Rahasia Kulit Cantik dan Sehat: Ikuti 4 Rutinitas Skin Care dengan Produk yang Tepat

Tipe kulit bermacam-macam, kering, berminyak, atau sensitif. Mengetahui tipe kulit sangatlah penting, sehingga ketika kamu memilih skin care, kamu tau benar mana yang harus kamu pilih. Menggunakan sembarang produk skin care bukannya malah memperbaiki kondisi kulit, malah bisa membahayakan. Apalagi jika kamu menggunakan produk skin care DIY yang dibuat hanya berdasarkan tutorial dari internet. Tanpa pengetahuan yang memadai, produk “racikan sendiri” tersebut dapat berakibat fatal.

Rajin Mengikuti Rutinitas Perawatan Kulit

Rajin Mengikuti Rutinitas Perawatan Kulit

4 Rutinitas Perawatan Kulit

Selain mengetahui tipe kulit dan memilih produk yang cocok, kamu juga harus rajin mengikuti rutinitas skin care yang harus dilakukan tiap harinya. Dengan begitu, kondisi kulitmu seperti jerawat dan felk hitam bisa terkendalikan dan menghilang. Rutinitas skin care dasarnya ada 4 langkah, yang bisa kamu lakukan pada pagi hari dan sebelm tidur. Berikut keempat langkah tersebut yang dapat diaplikasikan secara berurutan.

Rahasia Kulit Cantik dan Sehat Ikuti 4 Rutinitas Skin Care dengan Produk yang Tepat

Rahasia Kulit Cantik dan Sehat Ikuti 4 Rutinitas Skin Care dengan Produk yang Tepat

  1. Cleansing. Pilihlan pembersih yang tidak membuat kulitmu terasa kencang atau tertarik setelah digunakan. Bersihkan wajahmu tidak lebih dari dua kali sehari atau hanya sekali saja jika tipe kulitmu kering dan tidak menggunakan makeup. Hindari produk pembersih yang membuat kulitmu terasa begitu kesat dan bersih, karena hal tersebut berarti bahwa minyak natural kulitmu telah menghilang. Salah satu produk pembersih yang telah dikenal bisa digunakan oleh segala tipe kulit adalah Cetaphil. Pembersih satu ini memang telah begitu dikeal di luar negeri, namun pemakaiannya baru digemborkan di Indonesia seiring dengan masuknya produsen Cetaphil secara resmi di pasar Indonesia.
  2. Serum. Serum yang mengandung vitamin C atau peptida baik digunakan pada pagi hari dibawah sunscreen. Pada malam hari, gunakanlah yang mengandung retinol.
  3. Moisturizer. Semua jenis kulit perlu moisturizer atau pelembab, tak terkecuali kamu dengan tipe kulit berminyak. Meskipun begitu, tipe kulit berminyak perlu memilih pelembab yang ringan, berbentuk gel, dan non-comedogenic (tidak menyumbat pori-pori kulit). Kulit kering bisa merasakan manfaat lebih jia menggunakan pelembab yang berbentuk krim. Brand skin care pada umumnya mencantumkan bentuk produknya (krim atau gel) pada kemasannya. Kamu pun bisa mencari referensinya di berbagai beauty blogger/vlogger sebelum memutuskan membeli suatu produk.
  4. Sunscreen. Gunakan suncreen yang setidaknya mengandung SPF 30 15 menit sebelum kamu beraktifitas di bawah sinar matahari. Kulit dengan warna gelap bisanya membutuhkan lebih banyak perlindungan matahari karena pigmentasi berlebih lebih sulit untuk dikembalikan seperti semula.

Pilihlah produk yang cocok dengan tipe kulit dan tingkat sensitivitas kulitmu. Jangan lupa untuk membaca label produk skin care sebelumnya. Beberapa produk, seperti retinol, hanya dapat dialikasikan pada malam hari saja.

Skin Care DIY yang Harus Dihindari

Semakin banyak beauty blogger/vlogger yang membuat ulasan bagaimana produk-produk sepele di sekitar kita punya manfaat ajaib untuk kulit, seperti cuka apel dan baking soda. Namun kenyataannya, skin care DIY dari produk sepele seperti ini dapat membahayakan kulit dalam jangka panjang dibanding dengan keuntungannya yang belum seberapa. Berikut adalah daftar produk-produk sepele tersebut yang lebih baik kamu hindari untuk dijadikan skin care DIY.

Jangan Gunakan Pasta Gigi sebagai Skin Care

Jangan Gunakan Pasta Gigi sebagai Skin Care

  1. Air lemon. Memang air perasan lemon mengandung asam sitrat, namun asam sitratnya terlalu kuat sehingga dapat menyebabkan munculnya flek hitam setelah terkena paparan sinar matahari. Selain flek hitam, air lemon juga dapat membuat kulitmu kering dan iritasi.
  2. Baking soda. Dengan kandungan pH level 8, baking soda akan membuat kulitmu stress. Kandungan air dalam kulit dapat menurun secara drstis, sehingga membuat kulit menjadi kering.
  3. Bawang putih. Bawang putih mentah dapat menimbulkan alergi kulit, dermatitis, iritasi kulit, hingga kulit melepuh.
  4. Pasta gigi. Bahan-bahan pembuat pasta gigi memang dapat membunuh kuman dan menyerap minyak, namun juga bisa membuat kulitmu kering dan iritasi.
  5. Vitamin E. Pengaplikasian vitamin E secara langsung dapat membuat kulitmu iritasi. Selain itu, tidak ada bukti bahwa penggunaannya bisa menyembukan kulit yang luka.

Ketahuilah tipe kulitmu, pilih produk skin care yang tepat, dan rajin-rajinlah mengikuti rutinitas perawatannya untuk kulit yang cantik dan sehat.

Leave a Reply