8 Cara Mudah Melatih Kesabaran agar Tidak Mudah Stress

Padatnya jadwal aktivitas sehari-hari dan menumpuknya tanggung jawab yang belum kunjung selesai menjadi akar dari stress. Ditambah lagi dengan rencana yang telah disusun rapi tapi tak bisa terlaksana karena diluar kontrolmu. Kesabaran pun hilang sedikit demi sedikit. Nampaknya sepele, namun jika terus berlanjut, stress pun akan meledak dan  menjadi hambatan dalam hidup kamu. Jika kamu merasa setengah jalan menuju stress, ikutilah langkah-langkah dari Lifehack berikut untuk melatih kesabaranmu.

Lepaskan

Hal yang nampaknya menjadi kunci kesuksesan dan kebahagiaanmu seumur hidup memang nampaknya pantas untuk menjadi sumber stress kamu. Namun, apakah benar hal tersebut memang satu-satunya hal terpenting? Jangan biarkan hal tersebut menjadi fokusmu satu-satunya. Obsesi tidak ada yang menyehatkan karena segala sesuatu yang berlebihan bisa merusak. Lakukan apa yang kamu bisa untuk menyelesaikan hal tersebut namun jangan biarkan hal tersebut mengkonsumsi dirimu hidup-hidup.

Tarik Nafas

Saat kamu menghadapi situasi pemicu stress yang membuat kamu tergopoh-gopoh, segeralah berhenti dan lakukan hal berikut dalam satu menit saja. Tarik nafas 5 kali dalam-dalam dan keluarkan secara perlahan. Bayangkan sumber stressmu keluar dari tiap hembusan nafas. Senyumlah, meskipun dengan terpaksa.

Tarik Nafas Dalam-dalam untuk Mengambil Kontrol terhadap Dirimu Sendiri

Tarik Nafas Dalam-dalam untuk Mengambil Kontrol terhadap Dirimu Sendiri. Sumber: cheatsheet.com

Meskipun langkah-langkah tersebut tidak akan menghilangkan stress secara cepat layaknya sulap, setidaknya dalam tarikan nafas tersebut kamu telah dapat mengembalikan kontrol terhadap diri sendiri. Kamu yang memiliki kontrol terhadap dirimu, bukan situasi yang membuatmu stress.

Relax

Bukan relax dalam artian tidur santai di balkon rumah. Setelah tarik nafas seperti dalam langkah sebelumnya, amati anggota tubuhmu yang nampaknya kaku. Rahang mulut yang terlalu rapat hingga gigi di kedua sisi rahang terjepit terlalu keras? Pijat secara perlahan anggota tubuh yang kaku sehingga kamu akan merasa lebih santai dengan tekanan dan stress yang keluar.

Kunyah Secara Perlahan

Nikmati hidangan makanmu secara perlahan. Selain dapat melatih kesabaran, dengan menikmati makanan secara menyeluruh dapat membantu program dietmu. Perhatikan rasa, tekstur, dan aroma tiap makanan. Mengunyah perlahan dengan mencoba untuk menebak-nebak bahan yang digunakan untuk membuat makanan yang kamu nikmati bisa membantumu untuk relax.

Kunyak Makanan secara Perlahan untuk Melatih Kesabaran

Kunyak Makanan secara Perlahan untuk Melatih Kesabaran

Nikmati Semua Perjalanan

Fokus dengan hasil akhir dapat membuatmu lelah. Perhatianmu hanya akan tertuju pada goal tersebut, membuatmu hilang kesabaran karena perjalanan untuk mencapai goal tersebut tidak kamu nikmati. Terlalu menikmati perjalanan juga dapat menganggu pencapaian goal tersebut. Oleh karena itu, lebih baik kamu memisahkan proses pencapaian goal tersebut menjadi beberapa goal-mini. Dengan membagi perjalanan pencapaian menjadi beberapa titik, kamu pun akan terus termotivasi untuk melanjutkan perjalanan tanpa harus kehilangan kesabaran. Hal ini karena goal-mini tersebut memberikan pertanda bahwa pencapaian goal utama kamu sudah dekat.

Lihat Secara Keseluruhan

Disaat kamu cemas dan level stressmu naik tak terkendali, ingatlah untuk tarik nafas seperti yang telah dibahas di poin sebelumnya. Kemudian tanyakan kepada dirimu sendiri, apakah hal yang membuatmu cemas dan stress ini memang akan memberi efek besar dalam jangka waktu panjang. Minggu depan? Bulan depan? 10 tahun yang akan datang? Mayoritas dari sumber stressmu bahkan hanyalah hal-hal yang sepele, hal-hal yang memang diluar kendalimu. Jangan terhanyut mencemaskan sesuatu hal yang memang tak bisa kamu kendalikan, karena kecemasan tersebut hanya akan berdampak buruk bagi dirimu sendiri.

Jangan Memaksakan Dirimu untuk Sempurna dalam Segala Hal

Kamu tidaklah sempura, tidak ada yang sempurna di dunia ini. Memaksakan diri untuk sempurna dalam segala hal hanya akan membuatmu stress. Lakukan yang terbaik dan meskipun hasilnya tak sesempurna ekspektasimu, it’s ok. Because that’s life.

Latih Kesabaran dengan Hal Kecil Setiap Hari

Kesabaran tidak datang begitu saja setiap kali kamu menarik nafas 5 kali. Kesabaran haruslah dilatih, karena tempramen terkadang sudah mendarah daging sebagai salah satu sifat kita sendiri. Dengan berlatih, kamu bisa meningkatkan kemampuanmu untuk tenang meskipun dihadapkan oleh sesuatu yang dapat memicu level stress. Beberapa diantaranya: memilih antrian panjang kasir saat berbelanja; tinggalkan drive-thru dan pesan makananmu lewat pintu depan; parkir kendaraan jauh dari tempat yang kamu kunjungi.

Sengaja Mengambil Antrian Panjang untuk Melatih Kesabaran

Sengaja Mengambil Antrian Panjang untuk Melatih Kesabaran. Sumber: todayonline.com

Banyak hal yang dapat kamu lakukan untuk melatih kesabaran. Dengan melatih kesabaran, kamu tidak akan mudah stress. Apakah kamu punya cara lain?

Leave a Reply