Mitos atau Fakta: Coklat dan Junk Food Menyebabkan Jerawat

Kamu yang sering jerawatan pasti sering menghindari makan coklat dan junk food, apalagi pas lagi jerawatan. Banyak yang mengklaim memang bahwa noda hitam dan jerawat ada kaitanya dengan makanan manis. Sehingga kamu pun terpaksa untuk menghindari banyak menu makanan, termasuk makanan kesukaanmu. Namun, apakah memang benar begitu adanya? Apakah memang makan coklat dan junk food dapat menyebabkan jerawat?

Adakah Hubungan antara Jerawat dan Makanan?

Jika kamu memang mempunyai diet makan yang sehat dan berimbang, maka kulitmu tidak akan berdampak negatif. Akan tetapi, jika apa yang kamu makan melulu adalah makanan yang mengandung lemak, makan tentuny aakan mempengaruhi kesehatan kulitmu. Terdapat makanan yang baik untuk kulit dan juga sebaliknya. Contohnya saja buah-buahan yang mengandung vitamin C dan antioksidan yang tinggi. Kandungan tersebut akan meningkatkan produksi kolagen dan kesehatan sel-sel tubuh.

Jadi Makanan Berlemak dan Coklat Memang Penyebab Noda Wajah dan Jerawat?

Jika setelah makan coklat dan makakan berlemak ada noda baru muncul, hal tersebut bukan berarti kamu harus berhenti makan dua jenis makanan tersebut.  Namun, hal tersebut bisa jadi adalah pertanda bahwa kamu harus mulai mengurangi konsumsi makanan yang mengandung gula dan lemak jenuh.

Lemak Jenuh pada Burger dapat Membuat Jerawah Lebih Parah

Lemak Jenuh pada Burger dapat Membuat Jerawah Lebih Parah

Jenis coklat sekarang ini mempunyai kandungan gula yang lebih tinggi dibanding dengan kandungan kokoa. Padahal, kokoa sebagai bahan dasar membuat coklat mempunyai banyak sekali manfaat, termasuk untuk kulit. Sama halnya dengan junk food: burger, keju, dan krim. Semuanya mengandung lemak jenuh yang tinggi. Hal tersebutlah yang menjad sumber masalah. Lemak jenuh dapat menyebabkan infeksi menjadi lebih parah. Tak hanya itu saja, lemak jenuh dapat menyebabkan sebum lebih tebal dan padat, sehingga membuat pori-pori kulit tersumbat dan memunculkan noda hitam.

Haruskah Menghilangkan Coklat dan Makanan Berlemak dari Menu Makanan untuk Dikosumsi?

Coklat dan makanan berlemak seperti burger sebetulnya bukanlah penyebab utama dari jerawat dan noda hitam. Kamu bisa memfokuskan diri dengan mengurangi menu makanan yang terlalu banyak mengandung lemak jenuh dan gula. Kurangi kandungan minyak saat mengolah daging. Pilih dark chocolate dibandingkan coklat yang reguler karena kandungan gulanya lebih rendah.

Jadi, Sebenarnya Coklat dan Junk Food Menyebabkan Jerawat Itu Hanya Mitos Semata?

Pernyataan tersebut salah dan juga benar. Manakah jawabannya yang berlaku untukmu sangat tergantung dengan kulitmu sendiri. Seorang dokter pakar kesehatan kulit pun berpendapat bahwa kasus ini tergantung dengan common sense. Seseorang yang menyadari adanya jerawat baru muncul satu hari setelah makan coklat, maka wajar jika orang tersebut berusaha untuk meminimalisir konsumsi coklat.

Coklat Olahan Mengandung Banyak Gula Sedikit Kokoa

Coklat Olahan Mengandung Banyak Gula Sedikit Kokoa

Penyebab jerawat sesungguhnya lebih kompleks dibandingan dengan konsumsi coklat manis yang berlebihan. Faktor seperti genetik, stress, hormon, dan umur bisa saja ikut andil. Untuk itu, kamu lebih baik mencari tahu apa yang mempengaruhi kondisi kulitmu, apa yang menyebabkan jerawat muncul. Coklat bisa saja menjadi penyebab jerawat dan noda hitam di wajahmu. Namun, jika tidak, maka pengaturan menu makanan yang sesuai untuk kulit bisa kamu sesuaikan perlahan-lahan untuk mencegah datangnya jerawat dan noda hitam.

Leave a Reply