7 Penyebab Bau Kentut Bisa Jadi Ekstra Luar Biasa

Kentut memang manusiawi. Yang tak bisa kentut justru mengakhawatirkan kesehatannya. Rata-rata tiap orang bisa mengeluarkan gas sampai 14 kali sehari, dengan jumlah kurang lebih setengah liter hingga 2 liter dalam waktu 24 jam. Percaya atau tidak, gas buangan tersebut pun bebas bau. Namun, nyatanya kentut tak selamanya demikian.

Pasti kamu juga pernah membuang gas yang tak bersuara namun mematikan. Kentut seperti inilah yang biasanya mempunyai bau yang luar biasa. Bau tersebut disebabkan oleh fermentasi bakteri yang ada dalam usus besar.

Meskipun baunya yang luar biasa, kentut seperti ini bukanlah indikasi yang buruk. Kemungkinan besar penyebabnya hanyalah makanan yang telah kamu makan. Mungkin kamu telah mengkonsumsi makanan bernutrisi tinggi yang kaya serat dan terbuat dari tumbuh-tumbuhan. Berikut 7 penyebab bau kentut bisa jadi luar biasa.

Bakteri dalam Perut

Dalam pencernaan, bakteri perut mampu memproduksi senyawa yang mengandung sulfur seperti hidrogen sulfida yang mampu menyebabkan gas menjadi bau. Makanan yang kamu makan juga dapat mempengaruhi populasi bakteri yang hidup dalam usus besarmu. Hal tersebut tentunya dapat mempengaruhi bagaimana kentutmu nanti saat keluar, baunya biasa saja atau luar biasa.

Makanan Kaya akan Sulfur

Makanan yang mengandung banyak sulfur dapat membuat bau kentutmu bagaiman bau telur busuk. Sayuran kaya serat seperti brokoli, kembang kol, dan kubis biasanya menjadi penyebab bau kentut. Makanan dengan kandungan sulfur tinggi lain termasuk bawang, keju cheddar, buah kering, kacang, hingga bir dan wine. Protein hewani yang juga kaya akan sulfur seperti telur, daging, dan ikan juga bisa jadi penyebabnya.

Tumis Brokoli Jamur Kancing

Tumis Brokoli Jamur Kancing. Sumber: cookpad.com

Raffinose

Kacang-kacangan adalah sumber dari protein, antioksidan, vitamin, dan mineral. Namun, kacang-kacangan juga bisa menjadi sumber bau kentutmu yang luar biasa.

Kacang-kacangan mengandung raffinose, tiga serangkai gula fruktosa, glukosa, dan galaktosa yang disebut dengan trisakarida. Trisakarida ini punya andil dalam membuat perut kembung dan gas setelah makan kacang-kacangan.

Gula Alkohol

Waspada dengan gula alkohol seperti sorbitol dan xylitol yang bisa ditemukan di minuman diet soda, permen bebas gula, hingga permen karet. Pemanis seperti ini tidak dapat diserap sepenuhnya oleh tubuh sehingga mereka akan langsung menuju ke usus besar dimana dapat berkontribusi untuk membuat bau kentut menjadi luar biasa.

Sembelit

Roti, nasi, dan pasta bukanlah sumber karbohidrat yang memproduksi gas. Namun, konsumsinya dlam jumlah besar dapat membuatmu sembelit. “Sampah” dalam perut yang susah dikeluarkan semakin lama akan semakin menjadi luar biasa baunya.

Sembelit Bisa Jadi Penyebab Bau Kentutmu yang Ekstra

Sembelit Bisa Jadi Penyebab Bau Kentutmu yang Ekstra. Sumber: thehealthside.com

Ketika sembelit, pup kamu ada di usus besar terlalu lama. Bakteri kemudian dapat membuat gas ekstra sehingga memeriahkan bau pup dan kentut saat kamu BAB nantinya.

Pantas ya, orang Indonesia kentutnya bau. Kebanyakan makan nasi… Agar kentutmu baunya tidak jadi luar biasa, maka minumlah banyak air, olahraga teratur, dan makan makanan yang kaya akan serat.

Obat-Obatan

Beberapa obat, vitamin, dan suplemen yang kamu minum dapat menjadi penyebab bau kentut menjadi luar biasa. Penyebab mengapa pil dan tablet tersebut dapat mempengaruhi bau kentut berbeda-beda per orang.

Tablet Vitamin

Tablet Vitamin

Mereka yang minum obat-obatan penurun berat badan biasanya akan merasakan buangan gas dengan minyak. Suplemen zat besi juga diketahui menjadi penyebab gas dan perut kembung. Suplemen yang mengandung serat juga bisa menjadi penyebab, hingga obat diabetes.

Infeksi atau Penyakit Lain

Kentut yang baunya ekstra merupakan hal yang biasa, tidak perlu dikhawatirkan. Namun, jika hal tersebut juga disertai dengan tanda-tanda kesehatan lain, baiknya kamu memeriksakan diri ke dokter.

Apakah kamu menderita demam, turunnya berat badan, darah yang keluar dari ‘pintu belakang’, hingga diare yang tak kunjung hilang disamping kentut yang bau. Perubahan dalam aktivitas perut atau sakit perut yang tak kunjung pergi setelah kamu kentut atau BAB bisa jadi gejala dari infeksi atau penyakit.

Leave a Reply