Kebanyakan Tidur Justru Meningkatkan 4 Risiko Ini Bagi Tubuh

Waktu istirahat yang cukup memang sangat disarankan oleh para pakar kesehatan, namun ternyata kebanyakan tidur justru tidak baik untuk tubuhmu. Pasalnya, menurut sebuah penelitian dari Harvard University, orang yang tidur lebih dari 10 jam per hari umumnya memiliki profil kesehatan yang lebih buruk jika dibandingkan dengan mereka yang tidur 7 sampai 8 jam per hari. Penasaran seperti apa penjelasan lebih lengkapnya? Simak ulasannya berikut ini.

Berkurangnya Daya Konsentrasi

Source: www.combiphar.com

Source: www.combiphar.com

Menurut penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of American Geriatrics Society, tidur panjang yang kronis bisa membuat otak menjadi lebih dua tahun dari usia sebenarnya. Tak heran jika kamu kebanyakan tidur, maka daya konsentrasi pun akan berkurang secara otomatis.

Berat Badan Lebih Mudah Naik

Source: www.dietcepatalami.com

Source: www.dietcepatalami.com

Banyak studi yang menunjukkan bahwa orang yang tidak memiliki cukup waktu untuk tidur cenderung mengalami kelebihan berat badan atau obesitas. Faktanya, risiko ini tidak hanya terkait dengan kurang tidur. Kelebihan tidur juga bisa memicu risiko serupa.

Kalau kamu terlalu lama tidur, maka kamu menjadi lebih sedikit bergerak dan berakibat pada kerja metabolisme tubuh yang juga jadi lebih lambat, sehingga berat badan lebih mudah meningkat.

Meningkatkan Risiko Diabetes

Kebanyakan tidur dapat meningkatkan kadar gula darah dalam tubuh. Padahal, kadar gula darah yang tinggi dapat meningkatkan risiko diabetes tipe-2. Para pakar kesehatan di Amerika menduga, risiko ini terkait dengan risiko kenaikan berat badan seperti dijelaskan sebelumnya.

Obesitas atau kelebihan berat badan, seperti yang telah kamu pahami, dapat meningkatkan risiko berbagai penyakit seperti stroke, penyakit jantung, tekanan darah tinggi dan diabetes.

Mudah Terserang Penyakit Jantung

Source: www.hellosehat.com

Source: www.hellosehat.com

Tidur lebih dari 8 jam dalam sehari, sama buruknya dengan kurang tidur. Apabila dilakukan secara terus-menerus dapat meningkatkan peluang umur menjadi lebih pendek sebesar 34%. Selain itu, penelitian dari Norwegian University of Science and Technology menemukan bahwa perempuan lebih rentan terhadap risiko ini dibanding laki-laki, karena perempuan memiliki waktu tidur cenderung lebih lama daripada laki-laki.

Sayangi tubuhmu mulai sekarang dengan memperhatikan waktu tidur yang baik, yaitu 7-8 jam per hari. Dengan begitu maka 4 risiko masalah kesehatan tadi bisa dihindari. Semoga informasi ini menginspirasi kamu untuk terus menjaga kesehatan, ya!

Comments

comments

Allen
kallendro@gmail.com