makanan sehat untuk penderita darah tinggi

Makanan Sehat untuk Penderita Darah Tinggi

Tekanan darah tinggi atau biasa disebut Hipertensi merupakan salah satu penyakit yang menyebabkan kinerja jantung bekerja lebih cepat. Tak hanya itu saja, penderita tekanan darah tinggi memiliki kemungkinan terserang beberapa penyakit lain seperti peningkatan kolestrol, stroke, jantung atau bahkan dapat membuat penderitanya sulit bernafas.

Bagi Anda yang sudah terlanjur memiliki tekanan darah tinggi, mulailah menjaga pola makan yang sehat dengan mengkonsumsi makanan yang dapat mengurangi tekanan darah tinggi. Berikut adalah beberapa makanan sehat untuk penderita tekanan darah tinggi:

Pisang

makanan-sehat-untuk-penderita-darah-tinggi-1

Makanan sehat penurun tekanan darah tinggi yang pertama adalah buah pisang. Kandungan kalium pada buah pisang berfungsi untuk membantu dan mengontrol tekanan darah tinggi. Selain itu, kandungan mineral buah pisang juga dapat menjadi penyeimbang serta meningkatkan fungsi ginjal. Berdasarkan hasil penelitian, mengkonsumsi buah pisang setiap hari dapat membantu untuk menurunkan tekanan darah pada tubuh.

 

Putih Telur

makanan-sehat-untuk-penderita-darah-tinggi-2

Tak hanya kaya akan protein, ternyata putih telur juga mengandung peptide yang dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Bagi Anda penderita tekanan darah tinggi, mengkonsumsi putih telur setiap hari merupakan salah satu cara untuk mengurangi atau bahkan menyembuhkan penyakit yang Anda alami.

 

Mentimun

makanan-sehat-untuk-penderita-darah-tinggi-3

Mentimun merupakan salah satu makanan yang telah terbukti baik untuk kesehatan, khususnya bagi penderita tekanan darah tinggi. Kandungan sodium yang dimiliki mentimun sangat rendah sehingga cocok untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Cara mengkonsumsinya pun cukup mudah. Anda dapat mengkonsumsinya secara langsung atau dengan cara diparut lalu menyaringnya hingga mendapatkan air mentimun. Konsumsi air mentimun tersebut 2 kali sehari untuk dapat menurunkan tekanan darah tinggi.

 

Semangka

makanan-sehat-untuk-penderita-darah-tinggi-4

Buah sehat yang satu ini sangat nikmat dikonsumsi saat musim panas. Rasanya yang manis dan segar membuat banyak orang menyukainya. Semangka, selain sebagai makanan yang biasa dihidangkan untuk pencuci mulut, juga baik bagi penderita tekanan darah tinggi. Kandungan L-citrullinenya dapat mengontrol tekanan darah dan mengatur aliran darah pada tubuh. Konsumsilah buah semangka secara rutin untuk membantu proses penyembuhan penyakit yang anda alami.

 

Tomat

makanan sehat untuk penderita darah tinggi

Kandungan lycopene pada tomat dapat menurunkan tekanan darah tinggi secara alami. Berdasarkan hasil penelitian di Australia, ditemukan bahwa mengkonsumsi buah tomat setidaknya dengan kandungan 25 mg lycopene setiap hari dapat menurunkan kadar LDL atau kolesterol ‘buruk’ dalam tubuh kita hingga 10%.

 

Mengkudu

makanan-sehat-untuk-penderita-darah-tinggi-6

Mengkudu merupakan salah satu buah yang banyak digunakan sebagai bahan dasar obat tradisional. Buah yang satu ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, salah satunya bagi penderita tekanan darah tinggi. Mengkonsumsi mengkudu dapat membantu melancarkan peredaran darah dan mengeluarkan racun dari tubuh. Cara mengkonsumsinya pun tidak terlalu sulit. Anda bisa mengkonsumsinya secara langsung maupun menghaluskan dan menyaringnya hingga memperoleh air mengkudu. Minumlah air mengkudu ini setiap hari agar tekanan darah tinggi anda dapat berkurang.

Cobalah mengkonsumsi salah satu dari buah di atas secara rutin dan hindari makanan yang berpotensi meningkatkan tekanan darah Anda seperti lemak jenuh, bersodium tinggi, dan berminyak.

Comments

comments

Cornellia Kwanda
cornellia.picodio@gmail.com