Tips Ampuh Mencegah Tumit Kaki Pecah-Pecah

Tumit kaki yang pecah-pecah umumnya timbul pada kulit kaki yang cenderung kering. Kulit kaki kehilangan elastisitasnya dan terlihat seperti retak. Namun, ada juga beberapa faktor lain seperti dehidrasi pada kulit, salah memilih jenis alas kaki, hingga memakai sabun yang kurang cocok untuk kulit kaki.

Nah, tumit kaki yang pecah-pecah ini tentu bisa mengurangi rasa percaya diri kamu saat tampil di hadapan publik. Berikut ini merupakan tips-tips ampuh yang bisa kamu lakukan untuk mencegah tumit kaki pecah-pecah.

Pilih Sepatu dengan Ukuran Tepat

Source: www.solusisehatku.com

Source: www.solusisehatku.com

Memilih sepatu dengan ukuran tepat merupakan tips mengatasi tumit pecah-pecah pada permukaan kulit kaki. Pasalnya, sering kali kamu memaksakan diri untuk memakai sepatu dengan model terkini meskipun ukurannya kurang pas di kaki. Hal ini ternyata dapat menyebabkan tumit kaki jadi pecah-pecah, loh! Oleh karena itu, mulai sekarang sesuaikan ukuran sepatu dengan kaki agar tetap nyaman dan tidak merusak kesehatan kulit kaki.

Rutin Merendam Kaki dengan Air Hangat

Source: www.vemale.com

Source: www.vemale.com

Tahukah kamu jika merendam kaki dapat membantu melancarkan peredaran darah dan membuat sel-sel kulit mati berangsur menghilang? Nah, cobalah untuk meluangkan waktu di sela kesibukan padat untuk merendam kaki dengan air hangat dan campuran bahan alami, seperti garam epson dan lemon yang mengandung magnesium mampu melancarkan sirkulasi darah dan mengeluarkan racun dari kulit serta kandungan asam alami yang bisa melepaskan sel kulit mati.

Gunakan Pelembap Sesudah Beraktivitas

Source: www.merdeka.com

Source: www.merdeka.com

Tips mencegah tumit kaki pecah-pecah juga bisa dilakukan dengan memakai pelembap setelah beraktivitas agar kulit tetap elastis dan mengurangi potensi kulit kering. Pastikan kaki dalam keadaan bersih terlebih dahulu ya sebelum menggunakan pelembap. Salah satu pelembab alami yang bisa kamu gunakan adalah dengan memanfaatkan buah pisang. Caranya mudah! Siapkan mangkuk dan leburkan pisang sampai halus memakai garpu. Kemudian, oleskan ke area tumit. Diamkan selama 15 menit dan bersihkan dengan air hangat.

Perbanyak Konsumsi Air Putih

Source: www.vemale.com

Source: www.vemale.com

Mengingat bahwa penyebab utama kulit kering adalah kondisi tubuh yang kekurangan air atau dehidrasi, maka tips mencegah tumit kaki pecah-pecah adalah dengan memperbanyak konsumsi air putih. Sebaiknya, biasakan minum air putih minimal 8 gelas dalam satu hari.

Mudah bukan mencegah tumit kaki pecah-pecah itu? Selamat mencoba, ya!

Comments

comments

Cornellia Kwanda
cornellia.picodio@gmail.com