Makanan Tersehat di Muka Bumi yang Bisa Didapatkan dengan Mudah di Indonesia

Beberapa makanan memang memiliki kandungan nutrisi yang lebih banyak dibandingkan yang lain. Makanan tersebut ternyata sangat mudah dtemukan. Selalu berada di sekeliling kita sehari-hari. Disaring dari Bembu, berikut daftar makanan tersehat di muka bumi yang dapat dengan mudah ditemui di negara kita, Indonesia. Supermarket atau pasar tradisional, makanan berikut pasti mudah untuk kamu dapatkan.

Bayam

Bayam

Bayam. Sumber: pertanianku.com

Sayur favorit Popeye ini merupakan makanan penuh nutrisi yang dapat kamu konsumsi. Mudah ditemukan, harga bayam juga tidak mahal. Kamu dapat membelinya saat masih segar atau yang sudah disimpan dengan cara dibekukan. Dengan modernnya teknologi sekarang, terdapat pula bayam kaleng. Namun sepertinya bayam kaleng tidak diperlukan, pasar kompleks rumah pasti ada bayam segar!

Sayur hijau ini dapat memberikan energi melimpah untuk tubuhmu. Selain itu, konsumsi bayam juga dapat mengisi perut tanpa harus menambahkan kalori. Tak hanya itu saja, kandungan phytonutrients bekerja sebagai antioksidan sehingga kamu pun bebas bahaya radikal bebas. Bayam dapat membantumu untuk memberikan nutrisi pada sel tubuh, meningkatkan energi, dan membantu proses penurunan berat badan. Dengan kata lan, bayam sangat cocok sebagai menu diet.

Salmon

Salmon

Salmon. Sumber: epicurious.com

Apa sih yang membuat ikan satu ini beda dari ikan-ikan yang lain? Jawabannya adalah kandungan omega-3. Selain itu, tekstur yang lembut dan rasa tidak begitu amis menjadikan salmon ikan favorit bagi banyak orang. Untuk mendapatkan manfaat dari ikan salmon secara penuh, kamu lebih baik memilih salmon liar Alaska. Hindari pula mengolah daging salmon terlalu masak seperti menjadikannya smoked salmon karena kandungan nutrisinya menjadi lebih sedikit dari daging salmon yang baru ditangkap dan dimasak seadanya.

Bagi kamu yang sedang menjalani training kekuatan tubuh, salmon dapat membantu menguatkan otot dengan kandungan protein di dalamnya. Omega-3 sangatlah penting karena kandungan satu ini dapat membantu menguatkan jantung dan peredaran darah. Selain itu, kamu juga bisa merasakan manfaat lain seperti meningkatnya daya ingat dan mengurangi resiko penyakit seperti Alzheimers. Salmon juga membantu untuk membuat kulit dan rambutmu tampil dan tampak sehat.

Alpukat

Alpukat

Alpukat. Sumber: pertanianku.com

Dibanding dengan buah alpukat di luar negeri, harganya di Indonesia termasuk jauh lebih murah. Cara penyimpanan buah yang menjadi jus favorit masyarakat Indonesia ini juga cenderung lebih sulit. Karena jika tidak segera dikonsumsi setelah buahnya matang, daging alpukat dapat berubah warna menjadi coklat secara cepat. Meskipun sehat, mengkonsumsinya setiap hari tidak diperlukan. Kamu bisa menambahkan alpukat di menu makanmu satu atau dua kali dalam satu minggu.

Manfaat dari alpukat yang paling dikenal adalah kandungan lemak tak jenuh tunggal yang juga disebut dengan stilah monounsaturated fat. Jenis lemak ini dapat membantumu untuk menurunkan kadar lemak dalam tubuh. Selain itu, alpukat juga lebih mengenyangkan dlam waktu yang lama. Kandungan karotenoidnya bermanfaat untuk kesehatan mata. Tak sampai disitu saja, alpukat juga dapat membantu menstabilkan kandungan gula darah.

Tomat

Tomat

Tomat. Sumber: bembu.com

Buah yang dianggap sebagai sayur mayur ini sudah dikenal sebagai sumber banyak nutrisi untuk tubuh. Semakin banyak penelitian, semakin tinggi pula ranking tomat sebagai makanan tersehat bernutrisi.

Selain memberikan vitamin untuk mata, tomat juga bermanfaat untuk mencegah kanker dan penyakit jantung jika dikonsumsi secara rutin. Kandungan lycopenenya dipercaya untuk mencegah kanker. Vitamin an mineralnya pun dapat membantu lancarnya peredaran darah.

Blewah

Blewah

Blewah. Sumber: khabarindiatv.com

Siapa sangka buah yang identik dengan bulan ramadhan ini termasuk makanan tersehat di bumi. Selain mudah ditemukan di pasar tradisional, harga blewah juga termasuk sangat murah, mengingat kesegaran rasa dan fungsinya yang dapat diolah menjadi berbagai macam makanan.

Blewah mengandung vitamin A dan C yang sangat tinggi, diatas 60% per 100gr. Kedua vitamin ini berfungsi debagai anti-oksidan, yang dibutuhkan oleh tubuh dari berbagai polusi. Selain itu, blewah dapat memberimu energi natural. Bukankah lebih baik mengkonsumsi blewah untuk kandungan energi tersebut daripada memilih minuman energi dan kafein dari kopi?

Leave a Reply