Jijik dengan Gambar Ini? Mungkin Kamu Punya Trypophobia

Definisi dari phobia sendiri memang rasa takut irasional terhadap sesuatu. Jadi tidak heran jika banyak jenis phobia yang bagi orang lain terlihat aneh bahkan menggelikan, seperti phobia terhadap balon atau yang disebut sebagai globophobia. Tapi kali ini Daily Wuz tidak akan membahas globophobia. Daily Wuz akan membicarakan phobia terhadap “corak lubang” yang disebut sebagai trypophobia.

Jijik terhadap Corak Lubang

Meskipun tidak diakui secara resmi sebagai salah satu mental disorder, banyak orang yang mengaku enggan dan jijik saat melihat ‘corak lubang’. Trypophobia adalah rasa takut irasional terhadap susunan lubang dalam jumah banyak dan pola janggal. Contoh ‘corak lubang’ ini sendiri adalah sarang lebah dan bunga teratai yang akan mekar. Akan tetapi, trypophobia sebenarnya tidak hanya memunculkan rasa takut saja, namun juga rasa jijik yang akut. Bahkan penelitian telah membuktikan bahwa phobia satu ini lebih diasosiasikan dengan rasa jijik dibandingkan dengan rasa takut. Kombinasi dari takut dan jijik membuat orang dengan trypophobia akan menghindari paparan visual ‘corak lubang’ ini.

Kendati rasa takut yang tidak rasional, trypophobia ternyata mempunyai latar belakang yang hampir sama dengan fobia terhadap hewan-hewan berbahaya seperti ular dan laba-laba.

Jijik terhadap Sarang Lebah Salah Satu Pertanda Trypophobia

Jijik terhadap Sarang Lebah Salah Satu Pertanda Trypophobia. Sumber: publicnewsservice.org

Manusia sendiri adalah makhluk visual, dapat mendeteksi bahaya dengan menginterpretasi paparan visual yang mereka lihat. Misalnya saja corak kulit ular yang terlihat dalam semak-semak. Corak tersebut akan diasosiasikan dan diinterpretasikan oleh otak kita sebagai bahaya sehingga kita dapat menghindarinya dengan cepat. Jika corak kulit ular berhubungan dengan hewan ular yang memang dapat membahayakan kita, bagaimana dengan corak lubang itu sendiri? Tentunya corak tersebut tidak seperti corak kulit ular yang mempunyai wujud hewan berbahaya.

Reaksi yang Ditimbulkan oleh Visual Corak Lubang

Peneliti kemudian membandingkan reaksi manusia saat di paparkan dengan gambar corak lubang dengan hewan berbahaya. Ternyata, tidak seperti paparan gambar hewan berbahaya, gambar corak lubang menghasilkan reaksi pengecilan pupil mata yang lebih kentara, reaksi yang diasosiasikan dengan rasa jijik dan sistem saraf parasimpatik.

Reaksi tersebut memberikan sinyal kepada tubuh untuk lebih awas dan berhati-hati, seakan-akan membatasi paparan dari sesuatu yang membahayakan. Padahal, hasil penelitian tersebut sendiri dilakukan terhadap beberapa mahasiswa yang mengaku tidak mempunyai trypophobia.

Episode Serial TV American Horror Stories yang Menggunakan Tema Trypophobia

Episode Serial TV American Horror Story yang Menggunakan Tema Trypophobia. Sumber: youtube.com

Corak lubang sendiri memang telah lama menjadi indikasi dari penyakit atau kontaminasi. Tanda dari makanan yang telah basi dan busuk, atau kulit yang telah terinfeksi. Dengan begitu, rasa jijik dan takut yang timbul dari paparan visual corak lubang dapat dikatakan sebagai cara alami yang telah ‘mendarah daging’ dalam diri manusia untuk awas terhadap bahaya yang dapat muncul dari corak lubang itu sendiri.

Meskipun begitu, tak semua orang mempunyai tingkatan rasa jijik yang sama sehingga lahirlah istilah trypophobia untuk menyebut seseorang dengan tingkatan rasa jijik dan takut yang akut.

Apakah kamu jijik dengan gambar corak lubang seperti yang tercantum di halaman ini? Jika jawabannya ya, mungkin kamu mempunyai trypophobia.

Leave a Reply