6 Obat Alami untuk Meredakan Sakit Tenggorokan

Sakit tenggorokan sepertinya hal yang sangat umum untuk diderita oleh masyarakat Indonesia. Kombinasi cuaca tropis yang panas sepanjang tahun membuat kita semua tak betah menahan godaan segarnya minuman dingin. Ditambah jajanan kaki lima yang nikmat nan murah namun penuh lemak, bukan sesuatu yang mengherankan jika banyak yang mudah terkena sakit tenggorokan. Menyebalkan memang, namun cara mengatasinya tak begitu merepotkan karena banyak sekali obat alami untuk meredakan sakit tenggorokan yang ada dalam dapur.

Air Garam

Garam dapat menghilangkan bakteri yang menyebabkan gatal di tenggorokan. Cobalah berkumur dengan air garam untuk meredakan rasa gatal tersebut.

Air Garam

Air Garam. Sumber: greatlifeandmore.com

Larutkan satu sendok teh garap dalam segelas air hangat. Gunakan larutan tersebut untuk berkumur 3 samapi dengan 4 kali sehari. Jika rasa larutan terlalu asin untuk lidahmu, tambahkan sedikit madu.

Teh Bawang Putih

Bawang putih adalah antibiotik alami. Kandungan antioksidannya dapat memperkuat imun dan mencegah infeksi.

Teh Bawang Putih dengan Campuran Madu untuk Meredakan Sakit Temggorokan

Teh Bawang Putih dengan Campuran Madu untuk Meredakan Sakit Temggorokan. Sumber: theapiary.co.nz

Potong bawang putih segar menjadi potongan-potongan berukuran sedang dan letakkan dalam gelas. Isi gelas dengan air mendidih. Ambil potongan bawang saat air masih panas kemudian tambahkan teh favoritmu agar bau dan rasanya tak begitu menyengat. Kamu juga bisa menambahkan madu atau pemanis alamai lainnya agar teh (setidaknya) terasa lebih nikmat.

Teh Kayu Manis

Kayu manis mempunyai banyak manfaat karena kandungan antioksidannya yang tinggi. Rasa dan aromanya pun dapat membantu untuk rongga mulut yang tersumbat akibat sakit tenggorokan. Kayu manis dapat mengurangi produksi ingus sehingga kamu pun dapat bernafas lebih mudah dengan tenggorokan yang tidak tersumbat.

Teh Kayu Manis

Teh Kayu Manis. Sumber: livestrong.com

Masak 1 gelas air dengan teh favoritmu, ketika mendidih kemudian tambahkan 1 hingga 2 batang kayu manis. Biarkan selama 3 menit. Sisihkan kayu manis dari teh dan tambahkan pemanis alami seperti madu. Setelah cukup dingin, kamu bisa menikmatinya.

Sup Ayam

Sodium dalam sup ayam mengandung zat pereda radang sehingga dapat melegakan tenggrokanmu. Selain bermanfaat untuk sakit tenggorokan, sup ayam juga mudah untuk dikonsumsi dibanding makanan lain yang saat ditelan membuat tenggorokan terasa sakit.

Sup Ayam

Sup Ayam. Sumber: againstallgrain.com

Satu Sendok Madu

Kandungan anti mikroba pada madu dapat mempercepat peyembuhan tenggorokanmu. Tak perlu bertele-tele, kamu hanya perlu menelan satu sendok makan penuh dengan madu. Tentunya rasanya yang manis lebih mudah untuk ditelan dibandingkan teh bawang putih. Pastikan madu yang kamu pilih madu murni tanpa campuran, karena madu kemasan mengandung campuran pemanis buatan yang dapat memperparah kondisi tenggorokan.

Satu Sendok Makan Madu

Satu Sendok Makan Madu. Sumber: naturallivingideas.com

Kunyit mempunyai kandungan curcumin, turmeron, minyak atsiri dan zingiberen yang bermanfaat sebagai antibakteri, antioksidan, dan antiperadangan.

Air Perasan Kunyit

Cuci 10 gram kunyit kemudian parut dan tambahkan setengah gelas air panas. Aduk rata dan peras setelah dingin. Sisihkan air perasan dari sarinya. Tambahkan air perasan kunyit tersebut dengan setengah irisan jeruk nipis. Campur dengan 2 sendok madu. Larutan kunyit tersebut dapat dipisah menjadi 3 porsi. Minum 3 kali sehari untuk meredakan sakit tenggorokan.

Air Perasan Kunyit

Air Perasan Kunyit. Sumber: youtube.com

Jika dalam 3 hari sakit tenggorokan kamu masih saja belum berkurang, atau malah lebih parah, lebih baik kamu periksa ke dokter.

Leave a Reply