Konsumsi Daun Bawang Rutin Dapat Memberikan Manfaat Ini Bagi Tubuh

Daun bawang merupakan jenis sayuran yang berasal dari keluarga bawang dan cukup banyak digunakan dalam masakan. Dalam masakan Indonesia, daun bawang biasa ditemukan pada beberapa hidangan seperti, martabak telur, bumbu penyedap sup, atau sebagai taburan seperti pada soto dan bakso. Tahukah kamu kalau kandungan nutrisi yang ada pada daun bawang menyimpan banyak manfaat bagi tubuh?

Menjaga Kesehatan Mata

manfaat daun bawang menjaga kesehatan mata

Manfaat daun bawang yang pertama adalah untuk menjaga kesehatan mata. Perlu diketahui bahwa daun bawang memiliki kandungan vitamin A yang baik untuk tubuh. Dalam satu batang daun bawang tedapat 2.6% asupan vitamin A. Tentunya dengan rutin mengonsumsi daun bawang kamu bisa mencegah masalah pada penglihatan.

Mengatasi Susah BAB

leek on soup

Sama seperti sayuran hijau, daun bawang juga tinggi serat. Jadi, buat kamu yang gemar mengonsumsi daun bawang tentu akan terhindar dari susah buang air besar. Kondisi pencernaan dalam tubuh pun akan lebih baik, bukan?

Mencegah Anemia

manfaat daun bawang untuk tubuh

Manfaat daun bawang selanjutnya adalah untuk mencegah anemia. Daun bawang menyimpan zat besi yang cukup tinggi. Tak heran kalau pembentukkan sel darah merah dalam tubuh bekerja lebih maksimal.

Menjaga Kadar Gula Darah

daun bawang

Untuk menjaga kadar gula darah kamu dapat memanfaatkan daun bawang. Kandungan phyto-kimia pada daun bawang sangat baik untuk menjaga kadar gula darah. Selain itu, antioksidan yang terkandung dalam daun bawang juga baik untuk menjaga kekebalan tubuh sehingga terbebas dari berbagai penyakit yang berbahaya.

Baik Untuk Janin dan Anak-Anak

manfaat daun bawang untuk kesehatan

Tak hanya orang dewasa saja yang bisa memperoleh banyak manfaat daun bawang untuk tubuh. Janin dalam kandungan hingga anak-anak pun tentu perlu secara rutin mengonsumsi daun bawang. Daun bawang sangat tinggi kandungan asam folat yang baik untuk kesehatan ibu hamil. Asam folat ini baik untuk perkembangan janin dalam kandungan.

Fakta mengejutkan lainnya, daun bawang kaya akan kandungan kalsium yang baik untuk kesehatan tulang. Ditambah lagi, untuk mencegah cacingan, konsumsi daun bawang saja secara rutin.

Ternyata ada banyak, ya, manfaat daun bawang untuk tubuh kita? Mulai sekarang jangan ragu untuk rutin mengonsumsi daun bawang pada masakan.

Comments

comments

Cornellia Kwanda
cornellia.picodio@gmail.com