Dari Kecantikan hingga Kesehatan, Ini Dia Manfaat Minyak Zaitun

Minyak zaitun sudah lebih dari sering disebut sebagai kandungan unggulan di berbagai produk kosmetik. Mulai dari lulur, body lotion, sampo, hingga pelembab bibir. Tak hanya kosmetik saja, minyak zaitun juga sering digunakan sebagai pilihan lebih sehat dibanding minyak goreng untuk memasak. Ternyata, masih banyak lagi lho manfaat dari minyak zaitun. Langsung saja simak manfaat minyak zaitun lebih lengkapnya di daftar berikut.

Diet Sehat

Minyak zaitun pada dasarnya adalah lemak tak jenuh tunggal yang kaya aan kandungan polyphenol. Kandungan inilah yang dikenal sebagai komponen penting dalam diet sehat yang dapat mencegah datangnya penyakit karena bertambahnya umur seperti tekanan darah dan penyakit jantung.

Mencegah Stroke

Konsumsi minyak zaitun dengan jenis minyak zaitun extra virgin dapat membantu menurunkan resiko penyakit stroke. Penelitian di Perancis membuktikan bahwa mereka yang menggunakan minyak zaitun secara reguler mempunyai 41% resiko stroke yang lebih rendah dibandingkan mereka yang tidak pernah menggunakannya.

Mengurangi Kolesterol

Minyak zaitun ekstra virgin sangat baik untuk kesehatan jantung dan pembuluh darah karena dapat mengurangi kolesterol yang menghambat pembuluh darah.

Kesehatan Jantung

Minyak zaitun telah dibuktikan melalui penelitian dapat menurunkan resiko penyakit jantung dan pembuluh darah. Jenis minyak zaitun ekstra virgin lebih efektif untuk memunculkan manfaat ini, karena kandungan lemak tunggal tak jenuh yang lebih tinggi.

Pembersih Make Up

Minyak Zaitun dapat DIgunakan sebagai Pembersih Make Up

Minyak Zaitun dapat DIgunakan sebagai Pembersih Make Up

Sepertinya membersihkan minyak wajah dengan minyak tak akan membawa hasil yang efektif. Nyatanya, miyak zaitun bisa menjadi pembersih make up natural, membersihkan semua minyak kotor yang menempel di wajah. Selain itu, minyak zaitun bersifat non-comedogenic, yang berarti tidak akan menyumbat pori-pori karena penggunaannya. Ditambah lagi, minyak zaitun tidak akan membuat mata iritasi sehingga sesuai untuk membersihkan maskara.

DIY Lip Scrub

Kamu bisa menggunakan minyak zaitun sebagai solusi bibir kering pecah-pecah. Campur minyk zaitun dengan gula dan madu maka kamu bisa membersihkan bibir dari kulit mati. Selain itu DIY lip scrub ini dapat melembutkan dan mencerahkan warna bibir.

Melembabkan Kulit

Minyak zaitun ekstra virgin sangat bermanfaat untuk kulit karena kandungan polyphenol, votamin E, dan phytosterolnya yang tinggi. Kandungan tersebut dapat berfungsi sebagai anti-oksidan dan pereda bengkak. Minyak zaitun dapat melindungi kulit dari kulit yang terkena sinar matahari, meningkatkan kelembaban kulit. Selain wajah, minyak serba guna ini juga dapat digunakan sebagai pelembab kulit untuk seluruh bagian tubuh.

Merawat Kulit Kepala Kering

Aplikasikan minyak zaitun dikulit kepala dan biarkan selama satu jam atau semalaman. Bersihkan minyak zaitun menggunakan sampo. Pastikan penyebab kulit kepala keringmu bukanlah ketombe. Karena jika ketombe, maka bisa jadi penyebabnya adalah jamur aktif yang ada dikulit kepala.

Perawatan Kulit Anti-Aging

Seperti yang digunakan dalam berbagai produk kosmetik, ternyata memang rutinitas perawatan kulit menggunakan olive oil dapat meemajakan kulit. Antioksidan yang terkandung terdiri dari vitamen E dan polyphenol yang dapat menetralisir radikal bebas.

Menjaga Berat Badan

Minyak Zaitun dapat Digunakan sebagai Dressing Hidangan

Minyak Zaitun dapat Digunakan sebagai Dressing Hidangan

Meski manfaat minyak zaitun yang segudang, konsumsinya tetaplah harus dijaga dalam kadar normal. Minyak zaitun dapat digunakan sebagai alternatif sehat dari minyak goreng. Kandungan lemak sehat didalamnya merupakan pengganti yang jauh lebih baik dari lemak jenuh yang terkandung dalam minyak goreng.

Leave a Reply