Tips Mencegah Kulit Kering Saat Puasa

Saat berpuasa tubuh berada dalam kondisi dehidrasi karena tidak minum selama hampir 12 jam. Kondisi tersebut tidak hanya menyebabkan rasa haus, tetapi juga kulit menjadi kering. Beberapa tips ini bisa membantu kamu mencegah kulit kering saat puasa. Simak baik-baik ya!

Hindari Kopi Saat Buka dan Sahur

coffee-2327178_640

Seperti yang sudah kamu tahu bahwa kopi mengandung kafein yang dapat membuat kulit kering, jadi sebaiknya kurangi konsumsi kopi selama bulan puasa.  Begitu juga dengan teh. Meskipun kandungan kafeinnya tidak sebanyak kopi, tapi minuman yang satu ini juga berisiko membuat kulitmu kering.

 

Kurangi Konsumsi Makanan Asin

potato-166840_640

Mencegah kulit kering saat puasa selanjutnya bisa dilakukan dengan mengurangi konsumsi makanan asin. Pasalnya, garam yang dikonsumsi berlebihan dapat meningkatkan kepekatan cairan dalam tubuh. Akibatnya, tubuh pun mengalami dehidrasi dan menyebabkan kulit kering.

 

Perbanyak Konsumsi Buah

watermelon-2144111_640

Selain banyak minum air putih, pastikan untuk memperbanyak konsumsi buah yang kaya vitamin dan mineral untuk mencegah kulit kering saat puasa. Pilih buah yang mengandung air dalam jumlah banyak agar kenyang lebih lama serta mencegah tubuhmu mengalami dehidrasi. Buah yang bisa kamu konsumsi misalnya semangka dan melon karena keduanya memiliki kandungan air yang sangat banyak.

 

Gunakan Lotion Pelembab

Source: www.thesweethome.com

Source: www.thesweethome.com

Mencegah kulit kering selama menjalankan puasa juga bisa dilakukan dari luar dengan mengoleskan lotion pelembap. Sangat disarankan agar kamu memilih pelembab yang mampu bertahan lama. Salah satunya adalah lotion pelembab yang mengandung cocoa butter atau squalane, kedua zat ini mampu mencegah kulit kering sepanjang hari meski asupan air berkurang selama berpuasa.

 

Itulah tadi beberapa tips mencegah kulit kering saat puasa yang bisa kamu lakukan. Jadi nggak ada alasan lagi ya kamu tidak bisa tampil cantik maksimal hanya karena kulit kering. Tetap semangat berpuasa, ya!

Comments

comments

Ordnella
giovaniat@hotmail.com