Cara Terbaik untuk Menjaga Kulit Remaja Tetap Bersih Bebas Jerawat

Jerawat dapat diderita oleh semua orang di semua umur. Meskipun begitu, benjolan menyebalkan ini lebih cenderung untuk muncul di usia remaja atau dewasa muda. Bahkan sebanyak 85% remaja akan berjerawat dalam kurun waktu sau tahun. Penyebab jerawat dalam remaja sendiri disebabkan oleh perubahan hormon saat puber.

Selain jerawat, remaja juga akan “menderita” dengan munculnya komedo. Tak hanya wajah, komedo dan jerawat juga bisa uncul di leher, dada, pundak, dan punggung. Munculnya jerawat pun tak terhindarkan, karena memang telah menjadi bagian perubahan biologis tubuh. Degan begitu, penting halnya untuk menjaga kulit agar tetap bersih.

Rajin Cuci Muka

Cuci muka sekali atau dua kali dengan air hangat dan pembersih wajah dapat menghentikan faktor penyebab jerawat. Faktor tersebut adalah minyak wajah. Dengan cuci muka, kamu bisa menghilangkan minyak wajah yang menempel dari aktivitas kamu seharian.

Cuci Muka Rutin dapat Mencegah Munculnya Jerawat

Cuci Muka Rutin dapat Mencegah Munculnya Jerawat. Sumber: doctoroz.com

Akan tetapi, cuci muka harusnya tidak dilakuka secara terburu-buru. Bersihkan wajah dari make-up secara menyeluruh. Pembersih ekstra pun akan dibutuhkan setelah kamu beraktivitas seharian penuh, karena pori-pori wajah yang tersumbat akan memperburuk jerawat.

Gunakan Produk Anti-Jerawat

Banyak sekali jenis krim dan lotion jerawat untuk membantumu mengontrol dan membersihkan jerawat dan juga komedo. Cobalah beberapa produk berbeda untuk mngetahui produk mana yang paling sesuai dengan jens kulitmu.

Produk anti-jerawat pada umumnya mengandung benzoyl peroxide, yang dapat membunuh bakteri penyebab jerawat dan salicylic acid, yang dapat membantu membersihkan jerawat.

Gunakan Obat Jerawat

Banyak sekali obat untuk pemakaian luar yang dapat membantu menghilangkan jerawat, parah maupun tidak. Tretinoin adalah vitamin A yang dapat membantu menghilangkan jerawat dengan mencegah pori-pori kulit terseumbat oleh polusi dan kotoran.

Obat-obat tersebut mempunyai peran penting dalam menghilagkan jerawat, dengan menyerang berbagai macam faktor yang menyebabkan timbulnya jerawat itu sendiri. Antibiotik untuk dikonsumsi seperti erythromycin dan tetracycline dapat membantu masalah jerawat, parah maupun sedang. Obat tersebut bisa menjadi alternatif dikala obat pemakaian luar masih tidak memberikan hasil.

Hindarkan Kulit dari Minyak

Bersihkan Minyak Makanan dari Kulit

Bersihkan Minyak Makanan dari Kulit. Sumber: indoindians.com

Minyak yang dimaksud bukan minyak karena aktivitas seharian, namun minyak dari sumber lain seperti minyak dari makanan. Membiarkan minyak seperti itu menempel di kulit dapat menyebabkan munculnya jerawat. Selalu bersihkan mulut setelah memakan makanan berminyak.

Gunakan pula produk perawatan kulit yang tidak mengandung minyak seperti pelembab, suncreen, dan kosmetik lain. Jaga juga kebersihan rambutmu. Hindari rambut agar tidak menempel di wajah karena rambut yang kotor dan berminyak juga dapat menjadi salah satu penyebab munculnya jerawat.

Hal Lain yang Perlu Dipertimbangkan

Hindari produk rambut seperti gel dan hair spray jauh dari wajahmu. Hal ini karena produk-produk seperti itu dapat menyumbat pori-pori, yang kemudian dapat menyebabkan munculnya jerawat. Coba juga untuk tidak menempelkan tangan dan objek lain seperti ponsel pada wajah karena tangan dan ponsel bisa mempercepat produksi keringat, terutama di hawa yang panas.

Leave a Reply