Manfaat Tak Terbatas Sabun Arang Bagi Kulit dengan Harganya yang Terjangkau

Makanan dengan bahan charcoal aktif atau arang aktif telah cukup lama menjadi tren. Namun ternyata, penggunaan arang tak sampai untuk urusan tren perut saja. Arang aktif juga digunakan dalam produk-produk kecantikan karena dapat memberikan manfaat pada kulit. Salah satu bentuk produknya adalah sabun arang. Terdengar aneh memang, arang yang hitam dan sabun sepertinya bukan kombinasi yang begitu meyakinkan. Akan tetapi percaya atau tidak, sabun arang memang ada dan dapat membawa manfaat bagi kulit

Arang sendiri sudah digunakan untuk kepentingan medis sejak ribuan tahun yang lalu. Peradaban mesir kuno bahkan menggunakannya sebagai krim untuk membersihkan luka. Masyarakat hindu menggunakan arang untuk membersihkan air. Pada abad ke-18, ahli obat dan kimia meneliti bahwa ternyata arang dapat memberikan perlindungan terhadap racun. Untuk sekarang ini sendiri, arang aktif digunakan dalam penyaringan air dan penawar racun.

Pada akhir-akhir ini, arang aktif kembali populer karena manfaatnya terhadap kulit. Arang yang telah diproses telah digunakan sebagai bahan alami dalam sabun dan pembersih di berbagai penjuru dunia. Manfaat yang bisa didapatkan bisa kamu simak langsung di daftar berikut, seperti yang Daily Wuz rangkum dari Style Craze.

Penggunaan Bubuk Arang Sebagai Pewarna Makanan Aman Bagi Kesehatan

Arang Bermanfaat bagi Kulit. Sumber: hellosehat.com

Merawat Kulit Berminyak

Kulit dengan minyak berlebih memang sangat merepotkan. Terkadang berbagai produk yang telah dicoba masih saja tidak memperngaruhi kadar minyak kulit. Sabun arang dapat meresap minyak berlebih tersebut, bersamaan dengan kotoran yang ada pada kulit. Dengan begitu, kulit kamu pun tak lagi terlihat kinclong bak pembungkus gorengan.

Memberikan Tampilan Kulit yang Lebih Sehat

Selain dapat mengontrol minyak wajah dan menarik kotoran yang mulai menumpuk dalam pori-pori, sabun arang juga sangat efektif untuk membersihkan sel-sel kulit mati. Dengan begitu, kulit pun akan tampak lebih sehat dan flawless.

Membantu Mengusir Jerawat

Sabun arang aktif juga berfungsi sebagai sabun perawatan saat kulit sedang berjerawat. Kandungan arangnya tak hanya dapat menghilangkan racun tapi juga membersihkan kotoran-kotoran yang menjadi penyebab jerawat. Jika kulit tak dijaga kebersihannya saat sedang berjerawat, maka sulit untuk menghilangkan jerawat tersebut.

Sabun Arang dapat Membantu Mengusir Jerawat dan Komedo

Sabun Arang dapat Membantu Mengusir Jerawat dan Komedo. Sumber: bamboocharcoal.co.nz

Mengecilkan Ukuran Pori-Pori Kulit

Jika kamu menghabiskan banyak waktu secara outdoor, maka debu dan polusi akan sangat kentara di kulitmu. Apalagi jika pori-pori kulit yang besar, maka bintik-bintik hitam dan kecil di kulit tak lagi dapat terhindarkan. Jika dibiarkan, lama kelamaan ukuran pori-pori pun membesar bahkan sampai tak lagi kasat mata. Sabun arang tak hanya dapat mengangkat kotoran debu dan polusi, bahkan juga dapat membantu membersihkan pori-pori yang tersumbat dan mengecilkan ukurannya.

Mengencangkan Kulit

Kulit yang tak lagi kencang menandakan bertambahnya usia. Oleh karena itu, sangatlah penting untuk mengambil langkah pencegahan sedini mungkin. Arang aktif dapat mengencangkan kulit dalam waktu yang cukup singkat.

Cocok untuk Segala Jenis Kulit

Meskipun dapat membantu mengurangi minyak pada kulit, bukan berarti sabun arang tak cocok untuk kulit kering. Kandungan arangnya dapat menutrisi dan melembabkan kulit kering. Karena fungsinya yang melindungi dari racun, maka sabun arang pun bahkan juga cocok dengan jenis kulit sensitif. Dapat dengan efektif membantu menyembuhkan alergi kulit dan kemerah-merahan pada wajah.

Harga Sabun Arang Sangatlah Terjangkau

Harga Sabun Arang Sangatlah Terjangkau. Sumber: tokopedia.com

Meskipun banyak sekali manfaat sabun arang untuk kulit, harganya ternyata tidaklah mahal. B3rbagai pilihan brand sabun arang telah tersedia dengan harga dan berat bersih yang bermacam-macam, mulai dari Rp2500 untuk 29gr sabun padat hingga Rp125.000 untuk 250ml sabun cair. Kamu tertarik mencobanya?

Leave a Reply