Manfaat Kesehatan Kopi Jika Tidak Diminum Berlebihan

Kopi, minuman yang berasal dari seduhan biji kopi yang telah dipanggang, salah satu minuman kebanggaan Indonesia yang selalu menemani kamu kamu bercengkrama. Terdapat dua spesies utama biji kopi, yakni Arabika dan Robusta. Bergantung asal muasal tempat dimana mereka ditanam, rasa yang dihasilkan pun berbeda-beda. Kegemaran orang Indonesia minum kopi tiap harinya menimbulkan pertanyaan apakah menyehatkan? Apa tidak berbahaya bagi kesehatan? Lantaran kopi juga sering ditemani oleh rokok saat dikonsumsi. Nyatanya, kopi juga sebenarnya bisa bermanfaat bagi kesehatan. Berikut manfaat kesehatan kopi, seperti yang dilansir oleh BBC Good Food.

Kandungan Nutrisi dalam Kopi

Terdapat dua faktor utama yang bisa dikatakan sebagai manfaat dari minum kopi. Hal yang pertama diasosiasikan oleh status antioksidannya. Antioksidan sangatlah penting untuk kesehatan karena dapat mencegah sel-sel dalam tubuh untuk terpengaruh oleh racun, bahan kimia, hingga pembengkaan. Yang kedua yakni stimulan kafein. Meskipun kafein juga riskan untuk kesehatan jika dikonsumsi dalam jumlah banyak bagi beberapa orang. Selain antioksidan dan kafein, kopi juga mengantung vitamin-vitamin B, magnesium, dan potasium.

Kopi dapat Meningkatkan Energi

Kopi dapat membantumu untuk membuatmu merasa tidak begitu capek tiap harinya dengan meningkatkan level energi. Ketika ditenggak, kopi akan diserap dalam darah dan didistribusikan ke otak dimana kopi akan merangsang saraf-saraf tertentu. Hal tersebut akan meningkatkan daya ingat kamu, mood, energi, hingga fungsi kognitif. Tentunya efek ini hanya berlaku jika jumlah konsumsi kopimu tidak berlebihan.

Latte

Latte

Selain efek yang ditingkatkan melalui otak, kafein dalam kopi juga mampu meningkatkan aktivitas olahragammu. Kafein dapat meningkatkan jumlah konsumsi oksigen dan juga menstimulasi sistem saraf saat kamu sedang berolahraga. Hal ini dapat membantu untuk mengurangi lemak tubuh dengan mengubahnya menjadi energi.

Kopi dapat Meningkatkan Metabolisme

Penelitian awal menunjukkan bahwa kafein bisa meningkatkan laju metabolisme dan membantu membakar lemak tubuh, saat tubuh beraktivitas maupun beristirahat. Peneliti kemudian berspekulasi bahwa kafein mempunyai potensi untuk dapat mengurangi obesitas. Meskipun begitu, penelitian lebih lanjut untuk memperkuat klaim tersebut.

Kopi dapat Mencegah Alzheimer

Terdapat beberapa penelitian untuk mencari jawaban dari pertanyaan apakah minum kopi dapat membantu melindungi dari Alzheimer. Hasil yang ditemukan tidak konsisten, sehingga masih diperlukan penelitian lebih lanjut sebelum menyimpulkan bahwa kopi memang dapat mencegah Alzheimer.

Kopi Hitam

Kopi Hitam

Kopi dapat Mencegah Diabetes

Terdapat beberaa bukti yang merujuk bahwa salah satu manfaat kesehatan kopi adalah dapat menurunkan resiko diabetes tipe 2, meskipun penelitian lebih lanjut masih dibutuhkan. Sebagai respon dari hal tersebut, pelayanan kesehatan nasional Inggris, National Health Service (NHS), menunjuk bahwa metode yang telah terbukti untuk mengurangi resiko diabetes tidak hanya melalui kopi saja. Namun juga dengan diiringi menjaga berat badan secara sehat, mengkonsumsi makanan yang berimbang, dan berolahraga secara teratur.

Resiko Minum Kopi

Meskipun NHS tidak memberi batasan berapa banyak kopi yang boleh dikonsumsi dalam satu hari, NHS menganjurkan wanita hamil untuk membatasi konsumsi kafein mereka menjadi 200mg per hari. Angka tersebut setara dengan 2 gelas kopi instan dan kurang dari 2 gelas kopi saring.

Bubuk Kopi

Bubuk Kopi

Kafein memang sebuah stimulan dan tidak semua orang mempunyai reaksi yang sama setelah mengkonsumsinya. Kandungan dalan kafein ini bisa menjadi zat diuretik, yang dapat membuat tubuh memproduksi urin lebih cepat. Bagi mereka yang sensitif terhadap kafein atau yang telah minum minuman berkafein dalam jumlah besar merasakan pusing, gemetar dan insomnia sebagai efek sampingnya. Manfaat kesehatan kopi bisa menguntungkan bagi beberapa orang, namun hal tersebut tentunya tidak berlaku jika efek samping yang kamu rasakan lebih kuat.

Leave a Reply