8 Makanan Ini Dapat Membuatmu Mengantuk. Menu Alternatif Bagi Penderita Insomnia

Terus-terusan menguap bisa menjadi hal yang sangat menyebalkan dan bisa menganggu ketika kamu sedang meeting penting di kantor atau duduk paling depan menghadap langsung ke meja dosen. Penyebabnya tak selalu kekenyangan, lho. Memang terdapat beberapa makanan yang membuatmu mengantuk. Tentunya hal tersebut menganggu bagi kamu yang sedang sibuk beraktivitas. Namun, jika kamu menderita insomnia, makanan penyebab kantuk berikut bisa menjadi penolong!

Cokelat Hitam

Selain lebih sehat dari cokelat susu, cokelat hitam ternyata mengandung serotonin. Kandungan ini merupakan zat paling penting yang dapat mengatur perputaran jadwal tubuh untuk bangun dan tidur. Meskipun memiliki kandungan kafein, serotonin yang ada dalam cokelat hitam cukup untuk membuatmu mengantuk.

Cokelat Hitam

Cokelat Hitam. Sumber: anchalblogs.com

Roti

Karbohidrat memang memberikan dorongan dalam tingkatan gula dalam tubuh sehingga dapat membuatmu merasa lebih enerjik. Akan tetapi, dorongan tersebut tak bertahan lama. Ketika level gula darah menurun, energi pun menurun sehingga kamu merasa letih. Dengan begitu, tubuh pun akan ingin berisirahat. Roti tawar putih membuatmu lebih mengantuk dibandingkan dengan roti gandum.

Roti Tawar Putih

Roti Tawar Putih

Pisang

Buah berwarna kuning ini mengandung potasium dan magnesium yang berguna untuk merilekskan otot sehingga membuatmu mengantuk. Vitamin B6 dalam pisang juga dapat mengubah kandungan trytophan menjadi serotonin.

Pisang

Pisang. Sumber: independent.co.uk

Ceri

Buah ceri kaya aan metatonin yang dapat menyeimbangkan jadwal tidur yang dirasakan oleh tubuh. Konsumsi melatonin dalam jumlah ekstra juga akan memberikan sinyal kepada tubuh untuk tidur. Oleh karena itu, ada baiknya jika buah ceri dikonsumsi saat makan malam, bukan di pagi hari untuk sarapan.

Buah Ceri

Buah Ceri. Sumber: kids.britanica.com

Ubi Jalar

Ubi jalar merupakan sumber potassium, yang dapat merilekskan otot dan melancarkan pencernaan. Selain nikmat untuk disantap setelah dikukus, terdapat pula berbagai resep olahan ubi jalar untuk dinikmati. Namun, tentu saja mengkukusnya adalah pilihan paling sehat.

Ubi Jalar

Ubi Jalar. Sumber: pasberita.com

Ikan

Mengandung trytophan dan amino acids, ikan dapat meningkatkan serotonin, zat yang dapat membuatmu mengantuk.

Ikan Salmon

Ikan Salmon. Sumber: pinterest.com

Teh Hijau Herbal

Menurut para ahli, teh tanpa kafein pada umumnya dapat membuatmu mengantuk. Kandungan theanine dalam green tea dapat membuatmu ingin tidur. Selain itu, varian teh seperti chamomile tea mempunyai efek yang soothing, sehingga membuat tubuh menjadi rileks. Penelitian pun membuktikan bahwa dengan minum teh sebelum tidur, waktu yang diperlukan untuk terlelap berkurang. Selain itu, kualitas tidur pun meningkat.

Teh Hijau Herbal

Teh Hijau Herbal. Sumber: livestrong.com

Oatmeal

Semangkok oatmeal yang hangat dapat membantumu untuk tidur. Kandungan kalsium, magnesium, dan postasiumnya dapat mempercepat kam untuk terlelap lebih cepat. Namun, perhatikan pula kandungan gula didalamnya karena terlalu banyak gula akan berakibat sebaliknya.

Oatmeal

Oatmeal. Sumber: cookinglight.com

Apakah kamu sudah terbiasa mengkonsumsi salah satu makanan diatas? Menurutmu, mana yang paling efektif untuk membuatmu mengantuk?

Leave a Reply