Peran Onkologi Surabaya Dalam Dunia Kesehatan

Peran Onkologi Surabaya Dalam Dunia Kesehatan – Angka kematian yang disebabkan oleh kanker di seluruh dunia kian meningkat, Indonesia pun tidak terkecuali. Angka kematian karena kanker tersebut tidak termasuk dengan angka jumlah penderita. Jika dibandingkan dengan negara lain, kemawasan diri masyarakat terhadap kesehatan dan penyakit satu ini memang terbilang cukup rendah. Sehingga masyarakat cukup kesulitan dengan penanganannya.

Peran Onkologi Surabaya Dalam Dunia Kesehatan

Seiring dengan champaign awareness yang giat dilaksanakan oleh berbagai pihak, satu persatu pun mulai mengenai istilah onkologi, istilah yang sangat dekat pengobatan kanker. Pencarian terkait onkologi seperti Onkologi Surabaya, onkologi Jakarta, yayasan onkologi anak Indonesia, dsb pun semakin tinggi.

Istilah onkology sendiri secara literal mempunyai arti kumpulan ilmu yang berurusan dengan tumor dan kanker. Kata onko dari onkologi pun berarti tumpukan, kumpulan, atau tumor sedangkan –logi berarti ilmu. Semua ini masih berhubungan dengan dunia kesehatan.

Apa Itu Kanker?

Tiap sel tubuh mempunyai sistem masing-masing yang berfungsi untuk mengontrol petumbuhan, reproduksi, dan kematian. Kanker menyerang ketika sel-sel tersebut mulai tumbuh tidak terkontrol. Terdapat banyak jenis kanker, namun mereka semua bermula karena tumbuhnya sel tubuh yang tidak terkontrol.

Baca Juga : 6 Fakta Kesehatan yang Ternyata Salah

Seberapa Umum Kanker?

Hingga kini, milyaran orang menderita kanker. Penyakit mematikan ini menjadi penyebab kematian kedua di Amerika Serikat. Diperkirakan 1.5 laki-laki dan 1.25 perempuan Amerika Serikat akan mempunyai kanker. Di Indonesia sendiri, jumlah kasus penanganan kanker semakin meningkat pada periode 2015/2015 menurut data BPJS. Pencarian regional dsb akan klinik penanganan kanker pun semakin tinggi terutama di kota-kota besar, contohnya seperti onkologi Surabaya.

Sejak Kapan Kanker Ada?

Bukti tertua yang ditemukan adalah tulang tumor yang telah menjadi fosil, mumi manusia di Mesir Kuno, dan naskah-naskah kuno. Penelitian menyimpulkan sugesti akan adanya kanker tulang yang disebut dengan osteosarcoma yang terlihat di mumi-mumi tersebut.

Diantara naskah-naskah tersebut terdapat deskripsi penyakit kanker yang sukses dilihat oleh Ewin Smith Papyrus. Naskah dmana deskripsi kanker tersebut berada pun adalah bagian dari buku Mesir kuno yang dengan bahasan operasi trauma.

Peran Onkolog

Profesional media yang mempunyai spesialis di bidang onkologi disebut dengan spesialis kanker atau onkolog. Onkolog sendiri mempunyai beberapa peran khusus. Mereka membantu untuk memberikan diagnosa, menentukan tahapan kanker dan menilai keagresifan kanker.

Pencarian akan onkologi di berbagai daerah, seperti onkologi Surabaya semakin meningkat. Jika Anda berniat mencari spesialis kanker yang tepat, pastikan untuk tetap mengecek sepak terjangnya secara menyeluruh.

Leave a Reply