Adem Ayem Lalui Menstruasi dengan Mengkonsumsi Makanan Bernutrisi Ini

Untuk menghindari “efek samping” yang datang saat menstruasi, maka kamu harus berhati-hati dengan makanan yang kamu konsumsi. Ada makanan yang bisa semakin memperparah “efek samping” tamu bulananmu. Mood swing, stress, dan keinginan untuk melahap berbagai makanan memang identik dengan menstruasi. Akan tetapi, jika kamu asal lahap makanan, kamu akan kena getahnya. Berikut tips makanan bernutrisi yang bisa kamu konsumsi saat tamu bulananmu datang.

Kacang dan Biji-Bijian

Kacang Buncis

Kacang Buncis. Sumber: klikdokter.com

Serat yang terkandung dalam kacang-kacangan membantu untuk mengurangi rasa nyeri saat menstruasi. Selain itu, serat juga bagus untuk pencernaan. Jika perut kamu terasa kembung dan merasa frekuensi kentut bertambah, maka cobalah untuk mengkonsumsinya dalam jumlah sedikit. Tingkatkan jumlahnya sedikit demi sedikit.

Sayur Mayur

Sayur Mayur juga Bisa Dijadikan Frozen Food

Konsumsi Sayur Mayur Saat Menstruasi. Sumber: today.com

Sayur hijau kaya akan kalsium, magnesium, dan potasium yang dapat membantu meringankan dan mencegah nyeri menstruasi. Mineralnya pun dapat membantu kamu untuk lebih rileks. Vitamin K-nya juga dapat membantu untuk mencegah keluarnya darah berlebihan.

Omega 3

Hidangan Ikan Salmon

Hidangan Ikan Salmon. Sumber: foodnetwork.ca

Kandungan yang terlibat dalam kontraksi otot dan nyeri menstruasi disebut dengan prostaglandins. Kandungannya mirip dengan hormon sehingga dapat dilawan dengan omega 3 yang dapat ditemukan dalam iklan salmon dan kacang-kacangan. Penelitian pada tahun 1995 membuktikan bahwa wanita yang mengkonsumsi omega 3 lebih banyak mempunyai kandungan lemak yang lebih rendah. Selain itu, mereka juga memiliki “efek samping” menstruasi yang lebih sedikit.

Nanas

Irisan Buah Nanas

Irisan Buah Nanas. Sumber: healthynibblesandbits com

Laporan penelitian dari pusat penelitian di Amerika Serikat menyatakan bahwa wanita muda yang mengkonsumsi mangan dalam jumlah kecil peredaran darahnya meningkat sampai 50%. Oleh karena itu, wanita direkomendasikan untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung mangan. Buah-buahan kaya akan mangan, namun yang mempunyai kandungan terbanyak adalah nanas. Selain kaya akan mangan, nanas juga mengandung bromelin, enzim yang dapat membuat otot rileks dan mencegah nyeri menstruasi.

Teh Jahe

Teh Jahe

Teh Jahe. Sumber: doctoroz.com

Minuman dari seduhan daun ini juga kaya akan mangan. Namun, wanita lebih baik menghindari teh yang kaya akan kafein. Teh jahe menjadi alternatif pilihan yang lebih baik karena dapat membantu mencegah rasa mual. Teh chamomile juga mempunyai kandungan antispasmodik dan dapat meredakan mood swings saat menstruasi.

Air Putih

Mineral Water

Mineral Water. Sumber: seriouseats.com

Tubuh yang mengandung air berlebih menjadi penyebab utama nyeri dan mual dalam perut. Cara terbaik untuk mengatasi hal ini adalah dengan minum cukup air. Meskipun terdengar kontradiktif, jika tidak cukup minum air, tubuh akan “mengakalinya” dengan menahan air dalam tubuh yang seharusnya dapat dikeluarkan.

Whole Grain

Roti Whole Grain

Roti Whole Grain. Sumber: livestrong.com

Penelitian dari dokter Inggris membuktikan bahwa dengan mengkonsumsi karbohidrat dalam jumlah kecil setiap 3 jam dan sebelum tidur dapat membantu melawan sindrom yang biasa muncul sebelum menstruasi. Biji utuh juga mengandung banyak magnesium yang dapat meredakan otot-otot yang tegang. Kandungan vitamin B kompleks dan vitamin E-nya juga turut membantu mengurangi lelah dan depresi yang rawan muncul saat menstruasi.

Yogurt

Yogurt dan Buah, Pilihan Menu Ngemil Sehat

Yogurt Dapat Meredakan Nyeri Menstruasi

Minuman masam ini mengandung bakteri aktif yang dapat membantu menyehatkan pencernaan. Selain itu, yogurt juga merupakan sumber kalsium yang baik. Dengan mengkonsumsi kalsium 2 kali sehari dalam jumlah yang cukup dapat membantu meringankan “efek samping” menstruasi. Makanan yang mempunyai kandungan kalsium yang tinggi dapat meringankan rasa nyeri menstruasi. Kamu juga dapat mencoba alternatif lain yang mengandung kalsium jika yogurt kurang manjur. Contohnya saja seperti brokoli, kale, salmon kaleng, sereal, dan jus.

Tentunya daftar makanan diatas dapat kamu olah dengan kreatif selama seminggu penuh untuk konsumsi sehari-hari. Makan sehat saat menstruasi tak melulu identik dengan makanan yang tak ramah di lidah.

Leave a Reply