Tak Lagi Khawatir Makan Pedas, Ini Dia Manfaat Makanan Pedas untuk Kesehatan

Makanan pedas memang bagaikan sebuah misteri. Kenapa kita suka makan makanan pedas disaat makanan pedas dapat menyiksa lidah? Sebuah teori menjelaskan bahwa kegemaran kita terhadap makanan pedas dikarenakan sensasinya, sama seperti saat naik roller coaster atau berlari maraton. Manusia anehnya dapat menemukan kenikmatan dalam banyak hal yang terlihat menyeramkan dan menyakitkan. Dalam situasi tersebut, fungsi tubuh dihadapkan dengan pikiran, dan pikiran pun menang. Contohnya saja saat kamu tau kamu takut dengan hantu, namun kamu pun tetap nekat menonton Pengabdi Setan atau malah masuk atraksi rumah hantu. 

Teori lain berpendapat bahwa makanan pedas memberikan manfaat kesehatan, sehingga tak heran jika tubuh kita membutuhkannya. Nah, tentunya ini merupakan kabar baik untuk kamu yang doyan makanan pedas. Kamu pun tak perlu lagi cari-cari alasan saat dilarang menikmati makanan pedas. Yuk, langsung aja simak manfaat makanan pedas berikut bagi kesehatan tubuh.

Menurunkan Berat Badan

Tambahan sambal atau potongan cabe dapat membuat makanan diet yang hambar menjadi lebih sedap untuk disantap sehingga kamu pun dapat terus mengikuti timeline diet kamu. Terlebih lagi, cabe dapat meningkatkan metabolisme. Penelitian menunjukkan bahwa komponen utama dalam cabe yang disebut sebagai capsaicin memiliki efek termogenik yang dapat membakar kalori 20 menit setelah kamu mengkonsumsinnya.

Kesehatan Jantung

Penelitian membuktikan bahwa memakan makanan pedas mempunyai resiko serangan jantung dan stroke yang lebih rendah. Hal ini dikarenakan cabe dapat mengurangi efek kolesterol jahat yang diketahui menjadi salah satu faktor gangguan jantung.

Mencegah Kanker

Menurut Asosiasi Penelitian Kanker Amerika, capsaicin mampu untuk membunuh kanker dan sel leukimia. Salah satu rempah pedas, turmerik, yang terkandung dalam bubuk kare dan beberapa mustard dapat memperlambat penyebaran kanker dan pertumbuhan tumor. Gregory, seorang konsultan kesehatan senior di Allina Hospitals and Clinics yang berlokasi di Minnesota menyampaikan bahwa efeknya terhadap tubuh sama dengan beberapa obat kanker.

Tekanan Darah Rendah

Vitamin A dan C dapat memperkuat dinding otot jantung dan panas cabe pun dapat meningkatkan laju darah di dalam tubuh. Dengan begitu, sistem cardiovascular pun akan menjadi lebih kuat.

Mengurangi Stress

Makanan pedas memicu produksi lebih hormon-hormon baik seperti serotonin. Dengan demikian, makanan pedas dapat mengurangi depresi dan stress kamu.

Berapa Banyak?

Untuk dapat mendapatkan manfaat makanan pedas diatas, dokter merekomendasikan untuk memakannya 2 atau 3 kali dalam seminggu. Kamu pun dapat memakan cabe tanpa harus mengolahnya terlebih dahulu. Namun, jika kamu yang tak betah sama makanan pedas, kamu bisa menumisnya karena cara tersebut masih dapat mempertahankan manfaat kesehatan yang ada.

Jika cara tersebut masih saja tidak mengakurkan makanan pedas dengan perutmu, kamu dapat meminum yogurt untuk meredakan rasa sakit dalam perut.

Bagi kamu yang memang suka makanan pedas dan tidak memiliki masalah apapun untuk mengkonsumsinya, tetaplah perhatikan jumlah yang kamu konsumsi. Hal ini karena capsaicin dapat menyebabkan gangguan kesehatan jangka pendek, seperti sakit perut, diare, dan bahkan muntah jika dikonsumsi dalam jumlah ekstrim. Kabar baiknya, makanan pedas tidak akan memberikan gangguan kesehatan efek panjang. Nikmat dan manfaat makanan pedas sudah pasti menjadi win-win solution buat kamu penggila pedas!

Leave a Reply