6 Mitos Kopi yang Harus Diketahui Para Coffee-Enthusiast

Kopi sebagai minuman yang senantiasa menemani kita setiap saat mempunyai banyak mitos. Meskipun minum kopi terlalu sering memang akan menimbulkan gangguang kesehatan, tidak semua gangguan yang dikabarkan tersebut benar adanya. Dilansir dari Business Insider, berikut adalah 6 mitos kopi yang banyak dipercaya oleh umum.

Penyebab Dehidrasi

Inilah mitos kopi yang paling sering dipercaya. Peneliti Inggris meneliti 50 pria yang minum kopi atau air untuk menghidrasi tubuhnya. Penelitian tersebut dilakukan untuk membuktikan bahwa kopi memang benar-benar membuat tubuh kita dehidrasi atau tidak. Hasilnya membuktikan bahwa ternyata, kopi bisa juga dihitung sebagai cairan untuk membuat tubuh kamu tetap terhidrasi. Untuk tetap mengetahui tubuh kamu memang sedang dehidrasi atau tidak, lebih baik kamu lihat tanda-tandanya, daripada berhenti minum kopi.

Segelas Cappucino

Segelas Cappucino

Meskipun begitu, air mineral masih merupakan pilihan terbaik untuk menghidrasi tubuh dibandingkan dengan kopi yang mengandung kafein.

Membantu Menurunkan Berat Badan

Sebagai sebuah stimulan yang digunakan dalam pil atau obat penurun berat badan, segelas kopi memang dapat meningkatkan metabolisme tubuh dalam waktu singkat. Kendati demikian, belum ada penelitian yang membuktikan bahwa minum kopi dapat membantu menurunkan berat badan. Terlebih lagi, mayoritas orang lebih suka menikmati kopi dengan tambahan pemanis seperti krimer dan gula. Jika kamu ingin tetap menikmati kopi tanpa perlu mencicip pahitnya di lidah, coba gunakan susu skim. Kamu juga bisa pilih varian kopi latte.

Penyebab Kanker

Mitos kopi yang beredar adalah bahwa kopi menjadi penyebab kanker. Namun, kopi malah masuk dalam daftar makanan pencegah kanker, sesuai dengan daftar yang dipublikasikan oleh Insitusi Peneliti Kanker Amerika.

Pita Pink Simbol untuk Kanker Payudara

Pita Pink Simbol untuk Kanker Payudara. Sumber: totaltv.in

Hal ini karena kopi mengandung antioksidan yang tinggi. Antioksidan tersebut dapat membantu melindungi sel dan menjaganya tetap sehat. Sehingga ketika DNA memiliki kerusakan misalnya karena asap rokok pasif atau polusi, antioksidan dapat membantu memperbaiki sel tubuh. Berbagai penelitian juga telah menemukan koneksi antara kopi dengan merendahkan resiko kanker hati, kanker payudara, kanker prostate, dan kanker kulit.

Buruk untuk Jantung

Bagi orang yang sehat, kafein dapat meningkatkan tekanan darah dalam waktu singkat. Peningkatan tersebut juga tidak akan berbahaya dalam jangka panjang. Sebaliknya, kopi masuk dalam rentetan makanan yang dapat mencegah penyumbatan arteri.

Periksa Tekanan Darah

Periksa Tekanan Darah. Sumber: eehealth.com

Meskipun begitu, orang dengan tekanan darah yang tinggi harus mengetahui batasan kafein yang boleh ia konsumsi. Dengan konsultasi ke dokter, maka kopi sudah bisa dinikmati dengan batas tertentu tanpa takut efek samping yang mengerikan seperti detak jantung yang tidak normal. Tak hanya bagi orang dengan tekanan darah tinggi, detak jantung yang meningkat merupakan pertanda bagi kamu yang sehat bahwa kamu telah minum kopi teralu banyak.

Meningkatkan Level Kolesterol

French Press

French Press. Sumber: williams-sonoma.com

Cafestol, kandungan yang ada pada kopi merupakan stimulan potensial untuk meningkatkan kolesterol LDL atau kolesterol jahat. Kolesterol tersebut dapat ditemukan di bagian kopi yang berminyak. Jika kamu minum kopi yang disaring menggunakan paper filter daripada alat seperti French Press maka komponennya akan hilang. Saringan dalam alat seperti French Press tidak akan menghilangkan cafestol. Namun, hal ini bukan masalah besar jika kamu tidak punya masalah dengan kolesterol LDL dalam tubuh.

Menghambat Pertumbuhan Tinggi Badan

Derita Orang Pendek

Derita Orang Pendek. Sumber: twitter.com

Tidak terbukti bahwa kopi dapat menghambat pertumbuhan tinggi badan. Memang terdapat penelitian tentang kafein yang dapat mengurangi kalsium dalam tulang. Namun, orang dewasa lebih kebal dalam hal tersebut dibandingkan dengan anak-anak. Meskipun begitu, anak-anak tidak dianjurkan minum kopi karena dapat menyebabkan rasa cemas dan depresi.

Leave a Reply