Ga Bikin Kenyang, Makanan Ini Tambah Bikin Kamu Lapar!

Pernahkah kamu merasa lebih lapar setelah makan sesuatu? Contohnya saja waktu ngemil kerepik kentang. Awalnya sih janji makan sebungkus aja, tapi pas udah abis kok masih berasa kurang ya? Ternyata, memang ada beberapa makanan tertentu yang bukannya bikin kamu kenyang, malah tambah bikin lapar! Bahaya dong? Jelas! Selain membahayakan berat badanmu yang nantinya naik tak terkendali, makan berlebih juga membawa bahaya bagi kesehatan. Oleh karena itu, baiknya kamu mengawasi makanan apa saja yang kamu makan. Kira-kira makanan apa aja ya yang tambah bikin lapar? Apa makanan favoritmu masuk dalam kategori itu? Yuk, simak langsung. 

Menurut Huffington Post, berikut adalah daftar makanan yang bikin kamu tambah lapar.

Makanan Asin

Keripik Kentang, Salah Satu Makanan Asin

Keripik Kentang, Salah Satu Makanan Asin

Menurut penelitian Universitas Florida College of Medicine dan Institut McKnight Brain, makanan asin seperti opium ringan yang membuatmu kecanduan memakannya. Dengan begitu, makanan asin dapat membuatmu makan berlebihan sehingga berat badanmu pun naik. Terlebih lagi, makanan asin membuatmu cepat haus, sehingga mendorong kamu untuk mengkonsumsi minuman yang tak baik untuk kesehatan seperti minuman bersoda.

Untuk mencegah hal ini, gampangnya jangan mulai makan makanan asin. Jika kamu masih ingin makanan asin, tambahkan makanan dengan protein untuk memuaskan rasa laparmu sebagai pendampingnya dan pilihlah minuman yang tepat, seperti air putih.

Pemanis Buatan

Minuman Soda dengan Pemanis Buatan Bikin Kecanduan

Minuman Soda dengan Pemanis Buatan Bikin Kecanduan

Penelitian oleh Universitas Yale menemukan bahwa pemanis, alami maupun buatan, dapat meningkatkan rasa lapar. Oleh karena itu, hindari sebisa mungkin snack dan minuman dengan rasa manis. Mustahil memang untuk menghindari sepenuhnya. Dengan kata lain, kamu harus pintar-pintar dan kuat menahan keinginanmu untuk terus memakannya. You have to know when you have to stop.

Roti dan Pasta

Olahan tepung mempunyai nutrisi yang tak banyak sehingga kamu perlu makan lebih banyak untuk dapat merasakan kenyang. Yah, contoh gampangnya saat kamu sarapan sama roti selai. Butuh beberapa roti untuk membuatmu kenyang kan? Mungkin kamu pun tak merasa kenyang seperti saat makan nasi.

Roti dan pasta dicerna secara cepat oleh tubuh sehingga dapat diubah menjadi gula sehingga tubuh pun mempunyai kandungan insulin tinggi. Menurut penelitian jurnal Health Psychology sendiri kenaikan insulin berakibat langsung pada meningkatnya rasa lapar dan candu rasa manis, sehingga kamu pun ingin terus makan.

Olahan Tepung Seperti Roti Putih Tak Bikin Kenyang

Olahan Tepung Seperti Roti Putih Tak Bikin Kenyang

Untuk itu, kamu lebih baik memilih roti dengan kandungan fiber yang lebih tinggi, seperti roti gandum misalnya. Kamu pun bisa menambahkan makanan dengan kandungan protein seperti keju, daging ayam, dan kacang untuk mengenyangkan rasa laparmu.

MSG

Sudah tak asing lagi, micin menjadi penyebab banyak masalah kesehatan. Sehingga sudah tidak mengherankan jika MSG menyebabkan kamu tambah lapar. Pasti kamu sering merasa “pengen makan yang micin-micin nih”. Memang MSG bersifat adiktif. Hampir mustahil memang menghindari MSG apalagi dengan mayoritas makanan mengandung adiktif satu ini: nugget, fast food, snack, dsb.

Chicken Nugget Fast Food, Makanan dengan MSG

Chicken Nugget Fast Food, Makanan dengan MSG

Cara satu-satunya adalah dengan mengawasi kandungan makanan yang kamu konsumsi. Tanyakan kepada restoran jika menu yang kamu pilih mengandung MSG. Hindari sebisa mungkin dan rem rasa lapar kamu terhadap makanan mengandung MSG.

 

Leave a Reply