterjemahkan dalam 41 bahasa asing.

Pramoedya Ananta Toer Bersama Kutipan Legendanya

Keberanian dalam melakukan kritik terhadap penguasa dengan tulisan-tulisannya kerap mengantarkan beliau keluar masuk tahanan.

Tepat pada tanggal 31 April 2006 yang lalu, Indonesia kehilangan sosok sastrawan hebat, Pramoedya Ananta Toer telah berpulang. Diabetes serta penyakit jantung yang dideritanya menjadi lantaran meninggalnya Pram.

Walau beliau sudah tidak dapat melahirkan karya-karya barunya, namun hingga saat ini tulisan-tulisan Pram masih terus berdentum dalam ingatan pembaca. Bahkan beberapa kutipan beliau menjadi legenda yang cukup terkenal di mata penggemarnya, beriktut kutipan-kutian Pramoedya Ananta Toer yang melegenda :

“Dengan ilmu pengetahuan modern, binatang buas akan menjadi lebih buas, dan manusia keji akan semakin keji. Tapi jangan dilupakan, dengan ilmu-pengetahuan modern binatang-binatang yang sebuas-buasnya juga bisa ditundukkan”

“Kalian boleh maju dalam pelajaran, mungkin mencapai deretan gelar kesarjanaan apa saja, tapi tanpa mencintai sastra, kalian tinggal hanya hewan yang pandai”

“Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tidak menulis, ia akan hilang dalam masyarakat dan dari sejarah. Menulis adalah bekerja untuk keabadian”

“Kesalahan orang-orang pandai ialah menganggap yang lain bodoh, dan kesalahan orang-orang bodoh ialah menganggap orang lain pandai”

“Seorang terpelajar harus juga belajar berlaku adil sudah sejak dalam pikiran, apalagi perbuatan”

Comments

comments

Ihyak Yayak
yayak.picodio@gmail.com