Manfaat Tea Tree Oil Tak Sekedar untuk Jerawat Aja, Lho!

Akhir-akhir ini tea tree oil ramai disebut di dunia kecantikan karena fungsinya sebagai produk perawatan kulit. Padahal, nyatanya tea tree oil yang juga dikenal dengan sebutan melaleuca ini telah digunakan ratusan tahun lalu sebagai obat. Kandungan antiseptik di dalamnya membuat tea tree oil dapat menyembuhkan luka dengan membunuh bakteri, virus, hingga jamur. Khasiatnya tersebut juga telah terdokumentasi dalam berbagai penelitian medis dalam 7 abad terakhir.

Tea tree oil, atau minyak pohon teh mempunyai berbagai manfaat. Tidak hanya dapat digunakan sebagai perawatan kulit, tea tree oil juga bisa digunakan untuk membuat produk kebersihan rumah dengan menyemprotkannya di udara untuk membunuh jamur. Untuk produk kecantikan sendiri tidak hanya sebatas untuk perawatan kulit saja, tapi juga yang lain seperti shampo dan krim kuku.

Penggunaan tea tree oil juga tidak membutuhkan jumlah yang banyak, hanya beberapa tetes saja. Untuk itu, agar tea tree oilmu tidak menganggur tersisa, gunakanlah untuk hal-hal lain juga. Jika kamu bingung, mungkin manfaat tea tree oil berikut bisa memberi gambaran yang lebih jelas.

Salah Satu Merek Tea Tree Oil yang Mudah di Dapatkan di Indonesia

Salah Satu Merek Tea Tree Oil yang Mudah di Dapatkan di Indonesia. Sumber: amazon.com

Untuk Jerawat

Salah satu penggunaan tea tree oil adalah untuk produk perawat kulit. Hal ini karena memang minyak esensi satu ini paling efektif untuk mengobati jerawat. Hasilnya sama efektif dengan benzoil peroksida, namun tanpa efek samping negatifnya seperti kulit yang memerah, kering, dan mengelupas.

Kamu bisa membuat sabun muka untuk mengobati jerawat dengan mencampurkan 5 tetes tea tree oil dengan 2 sendok madu mentah. Gosokkan campuran tersebut pada wajah dan biarkan selama 1-2 menit, kemudian bilas hingga bersih.

Untuk Rambut

Manfaat tea tree oil telah terbukti untuk kesehatan rambut dan kulit kepala. Sama halnya dengan minyak kelapa, tea tree oil juga mampu untuk mengembalikan kulit kering mengelupas, membersihkan ketombe, dan bahkan sebagai pengusir kutu rambut.

Untuk membuat shampo dengan tea tree oil, kamu bisa mencampurkan beberapa tetes dengan gel aloe vera, santan, dan minyak esensi lain seperti minyak lavender.

Untuk Psoriasis dan Dermatitis

Tea tree oil dapat membantu meringankan segala jenis peradangan kulit, termasuk dermatitis hingga psoriasis. Campurkan satu sendok teh minyak kelapa, 5 tetes tea tree oil, dan 5 tetes minyak lavender untuk membuat krim dermatitis atau sabun badan.

Dermatitis pada Kulit Bayi

Dermatitis pada Kulit Bayi. Sumber: redaccionmedia.com

Untuk Jamur Kuku dan Kurap

Karena manfaatnya yang dapat membunuh prasit dan infeksi yang disebabkan oleh jamur, tea tree oil dapat digunakan untuk mengobati jamur kuku dan kurap. Aplikasikan tea tree oil tanpa campuran apapun pada area jamur dan kurap menggunakan cotton bud. Jika jamur tak kunjung hilang, maka coba campur dengan minyak oregano. Tea tree oil juga diketahui dapat menghilangkan kutil. Aplikasikan secara langsung pada kutil selama 30 hari sekali atau dua kali tiap harinya.

Sebagai Deodoran

Tea tree oil juga dapat digunakan untuk mengusir bau badan. Kandungan antimikrobanya bisa membunuh bakteri pada kulitmu yang menyebabkan bau badan.

Kamu dapat membuat deodoran dengan mencampurkan tea tree oil dengan minyak kelapa dan baking soda. Penggunaan baking soda sebagai deodoran bisa menimbulkan iritasi bagi kamu-kamu yang alergi, sehingga pastikan kulit kamu tahan dengan baking soda sebelum menggunakan campuran tersebut sebagai deodoran.

Untuk Luka dan Infeksi

Manfaat tree tea oil juga termasuk untuk menyembuhkan luka dan infeksi. Campuran tea tree oil dengan minyak lavender dapat digunakan sebagai cairan penyembuh luka. Pastikan luka telah dibersihkan dengan air, jika perlu gunakan hidrogen peroksida. Kemudian aplikasikan tea tree oil dan tutup dengan perban untuk menyembuhkan infeksinya.

Leave a Reply