Tips Atasi Rambut Rontok, Mulai Sekarang Sebelum Terlambat!

Rambut rontok tak lagi sekedar menyebalkan, kamu harus membersihkan lantai kamar dan toilet dari gundukan rambut. Menyebalkan sekaligus melelahkan, rambut rontok harus segera ditangani. Jika tidak, kamu pun dapat berakhir dengan kebotakan rambut yang seharusnya terjadi pada mereka yang berusia lanjut. Atasi rambut rontok dengan tips yang dilansir oleh Huffington Post berikut.

Hindari Gaya yang Menarik Rambut

Gaya rambut seperti kuncir ponytail dan kepang yang menarik rambut dapat menjadi penyebab rontoknya rambut. Kuatnya tarikan pada gaya rambut tersebut dapat menarik akar rambutmu yang memang sudah lemah sehingga rontoknya rambut dapat terjadi. Untuk itu, gunakan karet ikat rambut yang elastis dan tak mempunyai bagian metal sehingga saat kamu melepas kuncir, rambut pun tidak ikut tertarik.

Tinggalkan Penggunaan Alat dengan Panas Tinggi

Hindari Penggunaan Peralatan Rambut yang Menghasilkan Panas

Hindari Penggunaan Peralatan Rambut yang Menghasilkan Panas

Panas dapat mengurangi tingkat kesehatan rambut. Penggunaannya melalui alat dapat membuat struktur rambut pecah sehingga rambut pun mudah patah dan rontok. Jika kamu menggunakan catok rambut, pastikan jangan terlalu lama menggunakannya di satu area. Pindahkan catok tiap 10 detik di bagian rambut. Untuk memastikan tingkat panas catok, kamu bisa memperhatikan bunyinya. Catok yang terlalu panas sampai menghasilkan bunyi dapat membakar rambutmu. Usahakan untuk selalu menggunakan cara alami dalam mengeringkan rambut daripada menggunakan alat seperti catok dan hairdryer. Kamu pun dapat menggunakan spray pelindung panas untuk memperkecil dampak panas alat pada rambut.

Hati-hati dengan Perawatan dengan Proses Kimia

Perawatan yang memerlukan proses kimia dapat merusak kesehatan rambut. Penggunaan bahan kimia seperti untuk meluruskan dan mewarnai rambut dapat membahayakan akar rambut sekaligus kulit kepala. Usahakan untuk selalu menjaga tampilan rambut alamimu karena hal seperti pewarnaan rambut dapat memperburuk rambut rontok.

Konsumsi Makanan yang Baik untuk Rambut

Sayuran Hijau dan Kacang dalam Salad dapat Mengisi Kebutuhan Nutrisi Rambut Rontok

Sayuran Hijau dan Kacang dalam Salad dapat Mengisi Kebutuhan Nutrisi Rambut Rontok

Makanan tinggi vitamin dan mineral seperti zat besi, seng, dan vitamin B12 dapat membantu memperkuat rambut. Pastikan menu makananmu mengandung banyak sayur hijau, kacang-kacangan, ikan, dan daging.

Gunakan Shampo Rambut Rontok

Terdapat berbagai macam produk shampo yang ditawarkan. Pilih varian yang memang berkhasiat khusus untuk membantu pemulihan rambut rontok. Perhatikan manfaat yang dicantumkan. Kamu membutuhkan produk yang bisa membantu pertumbuhan rambut, membunuh bakteri penyebab rambut rontok, meningkatkan sirkulasi darah di kulit kepala, dan sebagainya.

Pijat Kepala

Saat yang tepat untuk memijat kepala adalah saat kamu mandi, sesaat rambut telah dicuci dengan shampo dan conditioner. Memijat kepala dapat meningkatkan sirkulasi darah, sehingga menstimulasi pertumbuhan rambut. Gerakkan jemari secara perlahan dan berputar di seluruh bagian kepala. Selain menstimulasi pertumbuhan rambut, pijat kepala pun dapat mengurangi stress.

Gunakan Minyak Rambut Alami

Minyak Zaitun untuk Perawatan Rambut Rontok

Minyak Zaitun untuk Perawatan Rambut Rontok

Minyak untuk rambut yang terbuat dari bahan-bahan alami dapat membantu untuk perawatan rambut rontok kamu. Terdapat berbagai minyak rambut untuk berbagai perawatan. Minyak yang sesuai untuk rambut rontok adalah minyak zaitun, minyak kelapa, dan minyak wijen.

Leave a Reply