Manfaat Fisik dan Psikis Berjalan 30 Menit Sehari

Kesibukan telah membuat generasi kita kurang aktivitas fisik. Pekerjaan dibalik meja kerja mengharuskan kamu untuk terus duduk berjam-jam. Tubuh yang tidak digerakkan tentunya tidak baik untuk kesehatan. Kurangnya waktu dan rasa malas pun juga menjadi penghambat untuk berolahraga. Namun, tahukah kamu disela-sela aktivitas yang padat, olahraga masih bisa dijejalkan diantara kesibukan kamu? Dengan berjalan setidaknya 30 menit sehari, kamu bisa menjaga kesehatanmu.

Berjalan memang terlihat sepele. Akan tetapi, kenyataannya tidaklah demikian. Indonesia menduduki peringkat terbawah untuk masyarakat yang paling malas berjalan kaki. Padahal, berjalan adalah salah satu bentuk olahraga rutin yang mudah dilakukan dibanding lainnya. Kamu tidak perlu naik motor hanya untuk ke supermarket depan komplek rumah. Berjalan bisa kamu lakukan tiap saat disela-sela kesibukanmu. Selain bisa melatih otot dan membakar kalori, masih banyak lagi manfaat yang bisa kamu dapat, lho! Manfaatnya juga tak sebatas manfaat fisik, namun juga manfaat psikis.

Memperkuat Jantung

Berjalan setidaknya 30 menit sehari dapat menurunkan resiko penyakit jantung dan stroke sampai 27%.  Bentuk olahraga ini ideal dilakukan untuk mengontrol tekanan darah tinggi, memperbaiki peredaran darah, mengurangi kandungan kolesterol jahat, hingga meningkatkan kolesterol baik. Dengan meningkatkan detak jantung, berjalan yang dilakukan tiap hari akan meningkatkan kesehatanmu.

Mengurangi Resiko Penyakit Tertentu

Banyak penelitian yang telah membuktikan bahwa mereka yang setidaknya berjalan 30 menit tiap harinya mempunyai resiko penyakit lebih rendah. Penyakit yang dimaksud tak lain tak bukan adalah diabetes tipe 2, asma, dan beberapa bentuk kanker.

Menjaga Berat Badan Ideal

Menjaga Berat Badan Ideal

Menjaga Berat Badan Ideal

Setelah menempuh program diet yang menyiksa, tentunya kamu tidak ingin berat badanmu kembali naik. Menjaga berat badan yang sudah susah payah diturunkan pun bisa jadi bentuk lanjutan penyiksaan diet. Padahal, yang perlu kamu lakukan hanyalah mengadaptasi gaha hidup yang lebih sehat. Makan teratur dan seimbang yang juga disertai dengan olahraga rutin. Tak perlu olahraga berat seperti yang kamu jalani saat diet, kamu cukup berjalan 30 menit tiap harinya. Selain dapat membakar lemak, metabolisme tubuh juga bisa meningkat.

Mencegah Osteoporosis

Dengan rutinitas sehari-hari yang duduk berjam-jam, maka tidak heran jika generasi muda lebih rentan terkena osteoporosis bahkan sebelum menginjak usia tua. Berjalan rutin tiap hari dapat memperkuat tulang dan sendi.

Membentuk Paha, Pantat, dan Perut

Bentuk olahraga “sepele” ini juga ternyata dapat membentuk paha, pantat, dan perut menjadi lebih kencang. Tak lagi seperti jeli kebanyakan air, pantat kamu bisa jadi lebih kencang dan terangkat. Lemak dalam perut juga terbakar sehingga perut menjadi lebih terbentuk.

Mencegah Obesitas dan Selulit

Dengan meningkatnya metabolisme, berjalan 30 menit sehari dapat menghilangkan racun-racun dan lemak tubuh sehingga menjaga tubuh jauh dari obesitas. Selain itu, berjalan juga menjaga sirkulasi larutan dalam tubuh, sehingga mencegah terbentuknya selulit.

Meningkatkan Mood

Meningkatkan Mood

Meningkatkan Mood

Penelitian telah membuktikan bahwa berjalan adalah salah satu bentuk terapi yang efektif untuk depresi. Jika depresi saja bisa dijauhkan dengan berjalan, maka mood kamu yang tak begitu positif tentunya bisa diperbaiki dengan berjalan. Kamu bisa jadikan olahraga satu ini sebagai momen saat kamu ingin beristirahat sejenak dari aktivitas dan masalahmu. Gunakan momen tersebut tanpa memikirkan semua permasalahanmu. Nikmati pemandangan yang kamu lewati, nikmati tiap langkah yang kamu ambil. Oleh karena itu, lebih baik jika kamu melakukan aktivitas ini dalam ruang hijau, seperti taman ataupun hutan kota.

Leave a Reply