Ragam Jenis Teh yang Efektif Turunkan Berat Badan

Biasanya orang Indonesia mengonsumsi secangkir teh di pagi hari atau malam hari untuk menghangatkan tubuh serta meredakan sakit tenggorokan. Namun demikian, ternyata teh juga merupakan minuman yang efektif menurunkan berat badan. Jadi, buat kamu yang sedang menjalankan program diet, cobalah untuk mengonsumsi jenis teh berikut ini.

Teh Hijau 

Source: www.merdeka.com

Source: www.merdeka.com

Teh hijau memiliki fungsi untuk mengolah karbohidrat secara perlahan sehingga dapat mencegah kenaikan gula darah. Dengan demikian, tubuh akan lebih mudah membakar lemak. Menariknya, teh hijau ini juga dapat memberikan rasa kenyang lebih lama. Jadi, porsi makan pun akan berkurang dengan sendirinya dan kamu tidak mudah merasa lapar.

Teh Putih 

Source: www.tribunnews.com

Source: www.tribunnews.com

Teh putih adalah teh yang dikeringkan secara alami di bawah sinar matahari, sehingga minim pemrosesan dengan mesin dan paling kaya antioksidan di antara teh lainnya. Teh putih ini memiliki antioksidan polifenol tiga kali lebih banyak dari teh hijau. Faktanya, Jurnal Nutrition and Metabolism menunjukkan bahwa teh putih dapat meningkatkan proses lipolisis (pemecahan lemak) dan mencegah adipogenesis (pembentukan sel-sel lemak).

Teh Mint

Source: www.detik.com

Source: www.detik.com

Kamu tentu sudah tidak asing dengan jenis teh yang satu ini. Teh yang dikombinasikan dengan daun mint ini ternyata kaya akan manfaat, terlebih untuk kamu yang ingin menurunkan berat badan. Hanya dengan menghirup aroma mint saja, nafsu makanmu sudah akan berkurang. Sebuah studi yang dipublikasikan dalam Journal of Neurological and Ortophedy Medicine menemukan, bahwa orang yang mengendus aroma mint setiap dua jam, rata-rata dapat menurunkan berat badan hingga 2,3 Kg dalam kurun waktu satu bulan.

Teh Oolong

Source: www.bintang.com

Source: www.bintang.com

Terakhir, jenis teh yang juga bisa membantu program dietmu adalah Teh Oolong. Penelitian menemukan bahwa ternyata teh oolong merupakan hasil semi-fermentasi yang efeknya lebih kuat dibanding teh hijau, yang efektif dalam proses pembakaran lemak, mengurangi kolesterol dan membuang lemak dalam tubuh.

Itulah tadi beberapa jenis teh dan juga kandungan yang ada di dalamnya yang efektif dalam menurunkan berat badan. Diet sehat hanya dengan rutin mengonsumsi teh dan berolah raga tentu akan lebih banyak memberikan manfaat untuk tubuhmu. Selamat mencoba!

Comments

comments

Sonia Anggraini
sonia@picodio.com