5 Manfaat Ini Bisa Kamu Dapatkan dari Buncis

Tanaman buncis pada awalnya berasal dari tanah Amerika dan dikembangkan secara luas di daerah asalnya. Buncis merupakan tanaman yang tumbuh tegak dan membelit yang mencapai panjang hingga dua meter. Bunga dari tanaman buncis ini berwarna putih dan lama kelamaan berubah menjadi ungu.

Pada umumnya, di Indonesia buncis biasa dimasak dengan cara ditumis, direbus, atau bahkan dijadikan sebagai bahan pelengkap sup. Teksturnya yang renyah, membuat buncis mudah disukai oleh kebanyakan orang. Kamu juga salah satu penggemar buncis? Tentunya 6 manfaat ini sudah bisa kamu dapatkan hanya dengan rutin mengonsumsi buncis. Penasaran? Yuk cari tahu!

Mengontrol Kadar Gula dalam Darah

Source: www.wikihow.com

Source: www.wikihow.com

Perlu diketahui bahwa ternyata buncis memiliki kandungan protein yang cukup tinggi. Tentunya dengan proses memasak yang tepat, sehingga dapat mengontrol kadar gula dalam darah. Nah, buat kamu yang memiliki riwayat diabetes maka jenis sayuran berwarna hijau ini cocok untuk dikonsumsi.

Memperbaiki Sistem Imun Tubuh

Source: www.merdeka.com

Source: www.merdeka.com

Selain tinggi akan kandungan protein, buncis juga mengandung vitamin B1, B6 dan C yang mampu memperbaiki sistem imun tubuhmu. Manfaat buncis lainnya, juga bisa mencegah radikal bebas dalam tubuh sehingga kamu tidak mudah jatuh sakit.

Meningkatkan Metabolisme

Source: www.bango.co.id

Source: www.bango.co.id

Di dalam Buncis juga terkandung zat-zat yang dibutuhkan oleh metabolisme tubuh, seperti zat besi, potasium, kalsium dan magnesium. Nutrisi ini akan membantu untuk meningkatkan metabolisme dalam tubuh. Dengan demikian tubuh pun menjadi lebih sehat dan bebas dari penyakit berbahaya.

Melancarkan Buang Air Besar

Source: www.resepkoki.co

Source: www.resepkoki.co

Manfaat buncis lain yang bisa kamu dapatkan adalah melancarkan buang air besar. Pasalnya, buncis merupakan jenis sayuran yang tinggi serat sehingga dengan rutin mengonsumsi sayuran ini kamu tidak akan mengalami konstipasi. Hal tersebut akan sangat membantu untuk kamu yang ingin menurunkan berat badan atau sekedar mengontrol berat badan agar tetap stabil

Melancarkan Asi Bagi Ibu Menyusui

Source: www.ibudananak.tumblr.com

Source: www.ibudananak.tumblr.com

Faktanya buncis juga bisa melancarkan Asi bagi para ibu menyusui loh! Buncis mengandung merupakan sumber asam folat yang sangat baik. Studi penelitian menunjukkan bahwa makanan yang kaya folat akan membantu melancarkan ASI bagi ibu menyusui serta mencegah cacat tabung saraf pada bayi yang baru lahir.

Nah, mulai sekarang kamu tak perlu meragukan lagi manfaat yang bisa didapatkan dari sayur buncis ini.

Comments

comments

Cornellia Kwanda
cornellia.picodio@gmail.com