Susah Tidur Gara-Gara Insomnia? Cobalah 7 Tips Berikut

Mencoba untuk tidur menjadi hal yang sangat menyulitkan bagi penderita insomnia. Meskipun lelah dan mengantuk, sulit rasanya untuk mendapatkan tidur yang nyenyak. Meskipun terdapat obat yang dapat membantu penderita insomnia untuk mendapatkan tidur yang lelap, efek samping obat-obatan tak selamanya dapat dihiraukan. Jika kamu menderita insomnia, cobalah beberapa tips berikut untuk mendapatkan tidur yang lebih baik.

Berlari

Cobalah untuk berlari beberapa blok sebelum pergi tidur. Tentu saja hal ini tidak boleh dilakukan sesaat sebelum tidur karena detak jantung yang meningkat dan oksigen yang dipompa oleh jantung ke otak malah akan membuatmu terbangun semalaman. Berlarilah sebelum makan malam, beberapa jam sebelumnya. Dengan berlari, selain dapat menjaga berat badan, kamu juga dapat “melelahkan” otak sehingga otak akan ingin beristirahat. Ditambah lagi endorphin yang diproduksi oleh otak setelah berlari dapat membuatmu merasa gembira, sehingga kamu pun jauh dari perasaan cemas yang membuatmu terbangun tiap malam.

Berlari Setidaknya 4 Jam Sebelum Tidur

Berlari Setidaknya 4 Jam Sebelum Tidur

Makan Malam dengan Menu Ringan

Pastikan menu makan malammu tidak terlalu berat, sehingga perut pun tidak akan kerja terlalu keras saat di malam hari. Meringankan kerja organ tubuh pun dapat menjadi kunci dalam tidur yang nyenyak, karena tubuh lebih aktif membakar lemak saat kamu bangun.

Matikan Semua Penerangan

Hilangkan semua sumber penerangan di kamar tidur. TV, ponsel, lampu, bahkan lampu merah kecil yang menandakan TVmu tidak lagi dalam keadaan menyala. Jika cahaya masih bisa masuk melalui jendela, cobalah gunakan tirai dengan bahan yang lebih tebal. Sedikitnya stimuli visual telah terbukti dapat meningkatkan kualitas tidur.

Membaca dengan Cahaya Lilin

Membaca dengan Ditemani Cahaya Lilin Sebelum Tidur

Membaca dengan Ditemani Cahaya Lilin Sebelum Tidur

Cahaya lilin memiliki penerangan yang lebih ‘lembut’ dibandingkan dengan cahaya lampu. Cahaya tersebut bisa memberikan sugesti kepada otak bahwa sudah waktunya untuk beristirahat. Lebih baik lagi jika kamu menggunakan lilin aromaterapi yang memang dibuat khusus untuk relaksasi. Jangan lupa untuk meletakkan lilin dalam jar khusus lilin sehingga jika kamu tertidur, maka api lilin tidak akan melebar kemana-mana dan menimbulkan kebakaran. Selain cahaya lilin, mencoba mengerti kata demi kata dari buku yang kamu baca bisa melelahkan otak sehingga kamu pun bisa tidur dengan nyenyak.

Kontrol Temperatur Kamar

Jika kamar kamu terlalu dingin atau panas, gunakan kipas angin/AC atau pemanas ruangan. Jika tubuhmu nyaman saat tidur, maka semakin baik kualitas tidur yang akan kamu dapatkan. Siapkan pula selimut dengan bahan yang tidak terlalu tebal jikalau kamu tiba-tiba merasa kedinginan. Jangan lupa untuk selalu menyiapkan segelas air di sampingmu untuk menyegarkan tubuh ketika dehidrasi di tengah malam.

Minum Teh Tanpa Kafein

Cek Kandungan Kafein Pada Produk Teh Tanpa Kafein

Cek Kandungan Kafein Pada Produk Teh Tanpa Kafein. Sumber: 2daydeliver.com

Minum minuman dengan kandungan kafein tidaklah disarankan untuk kamu yang susah tidur. 4 jam sebelum tidur, kamu sebaiknya telah terbebas dari minuman berkafein. Sebagai gantinya, kamu bisa menggantinya dengan decaffeinated tea atau teh tanpa kafein. Pilihan rasa seperti peppermint dan chamomile dan hangatnya teh dapat memberikan membuat otot-otot tubuhmu untuk relax. Terdapat pula produk teh yang memang diramu khusus untuk mendapatkan tidur yang nyenyak, seperti Sleepwell Tea. Untuk berjaga-jaga, jangan lupa untuk mengecek kembali kandungan yang tertera di kemasan bahwa teh tersebut memang bebas kafein.

Beli Kasur Baru

Tak jarang orang enggan untuk membeli kasur yang lebih mahal hanya untuk tidur. Padahal, jika dibandingkan dengan barang kebutuhan lain seperti mobil, kasur jauh lebih pantas untuk mendapatkan investasi dalam jumlah lebih besar. Hal ini karena kenyamanan kasur merupakan salah satu kunci dari tidur yang nyenyak dan pulas. Kasur pun digunakan setidaknya 8 jam dalam sehari. Tidak seperti mobil yang sepertinya hanya kurang dari 4 jam.

Kasur yang Lebih Nyaman Meningkatkan Kualitas Tidur

Kasur yang Lebih Nyaman Meningkatkan Kualitas Tidur

Untuk itu, pilihlah kasur yang nyaman. Kualitas kasur yang dapat mengakomodasi bentuk tulang punggung dan leher bisa memberikan kenyamanan lebih. Jangan lupa pula untuk membeli bantal, guling, dan selimut dengan kualitas yang sama. Kenyamanan kasur telah terbukti dapat meningkatkan kualitas tidur secara drastis. Dengan begitu, kamu yang menderita insomnia pun akan lebih mudah untuk tidur dengan kenyamanan kasur yang sesuai.

Leave a Reply