Langsung Pakai Baju Baru Tanpa Dicuci Bisa Membahayakan Kulit

Sesaat setelah membeli baju baru kamu pasti tak sabar memakainya. Tanpa dicuci dulu karena baju baru tentunya sudah terlihat rapi dan juga tercium wangi. Nyatanya, memakai baju baru langsung tanpa mencucinya sangat tak baik bagi kesehatan kulit. Jika kamu mempunyai kebiasaan ini, lebih baik tinggalkan sekarang juga!

Resiko Bakteri

Baju baru lebih baik dicuci dulu karena baju yang telah ada ditanganmu juga pernah ada ditangan banyak orang lain. Kemungkinan baju tersebut telah dicoba oleh banyak orang, dibawa ke ruang ganti untuk mencoba mana yang paling cocok dan pas. Dengan demikian, kuman, bakteri, dan saudara-saudaranya pun menumpuk dalam baju barumu itu.

Resiko terkena bakteri melalui baju yang hanya dipakai selama mencoba di kamar ganti memang sangat sangat sedikit. Bakteri membutuhkan waktu yang lebih lama untuk dapat “menjamur” dalam baju tersebut. Sehingga, resiko kamu terkena bakteri dari baju “sisa” orang-orang yang pernah mencobanya tidaklah tinggi.

Cuci Baju Baru untuk Menghilangkan Bakteri dan Bahan Kimia

Cuci Baju Baru untuk Menghilangkan Bakteri dan Bahan Kimia

Kandungan Bahan Kimia

Alasan tersebut tentunya terdengar masih terlalu sepele ditelinga untuk membujukmu agar mencuci baju baru sebelum dipakai. Sama halnya ketika kamu makan tanpa cuci tangan padahal telah beraktivitas seharian penuh dan baru saja pulang ke rumah. Tak hanya kuman saja! Baju baru juga mempunyai kandungan bahan kimia yang dapat menyebabkan gangguang serius jika menempel pada kulitmu. Bahan-bahan kimia yang digunakan untuk memberi warna dan merekatkan potongan dan jahitan baju dapat menyebabkan iritasi pada kulit.

Saat baju didistribusikan, baju tersebut diberi bahan kimia berupa pengawet agar jamur tidak akan tumbuh meskipun kondisi baju yang nantinya lembab. Dengan begitu, baju akan tetap dalam kondisi yang baik selama masa distribusi. Contohnya saja bahan kimia formadehyde resin yang digunakan pada baju untuk mencegah tumbuhnya jamur dan membuat baju tidak mudah kusut. Resin tersebut dapat mengiritasi kulit, menyebabkan kulit gatal menjadi kemerahan. Meskipun sudah terpapar peraturan mengenai penggunaan resin tersebut dalam baju, penelitian terakhir menunjukkan masih banyak baju yang mengandung bahan kimia tersebut.

Kontak dengan formeldahyde resin dapat menyebabkan dermatitis.

Kondisi Awal Dermatitis

Kondisi Awal Dermatitis

Seorang pembaca Daily Mail juga mengaku bahwa pernah langsung memakai baju yang baru saja ia beli dari The Gap. Lehernya pun gatal-gatal. Namun, saat telah dicuci, bajunya tersebut sudah nyaman digunakan.

Masih malas cuci baju baru?

 

 

Leave a Reply