Menghilangkan Flek Hitam dan Jerawat Menggunakan Masker Daun Pepaya

Tanaman buah pepaya pasti tak asing bagi kamu. Jenis tanaman ini mudah dijumpai, sering ditanam di halaman rumah. Tak hanya buahnya saja yang enak untuk dimakan sebagai buah rujak manis, ternyata daun pepaya juga memiliki fungsi dan manfaat yang terduga. Bagian daunnya pun sering dimanfaatkan sebagai lauk, diolah sedemikian rupa menjadi sayur yang nikmat. Tak hanya sebagai makanan saja, daun pepaya juga berkhasiat untuk kecantikan lho! Masker daun pepaya salah satu olahannya. 

Masker daun pepaya dapat menghilangkan flek hitam dan jerawat. Kandungan vitamin A dan C dalam daun pepaya lebih tinggi daripada buahnya sendiri. Kandungan karpain dalam daun pepaya dapat menghambat mikro organisme sehingga mampu membersihkan kulit.

Membuat Masker Daun Pepaya

Cara membuat masker daun pepaya sendiri sangatlah mudah. Selain aman digunakan karena 100% berasal dari bahan alami, daun pepaya pun sangat mudah didapatkan. Ikuti langkah-langkah berikut untuk membuat masker wajah alami tersebut.

  1. Siapkan daun pepaya segar sebanyak 3 helai
  2. Cuci daun pepaya agar debu kotoran dan getah dapat terlepas kemudian keringkan daun hingga layu
  3. Tumbuk sampai halus daun yang sudah layu kemudian tambahkan air hangat sedikit demi sedikit hingga menjadi pasta
  4. Hentikan tambahan air sampai tekstur pasta masker sudah halus dan merata
  5. Gunakan masker dengan mengoleskannya di wajah secara keseluruhan
  6. Diamkan masker selama 15 sampai 30 menit agar dapat menyerap kotoran dan mengering
  7. Cuci dan bilas wajah dengan bersih menggunakan air.

Selain bermanfaat untuk menghilangkan flek dan jerawat, daun pepaya pun mempunyai manfaat lain bagi kesehatan. Salah satunya adalah meringankan rasa nyeri saat kamu menstruasi. Dengan meminum air rebusan daun pepaya sebanyak 3x sehari, rasa nyeri saat menstruasi dapat berkurang.

Jus Daun Pepaya untuk Kesehatan Tubuh dan Kecantikan Kulit

Jus Daun Pepaya untuk Kesehatan Tubuh dan Kecantikan Kulit

Membuat Air Rebusan Daun Pepaya

Kamu dapat meminumnya dengan cara merebus atau mengolahnya menjadi jus agar dapat mendapatkan manfaatnya bagi kesehatan tubuh dan kulit kamu. Ikuti langkah berikut.

  1. Siapkan beberapa helai daun pepaya
  2. Cuci dan keringkan sedikit (tidak sampai kering seperti membuat masker)
  3. Potong daun pepaya dan taruh dalam panci yang kemudian diisi dengan 2L air
  4. Rebus daun sampai mendidih hingga air berkurang setengah
  5. Saring air daun pepaya tersebut kemudian simpan dalam tempat kedap udara
  6. Air daun pepaya tersebut dapat disimpan dalam lemari es sampai 3-4 hari. Namun, akan lebih jika dikonsumsi langsung selagi masih segar
  7. Jika air daun pepaya yang disimpan tersebut menjadi keruh, maka jangan dikonsumsi.

Daun pepaya memang memiliki rasa pahit yang khas, sehingga mungkin saja lidahmu tidak dapat mentoleransi rasa pahit tersebut. Dengan demikian, kamu dapat memilih alternatif dengan mencampurkan air rebusan tersebut untuk diolah menjadi jus bersama buah lain. Namun, perlu diingat bahwa campuran buah lain tidak perlu berlebih karena dapat mengurangi khasiat dan manfaat daun pepaya itu sendiri.

Leave a Reply