Mudah Lapar Saat Diet? Inilah yang Harus Kamu Lakukan

Menurunkan berat badan alias diet adalah hal yang cukup sulit untuk dilakukan. Pasalnya, kamu harus menahan rasa lapar dan mengonsumsi makanan dalam jumlah tertentu saja. Tak heran kalau perut jadi mudah merasa lapar. Salah-salah kamu justru membatalkan program diet yang dijalankan karena tidak bisa mengatasi masalah tadi.

Nah, biar kamu tidak mudah lapar saat diet, coba lakukan 7 hal berikut ini.

Jangan Lewatkan Sarapan Pagi

Source: www.merdeka.com

Source: www.merdeka.com

Meskipun kamu sedang diet, sebaiknya jangan pernah melewatkan kegiatan sarapan pagimu. Hal ini akan membuat kamu tetap merasa kenyang dan memiliki energi yang cukup untuk melakukan kegiatan sehari-hari. Selain itu, jika dibandingkan dengan saat tidak sarapan, kamu akan lebih sedikit mengambil makanan untuk makan siangmu.

 

Memilih Menu Sarapan dengan Tepat

diet-sehat-makan-telur

Beberapa orang hanya minum jus sebagai pengganti sarapan. Padahal kalau diperhatikan lebih seksama, jus yang dibuat dengan tambahan gula justru akan meningkatkan gula darah, sehingga insulin akan meningkat dan membuat kamu cepat lapar. Untuk menghindari hal ini, ganti gula dengan sedikit madu, atau kamu bisa mengganti menu sarapan dengan roti gandum dan telur yang memiliki kalori rendah tapi akan membuat kamu kenyang lebih lama.

 

Perhatikan Asupan Protein

diet-protein

Beberapa orang yang diet cenderung mengurangi konsumsi karbohidrat dan menggantinya dengan protein. Memilih makanan yang kaya protein diyakini akan membuat kamu lebih tahan untuk tetap kenyang. Namun demikian, asupan protein yang terlalu berlebih justru akan disimpan tubuh menjadi lemak, lho! Jadi, perhatikan takaran protein yang ideal, yaitu sekitar 45 sampai 60 gram per hari.

 

Perbanyak Konsumsi Sayur dan Buah

sup-sehat-untuk-diet

Untuk mencukupi kebutuhan gizi dan serat dalam tubuh saat menurunkan berat badan, kamu perlu mengonsumsi sayur dan buah setiap harinya. Buat kamu yang nggak doyan sayur, coba selipkan irisan tomat saat sarapan atau muffin kukus yang dibuat dari wortel sebagai pengganti camilan. Sayur dan buah dengan serat tinggi akan membantu kamu kenyang lebih lama sehingga tidak mudah lapar saat diet.

 

Minum Air Putih

diet-sehat

Minum air putih dapat mengalihkan keinginan kamu untuk makan. Rasa haus dan lapar hampir sama, jika kamu merasa cukup dengan minum air putih itu tandanya kamu hanya merasa haus bukan lapar. Banyak orang yang masih sulit membedakan haus dan lapar, loh! Banyak minum air putih juga mencegah tubuhmu mengalami dehidrasi.

 

Perhatikan Waktu Tidur

tidur-nyenyak-bantu-diet

Buat kamu yang sedang menjalankan program diet, waktu tidur juga tak boleh luput dari perhatian. Hormon yang memengaruhi nafsu makan dan rasa lapar sangat bergantung oleh banyaknya waktu tidur kamu. Dengan demikian, kurang tidur akan mengakibatkan kamu mudah lapar.

 

Jangan Lakukan Olahraga Terlalu Berat di Pagi Hari

Image result for jogging

Berolah raga berat di pagi hari tentu rasanya akan lebih melelahkan, apalagi kalau kamu sedang mengurangi porsi makan. Salah-salah justru lebih mudah lapar dan tambah lemas. Sebaiknya, lari pagi atau hanya berjalan santai secara rutin setiap pagi untuk membuat tubuh tetap bugar selama diet.

 

Pada dasarnya diet adalah usaha untuk menjaga pola makan dengan lebih baik. Turunnya berat badan hanyalah bonus jika kamu berhasil melakukannya. Semoga informasi ini bermanfaat untuk kamu, ya!

Comments

comments

Cornellia Kwanda
cornellia.picodio@gmail.com