Manfaat Susu Almond sebagai Alternatif Nabati Susu Sapi

Susu tak hanya dari hewan saja. Jika susu sapi, kambing, dan susu hewan lainnya tak cocok buatmu, kamu bisa pindah alternatif ke susu yang berasal dari sumber nabati. Susu nabati pun tak sebatas susu kedelai saja. Terdapat juga varian lain, susu almond salah satunya. Meskipun bersumber dari kacang-kacangan, nutrisi yang terkandung juga tak kalah bermanfaat.

Memang kandungan protein dan kalsium di dalamnya tak cocok untuk menjadi pengganti susu sapi sepenuhnya. Maka dari itu, jika kamu beralih mengkonsumsi susu almond, pastikan juga mendapat asupan kalsium dan protein dari sumber lain. Satu gelas susu almond hanya mengandung 1 gram protein dibandingkan dengan 8 gram pada susu sapi. Untuk kalsiumnya sendiri susu almond mengandung 2 miligram sedangkan susu sapi mengandung 300 miligram. Kendati timpang kandungan nutrisi, susu almond masih mempunyai beberapa manfaat. Dilansir dari Lifehack, berikut adalah manfaat yang bisa kamu dapat dari susu almond.

Membantu Mengatur Berat Badan

Membantu megatur dengan kata lain, susu kacang ini cocok digunakan sebagai menu diet. Hal ini karena satu gelasnya hanya mengandung 60 kalori dibandingkan 146 kalori dalam susu sapi. Kamu bisa menggantkan susu sapi dengan susu almond.

Susu dari Sumber Nabati

Susu dari Sumber Nabati

Menjaga Kesehatan Jantung

Tak ada kandungan kolesterol maupun lemak. Selain itu, kandungan sodiumnya rendah dengan lemak baik (seperti yang biasa terkandung dalam ikan )yang tinggi sehingga dapat mencegah tekanan darah tinggi dan penyakit jantung.

Mengkuatkan Tulang

Kendati tak mengandung kalsium sebanyak yang ada dalam susu sapi, susu almond dapat memenuhi 30% kalsium yang dibutuhkan dalam satu hari dan 25% vitamin D yang direkomendasikan untuk dikonsumsi. Kandungan tersebut dapat menurunkan resiko osteoporosis dan arthritis sekaligus meningkatkan fungsi imun. Kalsium dan vitamin D juga dapat menjaga tulang dan kiki tetap sehat dan kuat.

Menjaga Kulit Tetap Sehat dan Berkilau

Terdapat kandungan 50% vitamin E yang direkomendasikan untuk satu hari. Antioksidannya penting untuk kesehatan kulit, seperti melindunginya dari bahaya sinar matahari.

Tak Berefek pada Tekanan Gula Darah

Kandungan karbohidratnya yang rendah mempunyai artian bahwa konsumsinya tak akan meningkatkan tekanan gula darahmu, mengurangi resiko diabetes. Karena rendahnya indeks glikemik, tubuhmu pun akan menggunakan kandungan karbohidrat yang ada sebagai energi daripada menyimpannya sebagai lemak.

Membantu Menguatkan Otot

Meskipun hanya mengandung 1 gram protein, terdapat berbagai macam vitamin B dalam susu kacang ini. Kedua kandungan tersebut penting untuk berperan dalam penyembuhan dan pertumbuhan otot-otot tubuh.

Susu dari Kacang Almond

Susu dari Kacang Almond

Menjaga Kesehatan Pencernaan

Satu gram fiber yang terkandung penting untuk sehatnya pencernaan.

Tak Mengandung Laktosa

Kabar baik buat kamu yang alergi laktosa! Susu nabati ini tak mengandung laktosa layaknya dalam susu sapi. Dengan begitu dapat menjadi pengganti susu sapi yang sesuai. Namun, jika susu ini tidak disarankan sebagai pengganti susu sapi terhadap balita yang alergi laktosa karena kandungan nutrisinya tak sebanyak susu sapi.

Tak Perlu Disimpan dalam Pendingin

Tidak seperti susu sapi yang akan cepat kedaluwarsa jika tak disimpan dalam lemari es, susu almond dapat disimpan dalam temperatur ruang. Dengan begitu, kamu bisa dengan tenang membawanya sebagai teman makan siang di sekolah, kampus, maupun kantor! Pergi camping? Ganti sarapan dengan susu kacang ini.

Susu Almond yang Diberi Rasa

Susu Almond yang Diberi Rasa

Mudah Dibuat

Susu almond sangat mudah dibuat sendiri di rumah. Kamu hanya perlu menggerus kacang almond dan mencampurnya dengan air menggunakan blender. Setelah itu, saring untuk memisahkan busa dan cairan. Selain itu, kamu pun bisa sesuka hati mencampurnya dengan buah-buahan sebagai perisa yang unik seperti pisang, alpukat bahkan vanila dan coklat. Akan tetapi, berhati-hatilah dalam menambahkan karena tentu kandungan nutrisinya akan berubah.

Leave a Reply