7 Makanan Sehat yang Harus Kamu Makan Bersama Pasangannya

Camilan tak melulu harus yang mengandung minyak dan MSG. Buah dan sayur pun juga bisa dijadikan camilan yang selain sehat juga nikmat. Namun, keuntungan buah dan sayur untuk kesehatan saat dicamil bisa dilipatgandakan jika dipasangkan dengan makanan atau minuman yang tepat. Jika kamu terbiasa mengkonsumsi makanan atau minuman berikut, jangan sampai melupakan pasangannya agar manfaat kesehatan yang bisa kamu dapat bisa berlipat ganda. Seperti yang dilansir oleh Reader’s Digest, berikut adalah makanan yang harusnya kamu konsumsi secara bersamaan.

Pisang: Pasangkan dengan Susu

Pisang dengan Susu

Pisang dengan Susu. Sumber: rd.com

Punya masalah dengan perut? Coba makan pisang. Buah kuning ini adalah sumber inulin, tipe serat yang dapat membantu menyeimbangkan level bakteri di system pencernaanmu. Selain itu, pisang juga dapat meningkatkan kadar tingkat penyerapan kalsium, sehingga dapat menguntungkan tulang. Oleh karena itu, pasangkan pisang dengan sumber kalsium yang baik, seperti susu, yogurt, keju, dan brokoli. Contohnya saja perpaduan berikut yang bagus untuk menu sarapan pagi: sereal dengan susu skim dengan tambahan irisan pisang.

Stroberi: Makan Bersama Selai Kacang

Stroberi dengan Selai Kacang

Stroberi dengan Selai Kacang. Sumber: rd.com

Vitamin E dapat menjaga kesehatan mata dan mencegah degenerasi macula (sebuah penyebab kebutaan). Vitamin C mampu meningkatkan manfaat vitamin E,  membantunya untuk digunakan oleh tubuh. Pasangkan sumber vitamin C seperti buah stroberi dan tomat dengan sumber vitamin E seperti kacang/selai kacang dan biji bunga matahari.

Brokoli: Sajikan dengan Saus Mustard

Brokoli dengan Saus Mustad

Brokoli dengan Saus Mustad. Sumber: rd.com

Sayur hijau ini kaya akan sulforafana, senyawa yang mampu mencegah kanker. Sayangnya saat dimasak, brokoli kehilangan myrosinase, enzim yang dapat membuat sulforana bisa digunakan oleh tubuh. Untuk menggantikan myrosinase, kombinasikan brokoli dengan saus mustard. Ekstra myrosinase akan membantu tubuhmu untuk dapat menyerap lebih banyak sulforafana, sesuai hasil penelitian dalam British Journal of Nutrition.

Kopi: Seruput dengan Gula

Kopi dengan Gula

Kopi dengan Gula. Sumber: rd.com

Kamu sudah terbiasa mencampur gula dalam kopi? Jangan beralih dengan kopi hitam. Minum kopi dengan campuran gula akan membuat kamu lebih produktif, sesuai dengan penelitian yang telah diterbitkan dalam sebuah jurnal Human Psychopharmacology: Clinical and Experimental. Partisipan dalam penelitian tersebut saat minum kopi dengan campuran gula menunjukkan perubahan yang signifikan dalam otaknya. Area otak yang diasosiasikan dengan fokus dann konsentrasi lebih meningkat jika dibandingkan saat minum kopi tanpa gula. Untuk penikmat teh sendiri, cobalah untuk menambahnya dengan madu.

Apel: Temani dengan The Hijau

Apel dengan Teh Hijau

Apel dengan Teh Hijau. Sumber: rd.com

Camilan sore yang paling cocok adalah secangkir the dengan buah. Untuk mendapatkan manfaat kesehatan, pilihlah varian the hijau dengan buah apel. Penelitian telah menemukan bahwa kandungan phytochemicals quercetin (ditemukan pada apel, beri, dan bawang) dan catechin (ditemukan dalam the hijau dan anggur ungu) dapat bekerja sama mencegah penggumpalan trombosit. Hal tersebut berbahaya, karena trombosit yang menggumpal dapat berakibat pada penyumbatan darah yang akhirnya menyebabkan serangan jantung.

Bawang Bombay: Nikmati dengan Roti

Bawang dengan Roti

Bawang dengan Roti. Sumber: rd.com

Saat makan roti bagel gandum utuh, tambahkan beberapa iris bawang Bombay dan kim keju diatasnya. Bawang bombay dan bawang putih mengandung senyawa sulfur yang dapat meningkatkan penyerapan zat besi, nutrisi yang sangat penting untuk imun dan penyembuhan luka.

Wortel: Makan dengan Alpukat

Wortel dengan Alpukat

Wortel dengan Alpukat. Sumber: rd.com

Kamu pasti sudah tau jika beta-karoten pada wortel baik untuk kesehatan mata dan kulit agar tetap nampak muda. Akan tetapi, tubuhmu mungkin saya tidak mempunyai kandungan lemak yang dapat menyerapnya. Makanlah sumber beta-karoten seperti wortel, blewah, dan bayam dengan lemak baik seperti alpukat, minyak zaitun, dan kacang almond.

Leave a Reply