Tak Selalu Identik dengan Hal Negatif, Ngemil Sebenarnya Menyehatkan!

Ngemil selalu identik dengan kebiasaan makan yang negatif. Salah satu yang paling sering diasosiasikan dengan ngemil adalah efeknya yang dapat menambah berat badan. Padahal, jika dilakukan dengan benar, ngemil malah bisa membantu kita untuk mempunyai kebiasaan makan yang lebih sehat.

Ngemil memang kata yang digunakan ketika kita makan sebelum atau sesudah makan reguler (sarapan, makan siang, dan makan malam), sehingga ngemil tidak sama dengan makanan yang tidak sehat.

Keinginan untuk ngemil biasanya disebabkan oleh rasa lapar ketika kadar gula kita sedang rendah. Dengan begitu, tubuh menginginkan asupan makanan berlemak atau makanan manis yang dapat membuat kadar gula darah naik dengan cepat. Karena hal inilah, ngemil selalu diasosiasikan dengan bertambahnya berat badan.

Padahal, banyak penelitian yang menemukan bahwa jika seseorang bisa mempunyai rutinitas makan yang seimbang dan menyehatkan, ngemil tidak akan berefek pada berat badan. Ingin terus ngemil tapi tak ingin berat badan naik? Banyak cara yang dapat kamu lakukan agar ngemilmu bisa menyehatkan.

Kenapa Sih Ngemil Bisa Menyehatkan?

Selama kamu memperhatikan apa yang kamu cemil, ngemil bahkan dapat digunakan sebagai cara untuk menurunkan berat badan dan menjaga perut agar tak terus lapar. Jadi, kok bisa ya ngemil menyehatkan?

Dapat Mencegah Makan Berlebih

Karena ngemil dapat menumpuk kalori ekstra, kamu tidak akan makan berlebih ketika waktu makan reguler tiba. Bukannya ngemil yang menjadi penyebab bertambahnya berat badan, melainkan rasa lapar. Lapar akan membuat kamu untuk makan 20% lebih banyak. Sehingga dapat dilihat bagaimana ngemil dapat mengurangi rasa lapar tersebut, menjaga porsi makanmu tetap seimbang. Akan tetapi, pastikan kalori yang terkandung dalam snack ngemilmu terkontrol. Karena kehilangan rasa lapar dapat yang disebabkan oleh snack akan membuat kamu enggan makan malam. Tentunya makan reguler dengan menu sehat adalah prioritas utama dibandingkan dengan menu snack ngemilmu.

Yogurt dan Buah, Pilihan Menu Ngemil Sehat

Yogurt dan Buah, Pilihan Menu Ngemil Sehat

Mendapatkan Lebih Banyak Nutrisi

Ngemil pinal dapat memberikan keuntungan bagi kesehatan tubuhmu. Asupan nutrisi yang seimbang sulit untuk didapat dari makan reguler terutama jika hari-hari kamu dipenuhi aktivitas yang padat. Disinilah ngemil dapat membantu menambahkan nutrisi. Makanan yang tak diolah seperti kacang, keju, buah-buahan, dan sayur-mayur dapat menambahkan nutrisi ekstra. Snack rendah kalori dapat memenuhi tubuhmu dengan energi yang diperlukan untuk menjalani aktivitas sehari-hari menjadi lebih efisien.

Menjaga Tubuh Tetap Penuh Energi

Saat lapar tentunya tubuh menjadi lemas. Hal tersebut tentunya dapat menjadi penyebab hilangnya konsentrasi. Selain itu, lapar juga menjadikanmu mudah marah! Ngemil dapat mencegah hal ini dan menjaga tubuh dan juga pikiran menjadi tetap sehat dan positif. Ya, dengan kata lain ngemil dapat menjaga moodmu!

Camilan Sehat untuk Diet Sehat

Tak hanya dapat mencegah makan berlebih, ngemil sehat juga dapat membantu kamu untuk memilih menu makanan yang lebih sehat. Jika kadar gula terjaga dengan baik, kamu pun tak akan ngebet untuk memilih makakan penuh lemak seperti pizza dan burger.

Buah-buahan Bisa Menjadi Salah Satu Pilihan Camilan Sehat

Buah-buahan Bisa Menjadi Salah Satu Pilihan Camilan Sehat

Memilih menu camilan yang sehat juga dapat meyakinkan otak bahwa kamu memang kukuh untuk memiliki gaya hidup sehat. Camilan yang mengandung protein tinggi dan rendah lemak seperti plain yogurt, sayuran mentah, dan kacang-kacangan dapat meluruskan tekat kamu untuk menjauhi gaya hidup kurang sehat.

Ngemil bisa menjadi cara untuk mengontrol kadar gula darah dan rasa lapar. Jika kamu ingin menurunkan berat ada, ngemil sehat dapat membantumu jika dilakukan dengan benar. Ingatlah untuk ngemil hanya ketika kamu benar-benar merasa lapar. Hindari alasan ngemil karena bosan karena hal tersebut adalah resep dari gaya hidup tidak sehat.

Leave a Reply