Muncul Uban Di Usia 20-an? Ketahui Dulu Penyebabnya!

Pada umumnya, uban akan muncul pada usia sekitar 30 hingga 40 tahun. Hal tersebut disebabkan karena pada usia tersebut banyak sel pigmen rambut yang mati, sehingga warna rambut pun menghilang dan kembali pada warna dasarnya yaitu putih. Faktanya, kamu yang masih berusia 20-an terkadang juga menemukan uban di rambut. Kira-kira apa penyebabnya?

Merokok dan Konsumsi Makanan Cepat Saji Secara Berlebihan

Makanan cepat saji memicu uban

Source: www.merdeka.com

Merokok merupakan salah satu faktor penyebab utama munculnya uban di usia 20-an. Merokok menghasilkan radikal bebas dalam tubuh perokok yang nantinya akan menurunkan tingkat melanin sehingga rambut akan menjadi beruban. Selain itu, terlalu sering mengonsumsi makanan cepat saji juga dapat memicu pertumbuhan uban. Hal itu dikarenakan makanan cepat saji memiliki kandungan vitamin yang sangat sedikit, sehingga produksi melanin dalam rambut pun akan terpengaruhi.

Penggunaan Pengering Rambut Secara Berlebihan

Pegering rambut dapat memicu uban

Source: www.lifestyle.liputan6.com

Kamu terbiasa menggunakan pengering rambut secara rutin usai mandi atau keramas? Kebiasaan ini juga dapat menjadi salah satu faktor penyebab munculnya uban di usia 20-an. Panas yang dihasilkan oleh pengering rambut dapat merusak kesehatan rambut serta mempengaruhi produksi melanin yang menyebabkan tumbuhnya uban. 

Kurang Istirahat dan Stres

Kurang tidur dan stres dapat memicu uban

Source: www.health.kompas.com

Stres terbukti memiliki dampak buruk bagi kesehatan, salah satunya adalah rambut rontok dan rambut beruban prematur. Segala bentuk tekanan batin, seperti perasaan sedih dan gelisah dapat mengurangi jumlah sel-sel melanin. Oleh karena itu, penting untuk mengistirahatkan tubuh dan pikiran, paling tidak dengan tidur pada malam hari selama 7 jam.

Sudah tahu ‘kan apa saja penyebab uban di usia muda? Mulailah hidup sehat dengan mengonsumsi makanan bergizi, menghindari penggunaan pengering rambut secara berlebihan, serta mengatur waktu untuk beristirahat.

Comments

comments

Cornellia Kwanda
cornellia.picodio@gmail.com