Inilah Bahaya Menggunakan Botol Minum Kemasan Berulang Kali

Botol minum kemasan dapat dengan mudah kamu jumpai dimana saja. Mulai dari air mineral, jus, hingga penambah ion tubuh dikemas praktis menggunakan botol. Sayangnya, masyarakat kurang peka terhadap penggunaan botol tersebut. Meskipun sudah terdapat gambar segitiga pada bagian bawah yang di tengahnya terdapat kode yang merupakan spesifikasi penggunaan botol.

Pada umumnya, botol minuman kemasan memiliki kode PET yang merupakan singkatan dari Polyethylene Terephthalate. Botol yang memiliki kode PET merupakan botol minuman yang hanya direkomendasikan untuk satu kali pakai. Artinya, setelah kamu membeli dan kemudian menghabiskan isi minuman dalam botol, maka kamu tidak boleh menggunakannya lagi.

Inilah bahaya menggunakan botol minum kemasan berulang kali yang harus kamu ketahui!

Menurunkan Daya Tahan Tubuh

Botol minuman kemasan dengan kode PET ini bisa mengeluarkan zat berbahaya yang bernama Bisphenol A (BPA). Penelitian yang dilakukan oleh Departemen Obstetri dan Ginekologi menunjukkan jika BPA dapat meresap ke dalam makanan atau minuman dengan kode PET tersebut, bila digunakan berkali-kali. Bahaya yang ditimbulkan adalah menurunnya daya tubuh seseorang sehingga lebih mudah terserang penyakit yang tentu akan mengganggu perkembangan setiap individu.

Menyebabkan Kelainan Kromosom

Bagi seorang ibu hamil, menggunakan botol minum kemasan secara berulang-ulang juga menimbulkan dampak negatif bagi janinnya. Zat berbahaya yang terkandung dalam kemasan botol bertuliskan PET bertindak sebagai faux-estrogen yang dapat menyebabkan kelainan kromosom, sehingga bayi terlahir cacat atau terlahir prematur. Hal ini akan semakin parah jika botol tersebut digunakan untuk menyimpan air panas atau hangat.

Memicu Pertumbuhan Sel Kanker

Selain BPA, botol minum kemasan juga mengandung senyawa Phthalates yang digunakan agar plastik menjadi lebih lentur. Penggunaan botol secara berulang-ulang akan menyebabkan minuman yang kamu konsumsi terkontaminasi senyawa tersebut dan memicu pertumbuhan sel kanker di dalam tubuhmu.

Nah, sudah tahu bahaya penggunaan botol minum kemasan secara berulang kali, bukan? Mulai sekarang cobalah untuk menggunakan botol minum yang lebih aman, seperti botol minum Thermos. Bagikan informasi ini untuk teman-teman kamu lainnya juga ya!

Comments

comments

Sonia Anggraini
sonia@picodio.com