Ketahui Penyebab Bau Mulut, Jangan Sampai Kamu Ikut Menyumbang Pencemaran Udara!

Apa sih yang lebih awkward dibandingkan ketika kamu asik ngobrol eh tapi lawan bicaramu terlihat sedikit menjauh sambil pura-pura menutup hidung? Mereka akhirnya mencoba untuk mengakhiri obrolan karena merasa tidak nyaman. Kenapa? Ternyata penyebabnya adalah mulutmu yang baunya luar biasa! Malu ga sih? Jangan sampai kamu punya bau mulut ketika di saat-saat penting saat sedang wawancara kerja atau meeting dengan klien kerja. Penyebab bau mulut juga ternyata tidak sekedar jarang sikat gigi aja, lho. Yuk, langsung simak artikel berikut yang dilansir dari American Dental Association untuk mengetahui penyebab bau mulut. Siapa tau salah satunya terjadi sama kamu tapi kamu tak sadar. Wah, mulutnya bau tapi ga sadar kan bahaya. Pencemaran udara bagi yang lain!

Bakteri

Rajin Sikat Gigi untuk Mengusir Bakteri Penyebab Bau Mulut

Rajin Sikat Gigi untuk Mengusir Bakteri Penyebab Bau Mulut

Bau mulut bisa disebabkan karena ribuan jenis bakteri penyebab bau yang hidup secara alami di mulut. Mulutmu juga dapat membiarkan bakteri-bakteri tersebut tumbuh. Ketika makan, bakteri pun hidup dengan memakan sisa-sisa makanan yang ada di mulut sehingga menyebabkan bau tak sedap.

Mulut Kering

Merasa kepanasan? Mulutmu mungkin tak banyak memproduksi air liur karena dehidrasi. Air liur penting adanya karena berfungsi untuk “mencuci” mulutmu. Jika tidak ada air liur yang cukup, mulut pun tidak akan “dicuci” seperti biasanya. Mulut kering juga bisa disebabkan oleh konsumsi obat-obatan tertentu, masalah kelenjar liur, atau karena bernafas melalui mulut.

Penyakit Gusi

Bau mulut yang tak kunjung pergi atau juga rasa aneh dan tidak enak yang bisa kamu rasakan dalam mulut bisa saja pertanda dari penyakit gusi. Gangguan pada gusi disebabkan oleh bakteri penyebab gigi berlubang yang disebut dengan plak.

Makanan

Kebab yang Terdiri dari Bawang, Keju, dan Daging dapat menjadi Penyebab Bau Mulut

Kebab yang Terdiri dari Bawang, Keju, dan Daging dapat menjadi Penyebab Bau Mulut

Bawang, kopi, keju. 3 makanan tersebut hanyalah contoh yang membuat mulutmu bau. Daftar makanan yang dapat menyebabkan bau mulut masih terus berlanjut panjang.

Merokok

Merokok dapat meninggalkan noda pada gigi yang kemudian turut disertai dengan bau mulut. Tembakau mengurangi kemampuanmu untuk benar-benar merasakan makanan dan mengiritasi jaringan gusi. Konsumen tembakau lebih cenderung retan akan penyakit gusi. Karena merokok sendiri dapat menurunkan kemampuan dalam mengidentifikasi bau, maka tak jarang perokok pun tak sadar betapa baunya mulut mereka.

Kondisi Kesehatan

Benang yag Digunakan untuk Flossing

Benang yang Digunakan untuk Flossing

Infeksi mulut dapat menyebabkan bau mulut. Namun, jika dokter gigimu telah mengidentifikasi penyebab lain dan kamu juga telah rajin gosok gigi dan juga flossing, bau mulutmu bisa saja efek samping dari masalah lain. Contohnya diabetes, penyakit hati dan lambung, radang tenggorokan, dan maag. Jika hal ini menjadi penyebab bau mulutmu, segera kunjungi dokter terdekat.

Mencegah Bau Mulut

Ingin mulutmu bebas bau? Pastikan kamu rutin melakukan hal-hal berikut.

Sikat Gigi dan Flossing

Sikatlah gigimu dua kali sehari dan bersihkan sela-sela gigi tiap hari menggunakan dental floss untuk mengusir bakteri penyebab bau dalam mulut.

Bersihkan Lidah
Alat Pembersih Lidah

Alat Pembersih Lidah

Tak hanya gigi saja yang harus rajin dibersihkan. Jika kamu memperhatikan lidahmu diujung tenggorokan, maka kamu akan bisa melihat lapisan berwarna putih atau coklat. Disitulah dimana bakteri penyebab bau mulut dapat ditemukan. Gunakan sikat gigi atau pembersih lidah untuk membersihkannya.

Mouthwash

Cairan yang biasanya dipakai untuk berkumur, mouthwash dapat membantu membunuh atau menetralkan bakteri dan menutupi bau dalam mulut sementara waktu. Mouthwash hanyalah solusi sementara. Semakin lama kamu tak sikat gigi dan flossing, semakin luar biasa pula mulutmu dalam berkontribusi untuk pencemaran udara.

Bersihkan Gigi Palsu

Jika kamu mengggunakan gigi palsu yang dapat dilepas-pasang, jangan lupa untuk membersihknnya secara menyeluruh di malam hari sehingga pada pagi harinya sudah siap untuk digunakan lagi.

Pastikan Air Liur Lancar

Jangan samapi mulutmu kering, kurang akan air liur. Cobalah untuk mengkonsumsi makanan sehat yang tak memerlukan banyak kunyahan seperti wortel dan apel. Kamu pun juga dapat memilih untuk mengunyah permen atau permen karet tanpa gula.

Berhenti Merokok
Berhenti Merokok Baik untuk Kesehatan

Berhenti Merokok Baik untuk Kesehatan

Tak hanya bermanfaat dalam mengusir bau mulut, berhenti merokok juga akan meningkatkan kualitas kesehatanmu. Bebas dari resiko penyakit yang disebabkan karena merokok.

Leave a Reply