Tak Kunjung Kenyang? Ini Dia Penyebab Makan Berlebihan

Pernahkah kamu merasa lapar tak ada henti-hentinya? Kamu terus merasa lapar meskipun kamu sudah melahap berbagai makanan. Rasanya ingin terus makan sesuatu, merasakan kenikmatan tiap hidangan dalam mulut. Kamu pun tak ingin berhenti karena rasa lezat tersebut, apalagi kamu tak merasa kenyang sama sekali. Sebaliknya, kamu merasa terdorong untuk terus makan, melihat berbagai macam hidangan di depan mata dan membayangkan rasanya tak lagi tertahankan. Ternyata ada penyebab sendiri mengenai kondisi makan berlebihan tersebut.

Kurang Asupan Protein

Kamu makan banyak makanan dalam porsi besar tapi tak kunjung kenyang. Kemungkinan besar penyebabnya karena makanan kamu tidak begitu banyak mengandung protein. Tubuh manusia membutuhkan asupan protein tinggi. Sehingga, jika tidak mendapatkannya, tubuh tidak akan merasa puas dan kenyang karena kebutuhan proteinnya belum tercukupi. Akibatnya, kamu terus merasa lapar dan melahap makanan-makanan lagi.

Untuk itu, pastikan menu makanan kamu mengandung protein tinggi. Sehingga kamu tidak terus merasa lapar dan makan berlebihan.

Konsumsi Gula Berlebih

Jika kamu suka sekali makan makanan manis, mungkin ini adalah penyebabnya. Konsumsi kadar gula tinggi akan membuat kamu cepat lapar. Insulin akan cepat naik sehingga kamu akan merasa kenyang. Sayangnya, insulin juga cepat turun, sehingga kamu pun kembali lapar dalam waktu singkat.

Pelampiasan Emosi

Ini merupakan penyebab yang dialami oleh banyak orang ketika mereka tak bisa berhenti makan. Pelampiasan emosi disini tak hanya binge-eating yang disebabkan oleh stress, namun juga disebabkan oleh luapan emosi seperti sedih, galau, dan euforia. Diantara semua deretan emosi tersebut, yang diduga menjadi penyebab utama adalah rasa bosan. Menganggur dan tak ada yang harus dilakukan, kamu pun bosan dan melihat makan sebagai solusi tepat untuk menghilangkan kebosananmu.

Oleh karena itu, untuk mencegah over-eating, salurkan luapan dan pelampiasan emosimu ke hal lain yang lebih bermanfaat. Seperti jalan-jalan dan olahraga di taman.

Lingkungan

Faktor lingkungan mempengaruhi banyak hal. Makan berlebihan pun tak bisa lepas dari faktor yang satu ini. Jika kamu dikelilingi keluarga, teman, dan kolega yang gemar makan, kemungkinan kamu pun tertular! Percaya tak percaya, kebiasaan apapun bisa terpengaruh oleh lingkungan. Cara satu-satunya untuk mengatasi hal ini adalah dengan memberi jarak antara kamu dan lingkunganmu. Strong will juga sangat kamu perlukan untuk melawan nafsu makan berlebihanmu.

Makan Sambil Beraktivitas

Terdengar sepele, nyemil sambil nonton film, mengerjakan tugas, membaca buku, atau browsing laptop bisa membuat kamu kebablasan makan!

Penelitian sendiri membuktikan bahwa orang lebih cenderung untuk makan 50% lebih banyak ketika perhatian mereka teralihkan. Konsentrasimu terpusat pada apa yang kamu lakukan, sehingga kamu tidak sadar jika kamu sudah makan. Otak kamu digunakan untuk berfokus pada kegiatan kamu, sehingga tak merespon rasa kenyang. Untuk itu, lebih baik kamu menghindari TV, buku, gadget, dan aktivitas apapun saat makan. Luangkan waktu tersendiri untuk makan sehingga kamu bisa benar-benar menikmati makanan tersebut dan merasakan kenyang.

Leave a Reply