Masih Muda tapi Kok Sudah Tumbuh Uban?

Banyak pertanda fisik yang mengingatkan bahwa umur kita sudah cukup terbilang tua. Punggung sakit setelah duduk dalam waktu yang lama, asam urat, hingga tumbuhnya uban. Akan tetapi, tak jarang jika ketiga contoh tersebut mulai terlihat pada orang yang masih muda. Belum menginjak kepala tiga, tapi sudah merasakan asam urat. Punggung sakit dan asam urat memang mengindikasikan gaya hidup yang kurang sehat. Namun, bagaimanakah dengan uban? Apakah perubahan warna rambut juga pertanda bahwa gaya hidupmu tak sehat? Jawabannya bisa ya dan tidak.

Seiring dengan bertambahnya umur, produksi melanin oleh rambut pun menurun. Melaninlah zat yang membuat rambut kita berwarna natural. Sehingga saat produksinya menurun, maka rambut akan kembali ke warna “asal”, yakni putih-abu. Perubahan warna rambut pun berbeda-beda sesuai suku ras. Jika ras kaukasia mulai beruban pada pertengahan umur 30 dan ras Afrika pada pertengahan umur 40, ras Asia mulai beruban di akhir umur 30.

Penyebab Tumbuhnya Uban Saat Masih Muda

Oleh karena itu, saat kita sebagai suku ras Asia mulai beruban pada umur 20an, maka sudah terbilang uban prematur. Penyebabnya tak hanya gaya hidup saja, namun ada juga hal yang tak dapat dicegah seperti keturunan genetis.

Stress

Stress sebagai penyebab uban prematur belum sepenuhnya didukung oleh penelitian ilmiah. Namun, klaim ini bukan tidak berdasar. Pengamatan telah membuktikan bahwa orang yang cenderung stress akan beruban lebih dini dibandingkan yang tidak. Contohnya saja mantan Presiden Amerika Serikat Barrack Obama. Uban Pak Obama baru terlihat saat ia mulai menjabat sebagai presiden.

Merokok

Merokok Menjadi Penyebab Tumbuhnya Uban di Umur yang Masih Muda

Merokok Menjadi Penyebab Tumbuhnya Uban di Umur yang Masih Muda

Tak seperti stress, penyebab satu ini telah dibuktikan dengan penelitian ilmiah. Penelitian telah menunjukkan bahwa merokok membuat orang 4 kali lebih rawan terhadap uban prematur. Menurut ahli dermatologis, merokok dapat merusak kulit dan rambut. Meskipun keriput tak tampak pada kulit kepala, namun masih akan merubah warna rambut.

Kurangnya Nutrisi

Kurangnya protein, zat besi, dan vitamin B12 secara akut dapat mempercepat proses tumbuhnya uban.

Penyakit dan Masalah Kesehatan Lainnya

Jika kamu telah didiagnosa dengan penyakit kronis seperti gangguan ginjal nephrotic syndrome maka kemungkinan besar rambut akan lebih cepat beruban. Tak hanya itu, gangguan kelenjar tiroid juga dapat mempengaruhi cepatnya pertumbuhan uban.

Genetik

Penyebab cepatnya pertumbuhn uban yang tidak dapat dicegah adalah keturunan genetik. Jika orang tua atau saudara terdekat mengalami uban prematur, maka kemungkinan penyebab ubanmu adalah keturunan genetik. Meskipun tidak dapat dihindari, cepatnya uban tumbuh karena genetik tidak disertai oleh kelainan lain.

Memperlambat Tumbuhnya Uban

Meskipun terdapat faktor yang tak dapat dicegah, kamu bisa memperlambat munculnya uban dengan beberapa hal berikut.

Kurangi Stress

Pelajari cara untuk mengatasi stress. Carilah hal yang paling sesuai untuk “melampiaskan” stress kamu melalui hal yang positif. Membaca buku, hang out bersama dengan teman, dan bahkan curhat adalah beberapa dari banyak cara yang dapat kamu pilih.

Konsumsi Makanan Sehat

Pilih makanan dengan nutrisi seimbang. Jangan lupakan kandungan protein tinggi yang baik untuk rambut dan kuku. Susu, mentega, dan bayam adalah contoh makanan yang dapat kamu pilih untuk memenuhi kebutuhanmu terhadap kandungan protein.

Berhenti Merokok

Jika dibandingkan dengan penyakit jantung dan kanker, beruban sepertinya hal yang sangat sepele. Untuk menghindari semua hal tersebut, mulailah gaya hidup sehat dengan berhenti merokok sedikit demi sedikit.

Sampo Organik

Gunakan Sampo Organik agar Tidak Merusak Rambut

Gunakan Sampo Organik agar Tidak Merusak Rambut

Sampo dengan kandungan bahan kimia tinggi dapat merusak kesehatan rambut. Pilih produk dengan kandungan bahan kimia yang rendah. Lebih baik, alihkan penggunaan produk sampo kamu dengan produk organik.

Gunakan Tonik dan Minyak Rambut

Tonik dan minyak rambut dapat menjaga rambutmu agar tetap segar. Selain itu, kandungan lain didalamnya dapat memperkuat akar rambut, menghaluskan rambut, dan bahkan menghitamkan warna rambut, sesuai dengan varian yang kamu pilih. Hindari produk dengan wewangian menyengat, karena kandungan bahan kimianya yang tinggi dapat berefek pada pertumbuhan uban.

Leave a Reply