Blackheads dan Whiteheads, Sama-Sama Komedo tapi Apa Sih Bedanya?

Hal paling menganggu yang pasti datang meskipun tidak diundang adalah komedo dan jerawat. Identik dengan perubahan hormon saat puber dan paparan polusi saat aktivitas, keduanya tak bisa dihindari. Setidaknya, selama kamu hidup, pasti kamu pernah mempunyai komedo dan jerawat. Pada umumnya, jerawat lebih jarang muncul dibandingkan dengan komedo. Komedo sendiri mempunyai dua jenis, yakni blackheads dan whiteheads. Keduanya memang sama-sama komedo. Tapi, hitam dan putih? Apa sih perbedaannya?

Blackheads vs Whiteheads

Blackheads dan whiteheads sama-sama komedo yang disebabkan oleh pori-pori yang tersumbat. Yang membuat mereka berbeda adalah kondisi pori-pori yang tersumbat tersebut.

Permukaan Pori-Pori Kulit yang Membedakan

Permukaan Pori-Pori Kulit yang Membedakan. Sumber: sociolla.com

Blackheads, atau yang juga dikenal sebagai komedo hitam adalah bagian dari pori-pori di permukaan kulit yang terbuka. Warna hitam yang nampak dihasilkan dari perpaduan sel kulit mati, bakteri, dan minyak yang mengendap di bagian dasar pori-pori. Karena bagian atas pori-pori yang terbuka, blackheads juga dikenal dengan sebutan komedo terbuka.

Perbedaan Blackheads dan Whiteheads

Perbedaan Blackheads dan Whiteheads. Sumber: skincareorg.com

Sama seperti blackheads, whiteheads atau komedo putih juga merupakan pori-pori kulit yang tersumbat. Namun, tak seperti blackheads, bagian permukaan pori-pori kulit tidak terbuka. Karena tidak terekspos kepada udara bebas, sel kulit mati dan minyak dalam komedo pun berwarna putih, tidak berubah menjadi hitam seperti blackheads. Pori-pori yang tertutup inilah yang membuat whiteheads juga dikenal dengan sebutan komedo tertutup.

Bagaimana Cara Mengatasinya?

Apapun cara yang akan kamu pilih untuk mengatasi komedo, satu hal yang pasti: jangan dipencet! Memenceti komedo memang memberikan kepuasan tersendiri, melihat kotoran hitam maupun putih keluar dari pori-pori kulit wajahmu. Memuaskan memang, tapi hal tersebut dapat berdampak buruk. Memencet komedo terus menerus dapat membuat pori-pori kulit membesar. Seperti yang kamu ketahui, pori-pori kulit yang besar dapat meningkatkan resiko jerawat. Untuk itu, kamu disarankan untuk memakai sabun muka yang mengandung salicylic acid atau glycolic acid. Dua bahan aktif tersebut mampu menembus minyak sehingga dapat membantu membersihkan kulitmu hingga ke dalam pori-pori.

Contoh Produk Skin Care Water-Based

Contoh Produk Skin Care Water-Based. Sumber: tokopedia.com

Seperti yang dilansir oleh Sociolla, untuk produk perawatan kulit sehari-hari, kamu bisa memilih produk yang berjenis water-based. Hindari produk oil-based agar tidak terjadi penumpukan minyak di kulitmu. Minyak yang menumpuk dapat menyebabkan munculnya jerawat. Produk pelembab dengan vitamin A juga disarankan karena kandungan vitaminnya dapat menghilangkan sel kulit mati. Dengan begitu, sel kulit dapat mendorong kotoran yang tersumbat dalam pori-pori, kotoran yang jika dibiarkan akan membentuk komedo.

Jika cara tersebut tidak bisa menghilangkan masalah komedomu, segera konsultasikan dengan dokter kulit. Bisa jadi kulitmu tidak sama dengan kulit pada umumnya, sehingga membutuhkan produk dengan kombinasi kandungan khusus.

Leave a Reply