Ingin Mencukur Bulu Kaki Karena Alasan Kecantikan? Ketahui Dulu Efek Sampingnya

Perawatan kecantikan banyak rupanya, mulai dari maskeran hingga mencukur bulu kaki. Mencukur biasanya identik dengan laki-laki, menjaga penampilan agar selalu rapi dengan memangkas bulu tubuh yang tumbuh di wajah, alias kumis dan jenggot. Akan tetapi, mencukur juga dipraktikkan oleh kaum hawa. Tak seperti asosiasinya dengan kaum adam, praktik mencukur oleh kaum hawa dilakukan untuk memenuhi standar kecantikan.

Terdapat anggapan atau stereotip dalam masyarakat jika perempuan yang cantik adalah perempuan yang tidak berbulu. Padahal, bulu-bulu disepanjang tubuh kita mempunyai andil besar dalam menjaga kesehatan kita sendiri. Diantaranya yaitu melindungi dari kuman dan bakteri. Selain menghilangkan proteksi tubuh terhadap kuman dan bakteri, mencukur bulu kaki juga membutuhkan perawatan ekstra! Apalagi terdapat efek samping lain yang dapat muncul setelah mencukur bulu kaki (yang juga berlaku bagi bulu di bagian tubuh lain). Berikut diantaranya.

Kulit Berwarna Hijau

Hijau memang terlihat indah di halaman belakang rumah. Namun warna ini akan memuatmu seperti orang sakit. Jika kamu mencukur secara rutin, kulitmu akan terlihat lebih hijau. Efek samping ini dialami oleh kamu yang mempunyai warna kulit terang. Semakin terang skin tone kamu, warna hijau akan semakin terlihat.

Bulu Tak Seluruhnya Tercukur

Mencukur dengan cara tradisional, yakni menggunakan pisau cukur akan menyisakan bulu yang tidak tercukur. Disaat kamu mencukur karena ingin kaki bebas bulu dan halus dalam sentuhan, kaki kamu akan terasa seperti rumput yang baru dipotong karena sisa bulu tersebut. Memang terdapat cara lain untuk mengantisipasi efek ini, yaitu dengan cara waxing. Selain mahal, waxing juga sangat menyakitkan karena bulu kakimu akan ditarik secara paksa dengan plester.

Mempercepat Pertumbuhan Bulu

Baik waxing maupun mencukur dengan pisau cukur, menghilangkan bulu kaki akan mempercepat tumbuhnya bulu baru. Selain cepat, bulu yag tumbuh juga akan semakin lebat.

Mencukur Bulu Kaki dengan Pisau Cukur akan Menyisakan Bulu Kaki

Mencukur dengan Pisau Cukur akan Menyisakan Bulu Kaki

Kulit Menjadi Kasar

Seletah mencukur, kulit akan menjadi lebih kasar. Oleh karena itu, kamu perlu untuk melakukan perawatan ekstra dengan menggunakan krim khusus. Kulit akan lebih kasar dan kering saat cuaca sedang dingin.

Bulu Menjadi Kaku

Mencukur secara rutin akan membuat bulu yang tumbuh menjadi lebih kaku seperti jenggot laki-laki.

Efek samping tersebut memang akan bervariasi pada tiap individu, terutama bagi kamu yang dengan di puncak masa puber. Meskipun efek samping diatas masih menjadi perdebatan diantara para ahli, mencukur bulu kaki masih belum dibuktikan dapat membawa manfaat bagi kesehatan.

Atlit balap sepeda dan renang memang mencukur bulu kaki untuk meningkatkan kecepatan dalam berkompetisi. Sehingga tentunya mereka mempunyai dokter yang memonitor kesehatan dan performa mereka. Oleh karena itu, ada baiknya jika kamu tidak menjadikan mencukur bulu kaki sebagai rutinitas perawatan kecantikan. Lebih baik lagi jika kamu mengkonsultasikannya dengan dokter kulit atas efek samping yang mungkin muncul nantinya.

Leave a Reply